Home / Kabar Desa

Selasa, 19 Oktober 2021 - 08:09 WIB

Klik Kanan: Klinik Keuangan Kalurahan Kapanewon Nanggulan, Kulon Progo

Aris Nurkholis - Penulis

TV Desa – Kulon Progo : Dalam rangka melaksanakan fungsi pembinaan dan pengawasan (Binwas) penyelenggaraan pemerintahan kalurahan, Pemerintah Kapanewon Nanggulan membuat satu terobosan inovasi yang diberi nama Klinik Keuangan Kalurahan di Kapanewon Nanggulan yang disingkat dengan nama “Klik Kanan“. Klinik ini dimaksudkan sebagai ruang konsultasi keuangan kalurahan maupun BUMDes. Selain itu klinik ini juga berfungsi sebagai sarana pembinaan dan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan kalurahan dan BUM Desa.

Kegiatan klinik ini diharapkan mampu membantu pemerintah kalurahan maupun BUMDes dalam penatausahaan keuangan. Sehingga pengelolaan keuangan kalurahan dan BUM Desa dapat tersusun dengan rapi sesuai regulasi yang berlaku dan dapat dipertanggungjawabkan. Kegiatan ini cukup ampuh dalam rangka pencegahan timbulnya permasalahan dalam pengelolaan keuangan dan untuk memberikan rekomendasi-rekomendasi dalam pengelolaan keuangan kalurahan maupun BUMDes.

Baca Juga |  Kades Edi Fraza Lakukan Titik Nol Pembangunan Dana Desa 2022

Inovasi klinik keuangan kalurahan tersebut dipimpin oleh Kepala Jawatan Praja, dibantu oleh Panewu Anom, Kepala Jawatan Kemakmuran, staff kapanewon serta pendamping desa.

Klinik ini dilaksanakan setiap bulan, di minggu kedua. Pelaksanaannya dilakukan secara bergantian tiap bulannya antara BUMDes dengan pemerintah kalurahan. Untuk konsultasi keuangan kalurahan yang dihadirkan adalah lurah, carik dan bendahara desa. Sedangkan klinik konsultasi keuangan BUMDes yang dihadirkan adalah direktur BUMDes, Penasehat dan pengawas BUMDes.

Pada Oktober 2021 ini menjadi giliran BUMDes Binangun Mekar Jaya Kalurahan Banyuroto yang melakukan konsultasi keuangan BUMDes pada program Klik Kanan Kapanewon Nanggulan. Hadir dalam klinik konsultasi keuangan BUMDes ini adalah direktur BUMDes, lurah sebagai penasehat BUMDes dan pengawas BUMDes. Sedangkan yang hadir sebagai konsultan dalam kegiatan Klik Kanan adalah Panewu Anom, Kepala Jawatan Kemakmuran, Pendamping Desa, dan tim TAPM Kabupaten Kulon Progo.

Baca Juga |  Pendamping Desa Cluster#2 Kabupaten Kulon Progo Ikuti In-service Training Akuntansi BUMDes

Dalam kesempatan ini BUMDes Binangun Mekar Jaya Kalurahan Banyuroto memaparkan laporan keuangan BUMDes sampai dengan bulan September 2021. Selanjutnya tim Klinik melakukan telaah serta memberikan masukan-masukan atau rekomendasi atas laporan keuangan BUMDes yang disampaikan.

Berita ini 168 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Kepala Desa Tambakasri menghadiri Gelar seni pencak silat

Kabar Desa

Dewan Pengawas Menjadi Kunci Terwujudnya Akuntabilitas BUM Desa

Kabar Desa

Lurah Tuksono: Potensi Lokal, Kunci Keberhasilan BUM Desa

Kabar Daerah

Gus Halim: Pelestarian Adat dan Budaya Percepat Pembangunan Desa

Kabar Daerah

Gus Halim: Kirab Budaya Adat di Jombang Bentuk Implementasi SDGs Desa ke-18

Kabar Desa

kepala desa Gajahrejo bersinergi dengan masyarakat dalam membangun desa

Kabar Desa

Dapat Bangunan Pemagaran Kepsek SDN Bantarsari01 Ucapakan Terimakasih

Kabar Desa

Orientasi Tim Pendamping Keluarga Beresiko Stunting Tingkat Kecamatan Suwawa Selatan