Home / Kabar Desa

Rabu, 15 September 2021 - 05:26 WIB

Kalurahan Ngargosari Segera Miliki Master Plan Pengembangan Desa Wisata

Aris Nurkholis - Penulis

TV Desa – Kulon Progo: Kalurahan Ngargosari Kapanewon Samigaluh akan segera memiliki master plan Pengembangan Desa Wisata untuk tahun 2045. Pemerintah Kalurahan Ngargosari tengah menjalin kerjasama dengan perusahaan konsultan CV. Astadama Yogyakarta dalam penyusunan master plan Pengembangan Desa Wisata. Hal tersebut disampaikan Muhadi, SE. selaku Pejabat Lurah Ngargosari dalam acara Focused Group Discussion (FGD) tentang Kajian Pemanfaatan Teknologi Digital Guna Mempromosikan Potensi Desa Wisata. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Ahad (12/09/21) bertempat di Balai Kalurahan Ngargosari.

Ir. Sukandar selaku koordinator pengembangan ekonomi dan investasi Kementerian Desa PDTT menyampaikan bahwa FGD ini focus pada bagaimana pengembangan Desa Wisata berbasis digital di Ngargosari. Kawasan pegunungan Menoreh merupakan potensi yang besar sehingga pengembangannya harus dilakukan secara integratif dalam satu kawasan. “Kita menyadari bahwa Desa Ngargosari mempunyai potensi yang luar biasa bahkan potensinya sekelas dunia. Tetapi apabila kita tidak bisa mengelola dan mengarahkan potensi wisata tersebut maka yang terjadi justru sebaliknya menjadi potensi konflik,” jelas Sukandar.

Baca Juga |  Manggarai Timur Gelar Dua Festival Promosi Desa Wisata

Sementara itu dari CV. Astadama Yogyakarta memaparkan draft master plan untuk mendapatkan masukan dari peserta diskusi. Dalam draft tersebut Kalurahan Ngargosari dibagi 3 bagian wilayah yang pertama meliputi Tritis, Tegalsari dan Ngalian karakternya sebagai pusat pemerintahan pariwisata, pemukiman dan penyediaan barang dan jasa. Sedangkan bagian wilayah kedua meliputi Ngalian Gunung A, Ngalian Gunung B, Tulangan dan Trayu mempunyai karakter sebagai pusat Pendidikan, pertanian dan perkebunan. Untuk bagian wilayah ketiga terdiri dari Padukuhan Ngunthuk-unthuk, Canden, Pucung dan Petet mempunyai karakter untuk pertanian, perkebunan dan permukiman.

Baca Juga |  Mendes PDTT: Kebersihan Jadi Kunci Keberhasilan Desa Wisata

Diskusi terarah atau FGD ini diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Kebijakan Pembangunan Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada Kementerian Desa PDTT. Adapun peserta kegiatan ini sebanyak 49 orang yang berasal dari unsur DPD GIPI, Danramil, Kapolsek, Perangkat Desa, BP Kalurahan, Karang Taruna, BUM Desa, Pendamping Desa dan pelaku Desa Wisata serta tokoh agama dan tokoh masyarakat. (Walji_PD Samigaluh)

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 61 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Warga Dusun Gading Desa Pandanwangi Kecamatan Diwek Jombang Adakan Kirab Gunungan Hasil Bumi Keliling Kampung Untuk Memeriahkan Sedekah Dusun

Kabar Desa

Kenduri Swarnabhumi: Ratusan Ibu di Batanghari Lestarikan Kuliner Tradisional Berengkes Ikan

Kabar Desa

Kembangkan Potensi Desa Cermee, Mahasiswa KKN UNEJ Dirikan Klinik UMKM

Kabar Desa

Kampung Pengawasan Partisipatif Desa Mekarjaya Pilih Kentongan Jadi Ikon

Kabar Desa

Desa Telaga Itar Berikan Beasiswa, Bangkitkan Semangat Belajar 45 Siswa Berprestasi!

Kabar Desa

Desa Wisata Golo Loni Raih Prestasi Nasional, Terhambat Jaringan Internet

Kabar Desa

Petani Jayaputra Beroleh Bantuan Pompa Air, Musim Kemarau Tak Lagi Jadi Kendala

Kabar Desa

Warga Dusun Bunut Bersorak Bahagia, Sumur Bor 110 Meter Atasi Krisis Air Bersih