Home / Kabar Desa

Minggu, 22 Agustus 2021 - 15:51 WIB

KPM Bersama Kader Posyandu Menanggulangi Stunting

Pegiat Desa - Penulis

TV Desa-Kabupaten Ciamis : Hari ini Minggu, 22 Agustus 2021 Kader Pembangunan Manusia (KPM) bersama-sama dengan Kader Posyandu menyelenggarakan kegiatan Posyandu rutin. Hadir dalam kegiatan tersebut Bidan Desa Wangunjaya Iin Nurhikmah, Am.Keb

Sebagaimana program pemerintah dalam upaya menekan peningkatan angka stunting di masyarakat maka pemerintah Desa Wangunjaya menekankan perlunya Posyandu secara rutin untuk memantau adanya stunting di masyarakat.

KPM sebagai Kader yang di bentuk Kementrian Desa PDTT salah satu tugasnya adalah melakukan pendataan pemutakhiran data tentang stunting sehingga Pemerintah Desa akan merasa terbantu dalam membuat kebijakan dalam upaya penangan stunting di Desa karena telah tersaji data yang menyangkut masalah stunting.

Baca Juga |  PKK Desa Johorejo Mempunyai Struktur Kepungurusan Baru

Dalam kegiatan  tersebut KPM dan Kader Posyandu melakukan pengukuran berat badan dan tinggi badan balita dan pemeriksaan ibu hamil serta pemberian vitamin A oleh Bidan Desa, hal ini untuk mendeteksi adanya stunting pada balita tersebut.

Berdasarkan wawancara dengan KPM Desa Wangunjaya “Sejauh ini dari hasil pendataan dan kegiatan rutin posyandu tidak ditemukan angka stunting di Desa Wangunjaya”pungkas Imas Holisoh Kader KPM yang di temui dalam kegiatan Posyandu di Dusun Pasir Lugina Desa Wangunjaya Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis Jabar.

Baca Juga |  Pemdes Pasir Bungur Salurkan BLT DD Tiga Bulan Sekaligus

Adapun indikasi dari stunting dapat dilihat dari tinggi badan dan berat badan sehingga terlihat tidak ideal dari balita yang normal. Sehingga dengan adanya penimbanngan berat badan dan tinggi badan secara rutin akan terlihat perkembangan setiap balita tiap bulannya, dari perkembangan tersebut dapat menjadi bahan evaluasi sebagai dasar kebijakan Pemerintah Desa dalam menangani masalah tersebut.

Berita ini 109 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Didaulat Jadi PPID Desa, Ini Manfaatnya Bagi Warga Desa Tukum

Kabar Desa

Sosialisasikan Bahaya Narkoba Bagi Anak, Pemdes JerukPurut Kolaborasi Sama BNN

Kabar Desa

HUT Ke-17 BUM Desa Binangun Danareja Mandiri Salurkan Bantuan Kepada Anak-anak Yatim

Kabar Desa

Peringati Hari Lahir Pancasila, Desa Wonosari Gelar Upacara dan Gelar Seni Budaya

Kabar Desa

Pemdes Sungai Ulak Salurkan Bansos Beras 10 Kg

Kabar Desa

Gaya Randupitu Kelola Sampah, Tuai Pujian Anggota DPRD Kota Batu

Kabar Daerah

Pembersihan Gorong Aliran Sungai di Desa Lagan Bungin

Kabar Desa

Dukung Warganya Bisa Menulis, Nagari Kurai Taji Adakan Pelatihan Jurnalistik