Home / Kabar Daerah

Jumat, 29 Oktober 2021 - 09:14 WIB

KPID Jabar: Anak Muda, Ambil Peluang Produksi Konten Desa!

#Dian Purnama Putra - Penulis

TV Desa – Pangandaran : Peran anak muda diharapkan semakin menguat dalam menghasilkan  konten berbasis desa, terutama jika ditayangkan di televisi digital yang akan dimulai 30 April 2022 mendatang.

“Literasi media hari ini adalah pertemuan awal untuk mensosialisasikan bahwa masa depan penyiaran ada di tangan anda. Kita tinggal pilih mau mengambil peran sebagai apa dalam ekosistem penyiaran era digital, apakah produksi konten, marketing digital, periklanan atau yang lain,” kata Syaefurrahman Albanjary, Komisioner KPID Jawa Barat,  dalam kegiatan literasi “Memperkuat Konten Penyiaran Berbasis Desa Menjelang Era TV Digital” di gedung baru Unpad Pangandaran Kamis (28/10/2021).

Syaefurrahman mengutip penelitian Boston Consulting bahwa pada era tv digital nanti akan ada 181 ribu penambahan kegiatan usaha baru dan 232 ribu penambahan lapangan pekerjaan baru. Hal ini sangat dimungkinkan karena dengan migrasi dari tv analog ke digital akan ada penghematan frekuensi radio yang dapat digunakan untuk pengembangan internet berkecepatan tinggi. Sementara TV digital akan banyak bermunculan dan pastinya akan membutuhkan konten.

Baca Juga |  Tangerang Bersiap Jelang Pilkades Serentak 77 Desa

“Pada era digital nanti siaran televisi akan makin bersih, jernih dan canggih,” papar Syaefurrahman.

Menurut Syaefurrahman, yang tidak kalah pentingnya adalah KPID hadir untuk memastikan siaran itu bisa tersebar ke seluruh penduduk, dan isi siarannya ramah terhadap keluarga, informatif, dan inspiratif. Itulah sebabnya KPID keliling mendorong anak muda mengambil peluang membuat konten lokal berbasis desa.

Sementara itu Dekan Fikom Unpad, Dadang Rahmat Hidayat, menyampaikan perlunya pendekatan pentahelix dalam mendorong anak muda membuat konten siaran berbasis desa.

“Pentahelix atau multipihak dalam konteks produksi isi siaran adalah pendekatan yang melibatkan unsur Pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media bersatu padu berkoordinasi serta berkomitmen untuk mengembangkan potensi lokal Desa dan kawasan perdesaan menjadi konten isi siaran,” papar Dadang.

Baca Juga |  Festival Durian di Kelurahan Kulaba

Kegiatan ini dibuka Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata, hadir juga Kabid IKP Faiz Rahman, Dekan Fikom Unpad, aktifis media Dudi RS, dan Ketua KPID Jabar Dr. Adiyana Slamet.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 54 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

33 Kepala Desa di Sabu Raijua Emban Masa Jabatan 8 Tahun

Kabar Daerah

Perangi Stunting, TP-PKK dan DWP Buton Bersinergi di Desa Sampuabalo

Kabar Daerah

Tingkatkan Kapasitas, Aparatur Desa dan BPD Aru Tengah Siap Kembangkan Desa

Kabar Daerah

Blora Siap Gelar TMMD Sengkuyung di Desa Bogorejo!

Kabar Daerah

Sabang Genjot Pembentukan Qanun Gampong Bersih Narkoba

Kabar Daerah

Percepat Pembangunan Desa, Morowali Utara Belajar dari Badung

Kabar Daerah

Dana Desa Transparan: Bombana Sosialisasikan Pentingnya Pengawasan

Kabar Daerah

Perang Stunting di Mukomuko: Rp13 Miliar Dana Desa Siap Digunakan