Home / Kabar Desa

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 22:13 WIB

Laporan Keuangan Bumdesa disampaikan Secara Terbuka Melalui Musdes

Risna Makarawo - Penulis

TVDesa – Boalemo : Laporan Keuangan Bumdesa Diloato Sepakat semester pertama Tahun 2021, disampaikan secara terbuka melalui Musyawarah Desa. Sabtu, (21/8/2021).

Musyawarah Desa tentang Laporan Pertanggung Jawaban Pengelolaan Keuangan Bumdesa telah disampaikan secara terbuka melalui forum Musyawarah Desa untuk semester pertama.

Bumdesa Diloato Sepakat merupakan Desa pertama yang menyampaikan Laporan Keuangan Bumdesa melalui Musyawarah Desa sebagai bentuk pertanggung jawaban pengelola Bumdesa.

Pelaksanaan Musyawarah Desa ini dihadiri oleh bapak Sekcam Paguyaman Jon Warrow dan Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa bapak Arfan Entengo.

Lokasi yang menjadi tempat pelaksanaan Musyawarah Penyampaian Laporan Keuangan Bumdesa di Sekertariat Bumdesa Diloato Sepakat, atau pasar Diloato yang dikelola oleh Bumdesa.

Pelaksanaan Musyawarah Desa diawali dengan sambutan dari Kepala Desa Diloato  selaku penasehat Bumdesa, menyampaikan bahwa Bumdesa bertujuan meningkatkan perekonomian Desa.

Baca Juga |  Parenting, Wisuda Tahfidz, dan Expo SDIT Insan Mulia Maos

Selain itu juga, kata Anton keberadaan Bumdesa bisa memberikan sumbangan bagi peningkatan sumber pendapatan asli Desa untuk kesejahteraan rakyat Desa.

Kemudian sambutan kedua disampaikan oleh bapak sekcam Paguyaman, dalam sambutannya beliau berharap bahwa Bumdesa Diloato Sepakat bisa berkembang dengan pesat.

Dengan begitu, ketepatan dalam memilih jenis usaha potensial menjadi salah satu faktor keberhasilan usaha dalam menjalankan Bumdesa kearah yang lebih baik.

Sebelum masuk pada proses Musdes MC masih memberikan kesempatan kepada Tenaga ahli Pengembangan Ekonomi Desa untuk memberikan arahan dan sambutan.

Dalam sambutan beliau diawali dengan penyampaian kesuksesan desa-desa yang mendapat peringkat satu sampai 5 dalam peringkat Indeks Desa Membangun (IDM).

Baca Juga |  Rapat Koordinasi Persiapan Orientasi Kades

Arfan juga menambahkan bahwa kesuksesan mereka itu bisa menjadi edukasi untuk Pemerintah Desa Diloato dalam mengantar desanya menjadi Desa Mandiri.

Dilanjutkan dengan Sosialisasi singkat pokok-pokok kebijakan Bumdesa sesuai amanat PP 11 tahun 2021, beliau juga turut memberikan apresiasi atas kinerja Pemdes, Bumdesa, dan pengawas serta BPD.

Selanjutnya ketua Bumdesa Asna Karim memaparkan laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan BUMDesa sejak Januari-Juni memperoleh laba Rp. 48.193.000.

Hasil penyampaian Laporan Keuangan Bumdesa mendapat tanggapan positif dari pengawas bahwa laporan keuangan Bumdesa diterima.

 

 

 

 

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 120 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

BLT DD di Desa Kiawa Satu Bantu Masyarakat Miskin Ekstrim Penuhi Kebutuhan Pokok

Kabar Desa

Ini, Cara Ibu-ibu PKK Desa Tewah Pupuh Tingkatkan Kepiawaian Mengolah Hasil Perikanan Lokal

Kabar Desa

7 Mahasiswa Unimor Berbakti di Desa Oetulu, Gebyar Program Desa Mandiri

Kabar Desa

Ziarah Makam Para Kepala Desa Warnai Hari Jadi Desa Ciparigi ke-224

Kabar Desa

Babinsa Dampingi Petani Kembangkan Sorgum di Subak Gede, Seririt

Kabar Desa

Dorong Perekonomian Petani, Desa Pasar Ipuh Bagikan Alsintan dan Hewan Ternak

Kabar Desa

Penetapan Batas Desa di Kecamatan Sebangki: Upaya Ciptakan Keteraturan dan Kepastian Hukum

Kabar Desa

Gotong Royong Semarakkan Masjid Jami’ur Rahman Desa Pangkalan Sulampi