Home / Kabar Daerah

Kamis, 11 Juli 2024 - 13:20 WIB

Kapuas Hulu Catatkan Prestasi Gemilang: 102 Desa Mandiri!

@ADMIN 1 - Penulis

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kapuas Hulu Rupinus. (Image courtesy: ANTARA)

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kapuas Hulu Rupinus. (Image courtesy: ANTARA)

TVDesa – Kapuas Hulu : Kabar gembira datang dari Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat! Kini, jumlah desa mandiri di wilayah tersebut telah mencapai 102 desa, dari total 278 desa yang ada. Hal ini menandakan kemajuan pesat dalam pembangunan desa di Kapuas Hulu.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kapuas Hulu, Rupinus, pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan sinergi dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, kepala desa, dan masyarakat. “Saat ini, rata-rata desa di Kapuas Hulu sudah berkembang, maju, atau mandiri,” ungkap Rupinus dengan bangga.

Lebih lanjut, Rupinus menjelaskan bahwa pada tahun 2024 ini, target awal adalah menaikkan status 9 desa menjadi desa mandiri. Namun, target tersebut terlampaui dengan gemilang, di mana 23 desa berhasil mencapai status desa mandiri. Hal ini membawa total desa mandiri di Kapuas Hulu menjadi 102 desa.

Baca Juga |  Desa Teluk Kapuas di Anugerahi Penghargaan Dalam Keterbukaan Informasi Publik

Sementara itu, untuk desa maju di Kapuas Hulu tercatat sebanyak 103 desa, dan 73 desa lainnya masuk dalam kategori desa berkembang. Rupinus tidak berhenti di situ. Ia terus mendorong agar lebih banyak desa di Kapuas Hulu naik kelas menjadi desa mandiri.

Menurutnya, untuk mencapai status desa mandiri, desa harus memenuhi beberapa kriteria, seperti:

  • Pemenuhan kebutuhan dasar: Kebutuhan dasar masyarakat seperti air bersih, sanitasi, dan tempat tinggal layak huni harus terpenuhi.
  • Pembangunan desa: Desa harus memiliki infrastruktur yang memadai, seperti jalan, jembatan, dan jaringan telekomunikasi.
  • Pelatihan dan mitigasi bencana: Masyarakat desa harus mendapatkan pelatihan untuk menghadapi bencana alam dan membangun desa yang tangguh bencana.
  • Meningkatkan indeks sosial, ekonomi, dan lingkungan: Desa harus menunjukkan kemajuan di bidang sosial, ekonomi, dan lingkungan.
  • Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes): BUMDes harus dioptimalkan untuk menggali potensi desa dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.
Baca Juga |  BUMDes ini, Layani Warga Desa di Lambar Bayar Pajak Kendaraan

Rupinus berharap dengan capaian ini, desa-desa di Kapuas Hulu semakin terpacu untuk berinovasi dan bersaing dalam memajukan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ia juga berpesan agar dana desa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sesuai aturan yang berlaku.

“Banyak hal yang bisa dikembangkan di desa, seperti potensi perikanan, wisata, dan kerajinan tangan. Kepala desa bersama perangkatnya harus kreatif dan inovatif dalam menggali potensi tersebut,” pesan Rupinus.

Prestasi membanggakan ini menjadi bukti nyata komitmen pemerintah daerah dan masyarakat Kapuas Hulu dalam membangun desa yang mandiri dan sejahtera. Diharapkan, desa-desa di Kapuas Hulu dapat terus berkembang dan menjadi contoh bagi desa-desa lain di Indonesia.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 5 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Para Artis Ini Bawa Semangat Baru bagi Desa-Desa di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Kabar Daerah

UMKM Desa Plosokerep Naik Kelas dengan Digital Marketing dan Marketplace

Kabar Daerah

Limau Matubu Juarai Marikurubu Cup 2, Taufik Madjid: “Kita Punya Potensi Liga Desa di Maluku Utara!”

Kabar Daerah

Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Desa: Kapuas Luncurkan Sistem CMS

Kabar Daerah

Hidupkan Kembali Rumah Siti Nurbaya di Depok: Ruang Berkomunitas Budaya Minang

Kabar Daerah

Kepri Bersinar: 57 Desa/Kelurahan Bebas Narkoba

Kabar Daerah

30 Desa di Lembata, Jadi Ajang Mahasiswa Berdaya untuk Kedaulatan Pangan

Kabar Daerah

Semarak Milad IPM Ke-63, PD IPM Kudus Gelar Berbagai Acara Kreatif