Home / Kabar Desa

Senin, 20 September 2021 - 13:30 WIB

Kapanewon Lendah Kulon Progo Adakan Pembinaan dan Pendaftaran BUM Desa

Aris Nurkholis - Penulis

TV Desa – Kulon Progo: Senin (20/9/21) Kapanewon Lendah Kabupaten Kulon Progo mengadakan Pembinaan kepada BUM Desa se- Kapanewon Lendah. Kegiatan ini dihadiri oleh pengurus dan pengawas BUM Desa dan perwakilan Kalurahan se- Kapanewon Lendah serta tim Pendamping Desa.

Sutrisna, S.Sos. selaku Panewu Kapanewon Lendah dalam arahannya menyampaikan apresiasi kepada BUM Desa di Kapanewon Lendah yang sudah berkembang cukup baik yang setiap tahunnya sudah memberikan kontribusi pendapatan kepada pemerintah kalurahan atau desa. Jenis usaha BUM Desa juga telah mengalami perkembangan. Selain jasa keuangan, jenis usaha BUM Desa di Kapanewon Lendah juga telah merambah ke bidang usaha lainnya diantaranya jasa perdagangan, bumdesmart, pertashop, resto, dan lainnya.

Lebih lanjut Sutrisna berharap kepada seluruh BUM Desa terus melakukan inovasi-inovasi sehingga BUM Desa mampu survive ditengah perkembangan usaha/bisnis yang kian kompetitif.

Baca Juga |  MerDesa Di Malam 1 Suro

“Saya berharap setiap BUM Desa mempunyai rencana strategis (Renstra) terhadap pengembangan usaha BUM Desa. Renstra tersebut semacam rencana jangka menengahnya BUM Desa. Sehingga BUM Desa memiliki arah atau panduan pengembangan BUM Desa dalam jangka waktu lima tahunan,” harap Sutrisna.

Dalam acara pembinaan BUM Desa ini disampaikan evaluasi laporan kinerja bulanan BUM Desa dan laporan keuangan khususnya terkait dengan tunggakan angsuran atau non performing loan (NPL) pada usaha jasa keuangan disetiap BUM Desa selama tiga bulan terakhir. Berdasarkan data yang masuk, selama pandemi covid 19 tunggakan atau NPL nya mengalami kenaikan.

Sementara itu, Heniasih, M.Si. selaku Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Kulon Progo menyampaikan sosialisasi pokok pokok pikiran tentang BUM Desa yang diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2021 dan Permendes PDTT nomor 3 tahun 2021. “Salah satu hal yang mendasar dalam regulasi tersebut adalah terkait status hukum BUM Desa. Saat ini BUM Desa telah diakui dan ditetapkan sebagai badan hukum,” jelas Heniasih.

Baca Juga |  Kades Srijaya Pantau Langsung Bantuan Pemerintah Pusat

Diakhir acara dilakukan pendampingan oleh tim Pendamping Desa terkait pendaftaran pengajuan nama BUM Desa kepada Kementerian Desa PDTT melalui laman bumdes.kemendesa.go.id. Sehingga seluruh BUM Desa di Kapanewon Lendah telah berhasil melakukan pendaftaran pengajuan nama BUM Desa. (ANK)

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 47 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

BLT DD di Desa Kiawa Satu Bantu Masyarakat Miskin Ekstrim Penuhi Kebutuhan Pokok

Kabar Desa

Ini, Cara Ibu-ibu PKK Desa Tewah Pupuh Tingkatkan Kepiawaian Mengolah Hasil Perikanan Lokal

Kabar Desa

7 Mahasiswa Unimor Berbakti di Desa Oetulu, Gebyar Program Desa Mandiri

Kabar Desa

Ziarah Makam Para Kepala Desa Warnai Hari Jadi Desa Ciparigi ke-224

Kabar Desa

Babinsa Dampingi Petani Kembangkan Sorgum di Subak Gede, Seririt

Kabar Desa

Dorong Perekonomian Petani, Desa Pasar Ipuh Bagikan Alsintan dan Hewan Ternak

Kabar Desa

Penetapan Batas Desa di Kecamatan Sebangki: Upaya Ciptakan Keteraturan dan Kepastian Hukum

Kabar Desa

Gotong Royong Semarakkan Masjid Jami’ur Rahman Desa Pangkalan Sulampi