Home / Siaran Pers

Jumat, 5 Juli 2024 - 22:34 WIB

Kemendes PDTT Kembangkan Ruang Komunitas Digital Desa untuk Berdayakan Masyarakat

@ADMIN 1 - Penulis

Penelaah Teknis Kebijakan Pusat Pengembangan Kebijakan Pembangunan Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Kemendes PDTT, Mayang Shahira Junaidi

Penelaah Teknis Kebijakan Pusat Pengembangan Kebijakan Pembangunan Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Kemendes PDTT, Mayang Shahira Junaidi

TVDesa – Jakarta : Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) terus berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa melalui berbagai program pembangunan. Salah satu program unggulan Kemendes PDTT adalah pengembangan Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat desa melalui peningkatan keahlian digital, pertukaran pengetahuan, dan akses informasi.

“Harapan utama kami dengan RKDD ini adalah menjadi tempat bagi masyarakat desa untuk mengikuti pelatihan-pelatihan dan meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusianya (SDM),” ujar Penelaah Teknis Kebijakan Pusat Pengembangan Kebijakan Pembangunan Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Kemendes PDTT, Mayang Shahira Junaidi, dalam sebuah siniar mengenai RKDD yang dipantau melalui kanal YouTube BPI Kemendes PDTT di Jakarta, Jumat (28/6/2024).

Selain sebagai sarana pengembangan diri, Mayang menjelaskan bahwa RKDD juga dapat menjadi wadah bagi masyarakat desa untuk saling bertukar pengetahuan dan keahlian. “Jika ada warga desa yang memiliki keahlian yang ingin mereka bagikan, mereka dipersilakan untuk membagikannya di RKDD,” tuturnya.

Baca Juga |  Optimalkan Potensi, Bangka Barat Rintis Generasi Muda Cinta Desa

Lebih lanjut, Mayang menyampaikan bahwa RKDD diharapkan dapat menjadi pusat data dan informasi desa. Hal ini memungkinkan setiap pihak yang ingin mendapatkan data atau informasi desa untuk memanfaatkan RKDD. “Manfaat RKDD ini memang untuk masyarakat desa,” tegasnya.

Kemendes PDTT tidak membatasi kreativitas masyarakat desa dalam mengembangkan RKDD mereka. “Kami mendorong duta digital dan kader digital untuk mengembangkan RKDD dengan sekreatif mungkin,” ujar Mayang. “RKDD ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pameran, event desa, dan lain sebagainya.”

Sebelumnya, Mayang menjelaskan bahwa RKDD merupakan bagian dari program Desa Cerdas yang diinisiasi oleh Kemendes PDTT bekerja sama dengan Bank Dunia. “RKDD adalah inti dari program Desa Cerdas karena kegiatan utama program ini dilaksanakan di RKDD,” jelasnya.

Baca Juga |  Festival Durian di Kelurahan Kulaba

RKDD dapat berupa ruangan fisik maupun virtual yang digunakan untuk mengumpulkan komunitas-komunitas yang ada di desa. “Dengan RKDD, kami berharap masyarakat desa dapat semakin diberdayakan dan mampu memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan kesejahteraan mereka,” pungkas Mayang.

Sumber Informasi:

  • Siniar mengenai Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) oleh Penelaah Teknis Kebijakan Pusat Pengembangan Kebijakan Pembangunan Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Kemendes PDTT, Mayang Shahira Junaidi, melalui kanal YouTube BPI Kemendes PDTT di Jakarta, Jumat (28/6/2024).

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 8 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Siaran Pers

Pj DPMK Deiyai dan TV Desa Sepakati Pengembangan Media Lokal

Siaran Pers

Gus Halim Ajak Tokoh Adat Terlibat dalam Pengentasan Daerah Tertinggal

Siaran Pers

Kemendes PDTT: Dana Desa Pemenang TTGN Bakal Bertambah

Siaran Pers

Dirut LPDP Sebut SDGs Desa Jadi Panduan Pembangunan Komprehensif

Kabar Daerah

Penuh Haru! Momen Saat Tim KKN UIN SAIZU Membersamai Muslimat NU Santuni Yatim Piatu

Siaran Pers

Kemendes PDTT: Teknologi Tepat Guna Implementasi SDGs Desa Ke-9

Siaran Pers

TTGN Ke-25, Gus Halim: Kolaborasi Pemasaran Kunci Keberlanjutan Teknologi Tepat Guna

Siaran Pers

Kepala BKKBN Minta Kades Perhatikan Sanitasi yang Tidak Layak