Home / Kabar Desa

Rabu, 15 Mei 2024 - 18:14 WIB

Kiat Dusun Purwobakti Jambi Sukses Bangun Desa Literat

@ADMIN 1 - Penulis

Diskusi Kelompok Terpumpun sesi Pembahaan Isu Penguatan Budaya Baca dan Literasi pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan 2024, Rabu (15/5/2024). (Image courtesy : Liputan6.com)

Diskusi Kelompok Terpumpun sesi Pembahaan Isu Penguatan Budaya Baca dan Literasi pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan 2024, Rabu (15/5/2024). (Image courtesy : Liputan6.com)

TVDesa – Bungo : Dusun Purwobakti di Kabupaten Bungo, Jambi, memiliki beberapa kiat jitu untuk mendekatkan perpustakaan dengan masyarakat setempat. Berbagai tantangan dalam memajukan perpustakaan desa, terutama dalam memotivasi masyarakat untuk terus semangat membaca, turut mewarnai upaya Pemdes Purwobakti.

“Tidak mudah, pasti ada tantangannya karena kita mau meraih hasil yang baik. Itulah tantangan kita, bagaimana perpustakaan desa bisa memotivasi untuk terus semangat membaca,” ucap Lenny Maryani, Kepala Desa Purwobakti, saat menjadi narasumber dalam Diskusi Kelompok Terpumpun sesi Pembahaan Isu Penguatan Budaya Baca dan Literasi pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan 2024, Rabu (15/5/2024).

Baca Juga |  Kemendes PDTT Kembangkan Ruang Komunitas Digital Desa untuk Berdayakan Masyarakat

Berbagai strategi telah dilakukan, termasuk sosialisasi manual melalui brosur, website resmi desa, dan media sosial. Fasilitas perpustakaan juga ditingkatkan, seperti menyediakan Wi-Fi dan menganggarkan gaji untuk staf perpustakaan

Alhamdulillah┬ásampai sekarang ini tidak ada permasalahan dalam penganggaran dana desa untuk mendukung kegiatan perpustakaan. Kami menganggarkan untuk layanan WI-Fi, penambahan buku koleksi, bahkan staf perpustakaan dianggarkan Rp 1,8 juta per bulan,” tambahnya.

Lenny mengatakan perpustakaan desa tidak hanya menerima kunjungan pinjam buku, tetapi juga menyediakan layanan bimbingan belajar gratis bagi anak-anak. Bahkan, pihaknya menggunakan mobil ambulance digunakan untuk mengantar anak-anak sekolah ke perpustakaan.

Baca Juga |  LPP Bone Gelar Diskusi Perlindungan Anak

“Kami menarik masyarakat dengan cara ini supaya bisa mengubah citra perpustakaan desa menjadi lebih baik. Bagi masyarakat yang ekonominya menengah ke bawah, silakan datang ke perpustakaan. Kita jemput anak sekolah dengan mobil ambulance,” papar Lenny.

Keberhasilan yang telah dicapai Purwobakti tersebut, menurut Lenny, tidak lepas dari dukungan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) dan Perpustakaan Kabupaten Bungo. Dukungan tersebut berupa hibah Mobil Perpustakaan Keliling, televisi, dan komputer.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 5 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Tenongan : Tradisi Yang Masih Lestari Hingga Saat Ini

Kabar Desa

Empat Desa di Abang Laksanakan Nyepi Adat, Sekolah dan Toko Tutup

Kabar Desa

Cipakat Maju Menuju Desa Sadar Hukum: Wujudkan Masyarakat Patuh Hukum

Kabar Desa

Penanggal Rayakan Grebeg Ambengan: Syukur, Budaya, dan Semangat Desa

Kabar Desa

Semangat Gotong Royong Semarum Wujudkan Desa Bersih

Kabar Desa

Siap Hadapi Bencana, Desa Les Bidik Juara ADWI 2024

Kabar Desa

Gunungan Hasil Bumi Diarak, Semarak Sedekah Dusun Gading Jombang

Kabar Desa

Berengkes Ikan: Semangat Ibu Lestarikan Kuliner Khas Batanghari