Home / Kabar Desa

Jumat, 13 Agustus 2021 - 18:27 WIB

Kiprah Kaum Difabel Di Desa Sanggrahan

008 Gieyono - Penulis

TV Desa – Sukoharjo. Kaum marginal salah satunya difabel, seringkali ketinggalan pada saat ” pembagian kue” pembangunan yang dialokasikan di Anggaran Pendapatan Belanja khususnya yang ada di desa. Padahal mereka  adalah tanggung jawab kita semua. Karena keterbatasan mereka dalam menyampaikan aspirasi, keinginan dan kebutuhan seringkali akhirnya malah terabaikan.  Namun hal tersebut tidak terjadi di desa Sanggrahan Kecamatan Grogol Kab Skh. Melalui SK Kepala Desa no. 141/14/XII/2020 terbentuklah Paguyuban Difabel di desa Sanggrahan.Paguyuban tersebut diharapkan dapat memberikan semacam “kail” bagi para difabel dan keluarga difabel agar mereka dapat lebih mandiri dan berdaya guna baik untuk diri sendiri maupun untuk keluarga. Untuk tahun 2021 ini Dana Desa sebesar Rp 10.150.000, disalurkan  untuk pelatihan bagi warga Difabel. Pelatihan I yg diadakan pada tgl 17 Juni 2021 dengan materi membuat keset dari kain perca  bekas yang diikuti 30 warga difabel desa Sanggrahan. Alat dan bahan dibagikan kepada warga difabel agar mereka bisa membuat sendiri dirumah sehingga bisa dijual dan  menambah uang jajan mereka.

Baca Juga |  Warga Antusias Sambut Ambulance Desa

Pelatihan II pada tanggal 12 Agustus 2021 dengan materi membuat telur asin. Peserta sangat antusias dan senang, karena bagi mereka ini adalah pengalaman baru dan  pertama. Mereka berharap hasil dari pelatihan ini bisa diaplikasikan dan bisa menambah penghasilan ke depannya nanti. Dan  dengan pelatihan2 yang mudah dipraktekkan tersebut,Pemdes Sanggrahan juga  mengharapkan para difabel ini bisa lebih mandiri dan lebih percaya diri serta bisa  menunjukkan  bahwa mereka masih  bermanfaat paling tidak bagi dirinya sendiri.

Baca Juga |  Songsong Pilkades serentak 2021, BPD Kareka Nduku bentuk kepanitiaan

 

Berita ini 49 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Rayakan Idul Fitri, Warga Dusun Pegundalan Pejawaran Banjarnegara Gelar Makan Bersama

Kabar Desa

Arus Mudik Di Perbatasan Nganjuk -JombangTerpantau Lancar Meskipun Dipenuhi Takbir Keliling

Kabar Desa

Pemdes Oehan Kembali Salurkan BLT KPM Lansia dan Disabilitas

Kabar Desa

Door to Door Pemdes Pulau Rajak Salurkan BLT DD Tahap Pertama TA 2024

Kabar Desa

“Pecah Telur” Desa Se Kecamatan Kedondong Sudah Salurkan BLT DD

Kabar Desa

Penjaringan Aspirasi Masyarakat Dusun Podomoro Pekon Negri Agung Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus Fraksi PDI-P Wahyu Agus Fediawan B,Bus

Kabar Desa

Camat Kedondong : 10 dari 12 Desa Sudah Salurkan BLT DD Triwulan 1

Kabar Desa

Tingkatkan Gizi Masyarakat, Pemdes Gunung Sugih Realisasikan Program Ketahanan Pangan Hewani