Home / Kabar Desa

Senin, 20 Juni 2022 - 12:29 WIB

Kedes Hadi Saputra: Apresiasi Atas Sosialiasi Lembaga Adat di Desa Sri Kembang

012 Joni Karbot - Penulis

TV Desa-Banyuasin: Kegiatan Fasilitasi Penataan Pemberdayaan dan Pendayagunaan Kelembagaan Lembaga Masyarakat Desa/Kelurahan. Masyarakat Hukum Adat Tahun 2022 di Kantor Desa Sri Kembang Kecamatan Betung, Senin,20 Juni 2022.

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Desa Hadi Saputra, Perangkat Desa Sri Kembang, Ketua BPD dan Anggota, Ketua RT, TP-PKK, Posyandu, LPM dan Karang Taruna. Pada acara ini juga dihadiri Oleh Pembina sekaligus Pengurus Adat Kabupaten Banyuasin antara lain : Drs. H. Nur Muhammad, Dr. H. Robani Syahrin, H. Iskandar Zulkarnain , SH,M.Hum, Ir. H. Ibnu Aziz,MT,Ars, KH. Kaharudin Aziz dan HM Rifa’i Burhan didampingi dari Dinas PMD Banyuasin.

Sebelum sosialisasi oleh Narasumber Pembina Adat kabupaten melakukan Penyematan PIN terhadap Lembaga Adat Desa Sri Kembang serta Penyerahan Buku Adat diterima oleh Kepala Desa Sri Kembang.

Camat Betung M Sobir, S.Sos menjaleskan dengan ada kegiatan sosialisasi tentang adat istiadat dan budaya kabupaten Banyuasin.

“Jadi adat istiadat ini berlaku sejak zaman sebelum kita merdaka dan adat istiadat perlu di Lestarikan di tempat kita,” jelasnya

Baca Juga |  Perencanaan Desa Berbasis SDGs: Jeneponto Wujudkan Desa Mandiri dan Berkelanjutan

M.Sobir menambahkan bahwa pemerintah telah melakukan perselisihan tanah batas, Alhamdulullah membuahkan Hasil, kegiatan pada hari ini ada 2 Desa, Sri Kembang dan siang nanti Desa Lubuk Karet” ungkapnya

” Kami dari pemerintah Kecamatan Betung bersama dinas PMD dengan Nara Sumber Pembina Adat Kabupaten Banyuasin, mulai dari Desa Sri Kembang dan siang nanti desa Lubuk Karet, mensosialisasikan Adat dan kebudayaan yang pertama sekali tentang peraturan dan undang-undang sibur cahaya yang telah di terbitkan oleh pemerintah Kabupaten Banyuasin” bebernya

Sementara itu, Pembina Adat Kabupaten Banyuasin, Drs.H.Noer Muhammad mengatakan kegiatan sosialisasi Adat Istiadat Kabupaten Banyuasin ini bertujuan supaya jangan sampai adat lama ini di tinggalkan karena pengaruh budaya baru, yang dari luar.

Oleh karena itu diadakanlah sosialisasi ini untuk mendorong meningkatkan kepatuhan terhadap adat-adat lama dengan harapan masyarakat bisa mengatahui apa yang sudah di garis kan oleh keluarga, Keturunan nenek moyang yang terdahulu Harap di laksanakan.

Baca Juga |  Memperingati Hari Dharma Samudera, Para Petinggi TNI Dan Polri Perankan Wayang Orang Pandowo Boyong

“Sepanjang itu bisa kita laksanakan salah satu contohnya, adat dalam suatu Perkawinan Jangan sampai hilang, Kesenian dan juga budaya-budaya lainnya juga perlu kita lestarikan.”Tegasnya

Kepala desa Sri Kembang, Hadi Saputra memyambut baik adanya kegiatan sosialisasi adat dan hukum adat di desa kami ini.

Ia berharap agar kedepannya, setalah sosialisasi ini bisa terus dilaksanakan Lembaga Adat desa Sri Kembang. Ia juga mengucapkan ucapapan terima kasih yang tak terhingga kepada Narasumber dari Pembina Adat Kabupaten serta peserta sosialisasi ini.

“Apresiasi dan ucapan Terima kasih untuk seluruh Narasumber juga terima kasih kepada Camat, Dinas PMD sehingga acara ini berjalan sukses,” ungkapnya.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 59 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Cipakat Maju Menuju Desa Sadar Hukum: Wujudkan Masyarakat Patuh Hukum

Kabar Desa

Penanggal Rayakan Grebeg Ambengan: Syukur, Budaya, dan Semangat Desa

Kabar Desa

Semangat Gotong Royong Semarum Wujudkan Desa Bersih

Kabar Desa

Siap Hadapi Bencana, Desa Les Bidik Juara ADWI 2024

Kabar Desa

Gunungan Hasil Bumi Diarak, Semarak Sedekah Dusun Gading Jombang

Kabar Desa

Berengkes Ikan: Semangat Ibu Lestarikan Kuliner Khas Batanghari

Kabar Desa

Kembangkan Potensi Desa Cermee, Mahasiswa KKN UNEJ Dirikan Klinik UMKM

Kabar Desa

Kampung Pengawasan Partisipatif Desa Mekarjaya Pilih Kentongan Jadi Ikon