Home / Kabar Desa

Kamis, 16 September 2021 - 12:51 WIB

Kalurahan Ngentakrejo Menjadi Lokasi Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap 3 tahun 2021

Aris Nurkholis - Penulis

TV Desa – Kulon Progo: Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan wujud dari kemanunggalan atau keterpaduan antara TNI dengan masyarakat dalam bentuk kegiatan yang dilaksanakan bersama-sama seluruh komponen masyarakat termasuk pemerintah Daerah.

TMMD Sengkuyung Tahap 3 tahun 2021 ini dilaksanakan di Kalurahan Ngentakrejo, Kapanewon Lendah Kabupaten Kulon Progo. Sejumlah kegiatan telah dilakukan dalam program ini diantaranya pembangunan infrastruktur jalan dan renovasi tempat ibadah (masjid) di pedukuhan Pereng Kalurahan Ngentakrejo.

Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo meminta agar masyarakat senantiasa menjaga semangat gotong-royong dalam membangun desa atau kalurahan. Semangat gotong-royong saat ini sangat relevan dengan tema program TMMD, yaitu TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri, sebagai implementasi gotong-royong antara masyarakat dibantu TNI dalam pelaksanaan pembangunan di berbagai bidang.

Baca Juga |  Pemdes Winong Kecamatan Gempol Launching Desa Berdaya Ketahanan Pangan

“Semangat gotong-royong harus menjadi spirit dalam melaksanakan kegiatan TMMD,” katanya saat membuka Program TMMD Sengkuyung Tahap 3 Tahun 2021 di Ruang Menoreh Kompleks Pemkab Kulon Progo, Rabu (15/9/2021).

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo, Ariadi mengatakan, Program TMMD Sengkuyung Tahap III merupakan kegiatan TMMD penutup untuk tahun anggaran 2021.

Lebih lanjut Ariadi menyebutkan, dana TTMD Sengkuyung tahap 3 ini berasal dari APBD Kulon Progo sebesar Rp 150 juta, APBD DIY Rp 75 juta dan swadaya masyarakat dengan wujud tenaga kerja, konsumsi dan material.

Baca Juga |  Pendampingan Laporan Keuangan BUMDes Binangun Sejahtera Tanjungharjo, Nanggulan

Sasaran pembangunan dalam program TMMD Sengkuyung 3 ini berupa prasarana fisik, berupa corblok jalan pemukiman sepanjang 500 meter dengan lebar tiga meter dan ketebalan 12 cm, dan renovasi atap masjid serta kegiatan non fisik lainnya seperti vaksinasi covid 19.

Komandan Kodim 0731/Klp Letkol Inf Yefta Sangkakala, S.Sos., selaku Dansatgas TMMD berharap, hasil Program TMMD Sengkuyung Tahap 3 ini dapat bermanfaat bagi warga masyarakat sekitar dalam rangka meningkatkan mobilitas atau kemudahan akses jalan permukiman warga.

Berita ini 100 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Kades Segarajaya Gelar Open House Idul Fitri 1445 H

Kabar Desa

Menolak Punah, Warga Desa Adobala Rawat Tradisi Gemohing

Kabar Desa

Jalan Hotmix Desa Rampung, Warga Karangsewu Sujud Syukur

Kabar Desa

Pawai Obor Meriahkan Malam Takbiran Desa Sumber Rejeki

Kabar Desa

Rayakan Idul Fitri, Warga Dusun Pegundalan Pejawaran Banjarnegara Gelar Makan Bersama

Kabar Desa

Arus Mudik Di Perbatasan Nganjuk -JombangTerpantau Lancar Meskipun Dipenuhi Takbir Keliling

Kabar Desa

Pemdes Oehan Kembali Salurkan BLT KPM Lansia dan Disabilitas

Kabar Desa

Door to Door Pemdes Pulau Rajak Salurkan BLT DD Tahap Pertama TA 2024