Home / Kabar Desa

Senin, 8 Juli 2024 - 18:13 WIB

Kesempatan Kerja di Depan Mata, Kades Kepulungan Dorong Warga Upgrade Skill

Adi noto - Penulis

TVDesa – Pasuruan : Kades Kepulungan, Didik Hartono, mendorong warganya untuk meningkatkan kemampuan dan kualifikasi mereka. Hal ini disampaikannya dalam kegiatan pembinaan Ketua RT-RW di Balai Desa Kepulungan, Minggu (7/7/2024).

Didik mengungkapkan bahwa banyak perusahaan di Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, saat ini membutuhkan karyawan dengan kualifikasi minimal S-1. Hal ini menjadi alasan utama ia meminta warganya untuk meningkatkan skill mereka.

“Tolong kemampuannya ditingkatkan. Banyak perusahaan sekarang yang meminta lulusan S-1,” tuturnya.

Didik menceritakan, ia sering kali dimintai tolong untuk memasukkan warganya menjadi karyawan perusahaan di wilayah Kepulungan. Namun, banyak upaya yang dilakukannya berujung kegagalan karena kualifikasi warga tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Baca Juga |  Purwadana Tetapkan Perdes Kewenangan Desa

“Saya tak mau memaksakan. Karena saya ingin dua-duanya diuntungkan. Perusahaan untung dapat karyawan yang sesuai, warga saya juga diuntungkan karena dapat pekerjaan,” tuturnya.

Didik menyayangkan bahwa banyak warga Kepulungan yang hanya menjadi penonton di rumah sendiri. Pasalnya, mayoritas karyawan di perusahaan-perusahaan tersebut berasal dari luar Kepulungan.

“Kepulungan ini banyak pabrik. Tapi kita hanya sebagai penonton. Justru warga dari luar yang sukses jadi karyawan. Itu realitanya,” ungkapnya.

Menyadari hal ini, Didik meminta warganya untuk meningkatkan skill mereka agar dapat bersaing di dunia industri yang semakin kompleks. Ia menargetkan agar warganya minimal memiliki ijazah SMA/sederajat, terutama bagi yang berusia produktif.

Baca Juga |  Harlah Jawa Timur Ke 76, Camat Kendal Salurkan Bantuan Anak Yatim

“Sesuai janji saya, jangan sampai generasi kita putus di SMP. Tolong nanti didata yang usia 35 ke bawah. Yang lulusan SMP. Nanti kita sekolahkan. Kita bantu ikut program Kejar Paket C,” pungkasnya.

Didik berharap dengan upaya ini, warganya dapat lebih siap untuk menghadapi persaingan di dunia kerja dan mendapatkan kesempatan kerja yang lebih baik.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 18 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Tenongan : Tradisi Yang Masih Lestari Hingga Saat Ini

Kabar Desa

Empat Desa di Abang Laksanakan Nyepi Adat, Sekolah dan Toko Tutup

Kabar Desa

Cipakat Maju Menuju Desa Sadar Hukum: Wujudkan Masyarakat Patuh Hukum

Kabar Desa

Penanggal Rayakan Grebeg Ambengan: Syukur, Budaya, dan Semangat Desa

Kabar Desa

Semangat Gotong Royong Semarum Wujudkan Desa Bersih

Kabar Desa

Siap Hadapi Bencana, Desa Les Bidik Juara ADWI 2024

Kabar Desa

Gunungan Hasil Bumi Diarak, Semarak Sedekah Dusun Gading Jombang

Kabar Desa

Berengkes Ikan: Semangat Ibu Lestarikan Kuliner Khas Batanghari