Home / Kabar Daerah

Senin, 4 Oktober 2021 - 10:46 WIB

Kepahiang Tetapkan SK 17 Desa Wisata

#Dian Purnama Putra - Penulis

TV Desa – Kepahiang : Komunitas wisata di Kepahiang boleh bernafas lega, setelah sejumlah desa, mendapatkan pengakuan formal melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga.

“Dari 17 desa yang diSK-kan menjadi desa wisata itu, baru 16 desa yang melengkapi administrasi. Ditetapkannya menjadi desa wisata karena memiliki potensi objek wisata,” papar Teddy Adeba, ST, kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Perpusda) Kabupaten Kepahiang, 3/9/2021, seperti dilansir dari Bengkulutoday.

Penetapan 17 desa yang tersebar pada 8 kecamatan menjadi desa wisata di Kepahiang melalui Surat Keputusan (SK) tentang desa wisata tersebut, dikarenakan desa-desa tersebut memiliki berbagai potensi objek wisata, baik objek wisata baru maupun lama.

Dikatakan Teddy, bahwa dengan ditetapkannya belasan desa wisata di Kabupaten Kepahiang, objek di desa tersebut dapat menjadi tujuan wisata bagi wisatawan domestik ataupun luar daerah. Sehingga nantinya bisa menjadi pendapatan asli daerah atau pendapatan asli desa.

Baca Juga |  Gus Halim Puji Desa Wisata Penglipuran Yang Menjadi Desa Terbersih

“Belasan desa wisata ini memiliki potensi wisata berbeda-beda seperti wisata alam, wisata budaya dan ada juga wisata buatan. Setelah diSKkan ini disampaikan ke Provinsi, yang nantinya bisa mengikuti perlombaan dan bentuk dukungan lain,” jelas Teddy.

Dilansir dari berbagai sumber, Kepahiang menyimpan banyak potensi wisata unggulan. Ada perkebunan Kabawetan yang bisa disebut sebagai objek wisata andalan, dan sejumlah air terjun yang tersebar di berbagai titik, salah satunya air terjun Sengkuang.

Selain objek wisata yang sudah terkenal, di Kabupaten yang berbatasan dengan Rejang Lebong dan Bengkulu Tengah itu juga memiliki potensi wisata yang belum terjamah, seperti pemandian air panas di kaki Bukit Hitam. Tak hanya sumber daya alam yang indah namun juga olahan kuliner yang dibuat oleh masyarkat setempat, seperti aneka olahan susu, kopi luwak dan beberapa makanan ringan.

Berita ini 66 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Optimalisasi Kinerja, Gus Halim Lantik Pimpinan Tinggi Pratama di Kemendes PDTT

Kabar Daerah

Gus Halim Ajak Alumni Universitas Brawijaya Bangun Indonesia dari Desa

Kabar Daerah

Pengelolaan Keuangan Amburadul, Pengprov FORKI Malut Dapat Peringatan KONI Malut

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Sambut Baik Rencana BNPB Memasang EWS Terintegrasi di Gunung Marapi*

Kabar Daerah

Pimpin Apel Gabungan Tiga OPD, Gubernur Mahyeldi Tegaskan Core Value Ber-AKHLAK Bukan Sekadar untuk Diketahui*

Kabar Daerah

Kepengurusan Ikasmantri Dilantik, Gubernur Mahyeldi Apresiasi Peran Besar Alumni SMA 3 Padang bagi Kemajuan Sumbar*

Kabar Daerah

Gelar Alek Gadang, Nagari Koto Kaciak Dipadati Ribuan Pecandu Buru Babi

Kabar Daerah

PCNU Bone Bolango Gelar Silaturahmi dan konsolidasi Organisasi Se – Kecamatan Bone Pesisir