Home / Kabar Desa

Rabu, 10 Juli 2024 - 19:42 WIB

Lansia Desa Langkap Semangat Ikuti Posyandu Berkat Bantuan Perpusdes

soffa mustoffa - Penulis

salah seorang warga sedang menerima wejangan untuk lansia pasca mengantar seorang lansia untuk mengikuti posyandu lansia

salah seorang warga sedang menerima wejangan untuk lansia pasca mengantar seorang lansia untuk mengikuti posyandu lansia

TVDesa – Purbalingga : Posyandu Lansia Desa Langkap yang diadakan pada Selasa, 9 Juli 2024, terasa istimewa lantaran para pengelola perpustakaan desa (perpustakaan desa) atau perpusdes turut berpartisipasi aktif, bahu membahu membantu kader kesehatan dalam menyiapkan tempat, peralatan, dan bahkan membantu memapah lansia yang mengalami kesulitan berjalan. Acara yang rutin dilaksanakan setiap tanggal 9 tersebut, dihadiri oleh 35 lansia dari desa setempat dengan antusiasme yang tinggi.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan dan partisipasi dari perpusdes darul ulum dalam kegiatan ini,” ungkap Siti Mukaromah, Bidan Desa Langkap. “Kerja sama ini menunjukkan semangat gotong royong dan kepedulian bersama untuk menjaga kesehatan para lansia di desa kita.”

Seperti biasa, berbagai pemeriksaan kesehatan dilakukan di halaman rumah Bapak Khomsin, Ketua RT 3 RW 1 tersebut, termasuk pengecekan tekanan darah, kadar gula darah, asam urat, dan kolesterol. Pemeriksaan ini penting untuk mendeteksi dini masalah kesehatan dan memastikan para lansia mendapatkan perawatan yang tepat.

Baca Juga |  Kades Cipayung Gelar Malam Penganugerahan Pemenang Lomba Nasi Tumpeng dan Karnaval HUT RI ke 78

Selain pemeriksaan, para lansia juga mendapatkan edukasi mengenai pola hidup sehat dan pentingnya menjaga asupan gizi. Kader Kesehatan Desa Langkap juga memberikan informasi mengenai cara mencegah dan mengelola penyakit kronis yang umum terjadi pada usia lanjut.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya rutin untuk memantau dan menjaga kesehatan para lansia di Desa Langkap,” jelas Siti Mukaromah. “Posyandu Lansia bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup para lansia melalui pemantauan kesehatan yang berkesinambungan dan pemberian edukasi kesehatan.”

Para lansia yang hadir tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian acara. Mereka senang dengan informasi dan edukasi yang diberikan, serta merasa terbantu dengan pemeriksaan kesehatan yang rutin dilakukan.

“Saya senang sekali bisa mengikuti posyandu ini,” tutur Pak Warno, salah satu lansia yang hadir. “Di sini, saya bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan edukasi tentang cara menjaga kesehatan. Terima kasih kepada kader kesehatan dan perpusdes yang telah membantu kami.”

Baca Juga |  Info Vaksin Di Desa Mesjid Lama September 2021: Sukseskan Program Vaksinasi Nasional

Posyandu Lansia: Teladan bagi Desa Lain

Pelaksanaan Posyandu Lansia di Desa Langkap ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam menjaga kesehatan masyarakat lanjut usia. Pemeriksaan kesehatan rutin dan edukasi yang diberikan dapat meningkatkan kualitas hidup para lansia, sehingga mereka dapat menjalani hari-hari dengan lebih baik dan penuh semangat.

“Kami berharap Posyandu Lansia ini dapat terus berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi para lansia di Desa Langkap,” pungkas Siti Mukaromah. “Kerja sama dan partisipasi semua pihak, seperti perpusdes, sangatlah penting untuk mewujudkan hal ini.”

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 15 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Desa Rangda: Berharap Menjadi Lumbung Pangan Melalui Program Transmigrasi

Kabar Desa

Jemput Bola Adminduk Ala Desa Bungai Jaya, Permudah Warga Urus KK dan KTP

Kabar Desa

Perbaiki Saluran Irigasi dan Jalan Desa, Upaya Tamansari Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Kabar Desa

BUMDes Gampong Lamjabat Hadirkan Pupuk Kohe Sapi Fermentasi Ramah Lingkungan

Kabar Desa

Bantu Ternak Sapi ke BUMDes, Kades Batu Belubang Dorong Pengembangan Peternakan

Kabar Desa

Gombolharjo Gelar Rembug Stunting, Upaya Gencarkan Pencegahan dan Penurunan Stunting

Kabar Desa

BLT Dana Desa Bulan Ketujuh 2024 Cair di Desa Tengah Padang

Kabar Desa

Ini, Cara Desa Gambiran Gunakan Volley Untuk Promosikan Wilayah