Home / Kabar Desa

Sabtu, 25 September 2021 - 05:56 WIB

Kapanewon Wates Adakan Rakor Monitoring, Evaluasi Pembangunan Kalurahan, Dan Pendaftaran BUMDes

Aris Nurkholis - Penulis

TV Desa – Kulon Progo : Kapanewon Wates Kabupaten Kulon Progo melakukan rapat koordinasi pembinaan dan pengawasan atau monev terhadap kegiatan pembangunan dan pemberdayaan yang dilakukan kalurahan se- Kapanewon Wates, Jumat (24/9/21). Hadir dalam kegiatan ini perwakilan kalurahan dan pengurus BUMDes se-Kapanewon Wates. Pada kesempatan ini setiap kalurahan menyampaikan progres pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan baik yang bersumber dari Dana Desa maupun dari sumber dana lainnya.

Tri Wahyu Wardani, SE. selaku Kepala Jawatan Kemakmuran Kapanewon Wates dalam sambutannya menyampaikan kegiatan rakor monev ini secara rutin telah dilakukan terhadap kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah kalurahan termasuk BUMDes.

“Hal ini dilakukan dalam rangka memastikan kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang ada di kalurahan maupun BUMDes dapat berjalan sesuai dengan perencanaan,”jelas Tri Wahyu Wardani.

Baca Juga |  Pemdes Bumi Ayu Gelar Pelatihan Perikanan.

Lebih lanjut Tri Wahyu Wardani menuturkan harapannya kepada pemerintah kalurahan dan juga BUMDes agar dapat menjalin kerjasama dan hubungan yang sinergis dalam melaksanakan kegiatan pembangunan dan pemberdayaan agar tercipta kegiatan ekonomi produktif di kalurahan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada pertemuan ini juga disampaikan perkembangan BUMDes se-Kapanewon Wates. Setiap BUMDes menyampaikan progres pendaftaran pengajuan nama BUMDes dan update perkembangan unit usaha BUMDes serta rencana pengembangan usaha BUMDes di tahun berikutnya.

Sementara itu, Heniasih, M.Si. dari Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Kulon Progo menyampaikan perihal tata cara pendaftaran Bumdes berbadan hukum ke Kementerian Desa PDTT. Selanjutnya tim Pendamping Desa bersama Tenaga Ahli P3MD Kulon Progo memfasilitasi proses pendaftaran pengajuan nama BUMDes ke laman: bumdes.kemendesa.go.id.

Baca Juga |  Momentum HUT NKRI yang ke 76, Pemerintah Kampung Pangkalan Sulampi, Bagikan BLT Dana Desa

Heniasih menambahkan bahwa kegiatan fasilitasi pendaftaran pengajuan nama BUMDes di Kapanewon Wates ini merupakan kegiatan kelima dari dua belas kapanewon yang ada di Kabupaten Kulon Progo. Sebelumnya telah dilakukan fasilitasi pendaftaran pengajuan nama BUMDes ke Kementerian Desa PDTT di Kapanewon Samigaluh, Pengasih, Nanggulan dan Lendah.

“Progres sampai saat ini sudah terdapat sekitar 40 BUMDes atau sekitar 50 persen BUMDes yang telah melakukan pendaftaran pengajuan nama BUMDes dan satu diantaranya telah proses verifikasi kelengkapan dokumen,” jelas Heniasih.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 82 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

BLT DD di Desa Kiawa Satu Bantu Masyarakat Miskin Ekstrim Penuhi Kebutuhan Pokok

Kabar Desa

Ini, Cara Ibu-ibu PKK Desa Tewah Pupuh Tingkatkan Kepiawaian Mengolah Hasil Perikanan Lokal

Kabar Desa

7 Mahasiswa Unimor Berbakti di Desa Oetulu, Gebyar Program Desa Mandiri

Kabar Desa

Ziarah Makam Para Kepala Desa Warnai Hari Jadi Desa Ciparigi ke-224

Kabar Desa

Babinsa Dampingi Petani Kembangkan Sorgum di Subak Gede, Seririt

Kabar Desa

Dorong Perekonomian Petani, Desa Pasar Ipuh Bagikan Alsintan dan Hewan Ternak

Kabar Desa

Penetapan Batas Desa di Kecamatan Sebangki: Upaya Ciptakan Keteraturan dan Kepastian Hukum

Kabar Desa

Gotong Royong Semarakkan Masjid Jami’ur Rahman Desa Pangkalan Sulampi