Home / Kabar Daerah

Kamis, 26 Agustus 2021 - 20:39 WIB

Minimnya Partisipasi Demokrasi, KPUD Kota Ambon Agendakan Program Desa Peduli Pemilu

001 Syafridhani - Penulis

TV Desa – Ambon : Program Desa Peduli Pemilu merupakan program baru, pengembangan dari bentuk sosialisasi dan pendidikan pemilih yang dilaksanakan oleh KPU. Sementara locus atau tempat desa peduli ini ditentukan oleh KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten Kota. Di masing-masing locusnya ini nantinya direkrut partner-partner KPU untuk menjadi motor penggerak peningkatan partisipasi pemilih.

Demikian disampaikan oleh Ketua KPUD Kota Ambon, M. Shaddek Fuad hari ini (26/08/2021) di ruang kerjanya kepada TV Desa.

“Selain partisipasi pemilih, program ini juga diharapkan mampu meningkatkan partisipasi demokrasi di tingkat masyarakat,” imbuhnya.

M. Shaddek Fuad, S.H, Ketua KPU Kota Ambon. 

Lebih lanjut M. Shaddek Fuad mengatakan, Program Desa Peduli Pemilu ini diharapkan dapat berkelanjutan, sehingga KPU dapat melakukan pendidikan pemilih dan sosialisasi langsung di tingkat rendah di basis-basis masyarakat, yakni di tingkat desa.

M. Shaddek Fuad: “Di Maluku, kita nantinya akan menyasar salah satu dari beberapa segmen terpilih KPU yakni segmen perempuan. Seperti diketahui, KPU RI telah menentukan beberapa segmen pemilih yakni segmen pemilih perempuan, pemilih pemula, disabilitas, dan segmen pemuda dan mahasiswa.”

Program Desa Peduli Pemilu merupakan inovasi atau agenda terbaru yang dibuat oleh KPU. Dalam pelaksanaannya, KPU Provinsi Maluku akan bekerjasama dengan PKK Provinsi, dimana salah satu locus yang ditentukan oleh KPU provinsi Maluku untuk kegiatan tersebut adalah Kota Ambon. Desa Laha dipilih sebagai locus program KPU kota Ambon.

Baca Juga |  Fajar Agung Tuan Rumah Rakorkab TPP Pringsewu

Seperti diketahui di hampir seluruh wilayah di Indonesia, jumlah pemilih perempuan lebih banyak dari pemilih laki-laki. Namun kenyataannya partisipasi pemilih perempuan masih sangat rendah. Hal ini terjadi menurut pria yang disapa Bung Def ini, karena minimnya pendidikan politik yang diterima oleh masyarakat, khususnya di segmen ini. Wacana politik dan momentum-momentum demokrasi dianggap tidak berkaitan langsung dengan segmen perempuan, yang berujung partisipasi pemilih di segmen ini masih sangat minim. Untuk itu menurutnya, seluruh regulasi didorong ke arah itu. Target peningkatan partisipasi di segmen ini tentu berkaitan dengan target pemenuhan 30 persen keterwakilan perempuan di parlemen, tambahnya.

Pemilu dan pemilihan serentak telah diagendakan di tahun 2024. Secara kelembagaan KPU sudah melakukan tahapan persiapan dengan melakukan konsolidasi secara internal. Selain penguatan kelembagaan serta persiapan dari sisi anggaran, KPU juga telah mempersiapkan produk hukum yang akan digunakan dalam momentum pemilu dan pemilihan di tahun 2024 nanti.

Rapat Koordinasi Rutin KPU Kota Ambon. 

Terkait dengan rekapitulasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang sebelumnya dilakukan satu tahun sebelum tahapan pemilu atau pemilihan, pemutakhiran data pemilih berkelanjutan kini dilakukan setiap bulan pada masing-masing Kabupaten Kota. Selanjutnya dilakukan di tingkat provinsi hingga ke KPU RI. Bagi masyarakat yang sudah memenuhi syarat untuk ditentukan sebagai pemilih, hari ini sudah bisa melaporkan diri ataupun menyampaikan data diri ke masing-masing satker KPU untuk memperbarui datanya.

Baca Juga |  PPK Kecamatan Serasan Timur Gelar Bimtek E-Coklit kepada PPS

Pembaruan atau pemutakhiran data mencakup orang meninggal, yang dinyatakan tidak memenuhi syarat, ataupun pemilih pemula yang baru cukup umur 17 tahun dan baru memiliki KTP.

Selain itu, bila ada pergantian data kependudukan, misalnya pindah domisili dan lain-lain, masyarakat bisa langsung ke KPU, baik secara online pada situs masing-masing KPU, juga bisa ke pusat pelayanan data pemilih di kantor KPU di masing-masing satker, atau satuan kerja, pungkasnya.(*)

 

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 195 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Presiden Dan Ibu Iriana Hadiri Peringatan Hari Kebaya Nasional

Kabar Daerah

Tumbang Mangkutup Wakili Kapuas Berlaga di Lomba Desa Tingkat Provinsi

Kabar Daerah

Kudus Kembangkan Desa Antikorupsi, Cegah Penyelewengan Dana Desa

Kabar Daerah

Presiden Dan Ibu Iriana Tinjau Pemberian Vaksin Polio Di Jayapura

Kabar Daerah

33 Kepala Desa di Sabu Raijua Emban Masa Jabatan 8 Tahun

Kabar Daerah

Perangi Stunting, TP-PKK dan DWP Buton Bersinergi di Desa Sampuabalo

Kabar Daerah

Tingkatkan Kapasitas, Aparatur Desa dan BPD Aru Tengah Siap Kembangkan Desa

Kabar Daerah

Blora Siap Gelar TMMD Sengkuyung di Desa Bogorejo!