Home / Kabar Daerah

Minggu, 9 Juni 2024 - 18:48 WIB

Konsep Baru, Festival Hoyak Tabuik Pariaman Bakal Dihelat Anak Nagari

Wawan Hermawan - Penulis

Ratusan ribu pengunjung padati Pantai Gandoriah saksikan puncak Hoyak Tabuik 2019

Ratusan ribu pengunjung padati Pantai Gandoriah saksikan puncak Hoyak Tabuik 2019

TVDesa – Pariaman : Anak nagari dipastikan akan menjadi pelaksana penuh Festival Hoyak Tabuik Kota Pariaman, setelah tahun ini helatan tersebut resmi masuk ke dalam daftar 110 Karisma Event Nusantara (KEN) 2024.

“Acara ini pada dasarnya milik anak nagari. Peran kita di pemerintahan khususnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan ialah sebagai pendukung dari sisi penganggaran, pemantau dan promosi,” kata Ferialdi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pariaman.

Feriadi mencatat, sejauh ini persiapan festival berjalan lancar dan dapat diterima baik oleh masyarakat setempat, terutama dengan kepanitiaan yang diisi oleh anak nagari.

“Tidak ada kesulitan dengan peralihan persiapan Tabuik pada anak nagari. Pesta itu memang pesta masyarakat,” kata Ferialdi.

Selain itu, perbedaan konsep Hoyak Tabuik juga terlihat pada penyajian acara. Ferialdi menyebut, Tabuik akan dibuat lebih menonjol dari peragaan lain seperti tarian kolosal yang biasa ditampilkan pada tahun-tahun lalu.

Baca Juga |  Padang Pariaman Expo 2024 : Geliat UMKM Daerah

“Ada masukan dari Kemenparekraf agar festival kali ini menonjolkan Tabuik itu sendiri sebagai magnetnya, bukan tarian kolosal seperti selama ini,” ujar Ferialdi.

Kendati begitu, Kota Pariaman tetap menyajikan penampilan kesenian lokal untuk memeriahkan festival. Menurut Ferialdi, peragaan atau acara lain yang tidak berhubungan dengan festival akan dihapus.

“Kita tetap memanfaatkan dan menampilkan kesenian lokal yang berhubungan dengan Tabuik. Jadi, untuk kegiatan lain seperti lomba memasak tidak akan diadakan lagi,” jelasnya.

Ia menerangkan bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan memantau secara langsung pelaksanaan festival. Begitu juga bantuan jasa dan barang yang akan diturunkan ke Kota Pariaman untuk melancarkan kegiatan.

Baca Juga |  Ketemu Bupati, Para Kades ‘Curhat’ untuk Kemajuan Desa

Ferialdi tidak menutup kemungkinan bahwa perayaan Hoyak Tabuik disaksikan oleh jajaran pemerintahan pusat seperti Menparekraf. Bahkan, Pj Wali Kota Pariaman tengah mengupayakan kedatangan Wakil Presiden terpilih pada hari festival.

“Kalau bisa kita juga melibatkan undangan untuk ikut menghoyak Tabuik. Ada kemungkinan menteri hadir seperti festival KEN lainnya, bahkan Pj Wali Kota berjanji menghadirkan Wakil Presiden terpilih,” ujarnya.

Adapun Festival Hoyak Tabuik dilaksanakan dari pada 7-21 Juli 2024, dengan puncaknya pada hari terakhir yang bertepatan pada hari Minggu. Ferialdi mengatakan, pemilihan akhir pekan bertujuan untuk meningkatkan partisipasi wisatawan.

“Sengaja memilih hari perayaan pada Minggu, dengan tujuan akan banyak pengunjung yang datang seperti tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 19 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Para Artis Ini Bawa Semangat Baru bagi Desa-Desa di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Kabar Daerah

UMKM Desa Plosokerep Naik Kelas dengan Digital Marketing dan Marketplace

Kabar Daerah

Limau Matubu Juarai Marikurubu Cup 2, Taufik Madjid: “Kita Punya Potensi Liga Desa di Maluku Utara!”

Kabar Daerah

Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Desa: Kapuas Luncurkan Sistem CMS

Kabar Daerah

Hidupkan Kembali Rumah Siti Nurbaya di Depok: Ruang Berkomunitas Budaya Minang

Kabar Daerah

Kepri Bersinar: 57 Desa/Kelurahan Bebas Narkoba

Kabar Daerah

30 Desa di Lembata, Jadi Ajang Mahasiswa Berdaya untuk Kedaulatan Pangan

Kabar Daerah

Semarak Milad IPM Ke-63, PD IPM Kudus Gelar Berbagai Acara Kreatif