Home / Kabar Daerah

Jumat, 3 September 2021 - 09:04 WIB

Kembar Siam Aceh Tenggara dipastikan mendapat Pendidikan SD Inklusif

Fakhrur Razi - Penulis

TV DESA – Aceh Tenggara : Putri kembar siam dempet kepala (craniopagus) Fitri Rahmawati (FR) dan Fitri Sakinah (FS) asal Kutacane, Aceh Tenggara, kelahiran 2 Mei 2015 lalu dipastikan mendapat pendidikan SD inklusif. Demikian kepastian yang diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tenggara — Bakri Syahputra, saat berkunjung ke rumah kembar siam itu bersama Kepala Dinas Sosial Aceh Tenggara — dan Fakhrur Razi-Tenaga Ahli P3MD Aceh Tenggara beberapa waktu lalu.

“Mengingat jenjang Pendidikan sudah memasuki usia Sekolah Dasar, maka proses pendidikan selanjutnya akan dilakukan dengan metode belajar mengajar yg dilakukan di rumah atau homeschooling,” sebut Bakri.

Lebih lanjut,  Kadisdikbud Aceh Tenggara  meminta Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Disdikbud Aceh Tenggara dan yang terkait agar segera menugaskan seorang guru untuk memberikan materi Pendidikan dengan homeschooling. “Ini harus segera ditindaklanjuti,” sebut Bakri.

Disamping itu, Kepala Dinas Sosial Aceh Tenggara juga dipastikan akan  mempersiapkan anggaran berupa Gaji Guru, Perawat  dan kebutuhan sehari-hari bagi kembar siam ini. “Dinas Sosial Aceh Tenggara juga dipastikan akan  mempersiapkan anggaran berupa Gaji Guru, Perawat  dan kebutuhan sehari-hari bagi kembar siam ini, semoga kita semua kedepan dapat memberikan perhatian lebih khusus lagi untuk masa depannya, khususnya untuk pelayanan pendidikan tanpa melihat keterbatasan. Putri kembar siam ini sangat berhak mendapat pelayanan pendidikan seperti peserta didik lainnya,” ungkap Sadli.

Baca Juga |  Terkesan Mendadak, M Hasan Chabibie Ditunjuk sebagai Pj Bupati Kudus

 

Kembar Siam

FR dan FS kini sudah berusia Enam tahun Empat bulan. Mereka pun telah tumbuh dan berkembang, bisa berjalan sendiri. Kondisi kedua putri ini bicaranya banyak, dan pintar.

 

Bahkan, menurut Psikolog RSUP Dr Sardjito yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Psikolog Klinis Indonesia, Indria Laksmi Gamayanti, salah satu dari kedua anak tersebut skor inteligensinya mencapai 127.

 

“Kondisi FR dan FS saat ini tidak sederhana, sangat kompleks, dengan otak yang menyatu lebih dari 70 persen sehingga sangat berisiko. Penanganan bayi kembar siam itu sejak awal dirahasiakan dan disampaikan sekarang karena sudah seizin orang tua dan tim medis yang menangani,” ujar Ketua Tim Medis bayi FS dan FR, dr. Rahmat Andi Hertanto.

Baca Juga |  Kodim 1628/SB Melaksanakan Gotong Royong Pembersihan Pangkalan Dan Beberapa Lingkungan

 

Bayi FR dan FS, sebelumnya dirawat dan dilakukan tindakan di Empat Rumah Sakit. Antara lain, RSUD H Sahidin Kutacane, RSUD Dr Zaenoel Abidin Banda Aceh, RSPAD Gatot Subroto, dan RSUP Dr Sardjito. “Dan kolaborasi empat rumah sakit tersebut, sebut Rahmad, dituangkan dalam Surat Keputusan Bersama Tim Penanganan Bayi Kembar Siam atas nama FR dan FS,” serta berkoordinasi bersama Prof Goodrich – pakar bayi kembar siam craniopagus dari Amerika.

 

Operasi sudah berjalan beberapa kali. Namun, karena dari Komite Etik dan Tim Bioteka memberikan pertimbangan khusus, yakni mengutamakan keselamatan bayi. “Saat ini kedua putri diberi kesempatan oleh Allah untuk tetap hidup serta setiap tindakan selalu atas izin orang tua, maka kedua bayi tersebut tetap dipertahankan hidup dengan kepala dempet,” ulas dr. Rahmat Andi Hertanto. (*)

Berita ini 192 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Kepala BNPB Imbau Masyarakat Tetap Waspada saat Arus Balik Lebaran 2024

Kabar Daerah

Kawasan Aia Angek Aman Dilalui Setelah Sedimen Tuntas Dibersihkan*

Kabar Daerah

Shalat Id Bersama Warga, Gubernur & Wagub Sumbar, Ucapkan Selamat Lebaran

Kabar Daerah

Gubernur, Kapolda, dan Forkopimda Sumbar Pantau Pos Pengamanan Idul Fithri

Kabar Daerah

Open House Gubernur Sumbar Terbuka untuk Umum, Masyarakat Silahkan Datang*

Kabar Daerah

Gubernur Sumbar : Terima Kasih Kemenhub, Telah Fasilitasi Mudik Gratis Ratusan Perantau Sumbar

Kabar Daerah

Aksi Kemanusiaan Forum OSIS Jateng Salurkan Bantuan Kemanusiaan kepada Korban Banjir Demak

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Pimpin Penandatanganan Kerja Sama Pemprov dan Empat Kabupaten/Kota Terkait Pengelolaan Sampah*