Home / Kabar Daerah

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:14 WIB

Kapolda Jateng Dampingi Kepala BNPB Cek Kondisi Tanggul Sungai Wulan Yang Jebol

Olivia Maharani - Penulis

TV Desa – DEMAK : Kepala BNPB Letjen Suharyanto didampingi Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Deddy Suryadi melakukan pengecekan tanggul Sungai Wulan yang jebol di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Senin (18/3/2024).

Limpasan air akibat jebolnya tanggul membuat sebagian besar desa di Kecamatan Karanganyar dengan puluhan ribu Kepala Keluarga terendam banjir hingga kedalaman dua meter lebih.

Kasi Humas Polres Demak AKP Jarno mengatakan, dalam kunjungan tersebut gabungan TNI, Polri dan Tim SAR juga turun langsung melakukan evakuasi terhadap warga yang terjebak banjir di Kecamatan Karanganyar.

Baca Juga |  Kodim 1607/Sumbawa Apel Gelar Pasukan Dukung Suksesnya Pesta Demokrasi 2024

Jebolnya tanggul Sungai Wulan membuat Kabupaten Demak kembali dilanda banjir besar. Saat ini petugas sudah dikerahkan untuk menutup tanggul tersebut.

“Berdasarkan hasil monitoring Kepala BNPB, Kapolda dan Pangdam diperkirakan banjir kedua kali ini lebih parah dari sebelumnya. Ketinggian air mencapai satu hingga dua meter sehingga banyak rumah yang terlihat atapnya saja,” kata Jarno.

Dikatakannya, bahwa tanggul sungai wulan yang jebol harus mendapatkan penanganan segera agar jalan pantura bisa di pergunakan sebagai akses utama roda perekonomian.

“Jalan Raya juga terendam banjir, banyak masyarakat membutuhkan pertolongan. Untuk itu kami siapkan perahu karet dari Kodim, Polres dan Tim SAR untuk evakuasi korban banjir di Kecamatan Karanganyar tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga |  KPID Jabar: Anak Muda, Ambil Peluang Produksi Konten Desa!

Dia menambahkan, ke depan, TNI Polri dan Pemda Demak akan bekerjasama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk memperbaiki sungai-sungai di wilayah Demak dan memperkuat tanggul-tanggul yang sebelumnya jebol.

“Kemarin Kapolda dan Pangdam sudah melaksanakan rapat koordinasi dengan Pemda. Kerjasama TNI Polri dengan BBWS serta pemerintah daerah akan fokus terhadap perbaikan tanggul sungai di Kabupaten Demak dengan begitu semoga masalah banjir tidak terulang kembali,” pungkasnya.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 8 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Blora Siap Gelar TMMD Sengkuyung di Desa Bogorejo!

Kabar Daerah

Sabang Genjot Pembentukan Qanun Gampong Bersih Narkoba

Kabar Daerah

Percepat Pembangunan Desa, Morowali Utara Belajar dari Badung

Kabar Daerah

Dana Desa Transparan: Bombana Sosialisasikan Pentingnya Pengawasan

Kabar Daerah

Perang Stunting di Mukomuko: Rp13 Miliar Dana Desa Siap Digunakan

Kabar Daerah

HUDA Sumbar Diharapkan Isi Kekurangan Penceramah

Kabar Daerah

Ngopi Literasi: Membaca dan Menulis Kunci Menuju Masa Depan Gemilang

Kabar Daerah

1.500 Pendamping Desa NTT Siap Sukseskan PIN Polio