Home / Kabar Daerah

Minggu, 26 Mei 2024 - 12:58 WIB

Lewat Solidaritas Alumni, PP Miftahul Hikmah Pererat Persatuan dan Kesatuan

Fahrudin - Penulis

TVDesa – Malang : Beberapa santri yang pernah menimba ilmu di dari daerah Bojonegoro, Ponorogo, kediri dan daerah lain di Jawa Timur, kembali mendatangi Pondok Pesantren Miftahul Hikmah yang berada di Desa Tambaksari Kecamatan Sumbermanjing wetan Kabupaten Malang, untuk menghadiri kegiatan temu alumni yang rutin dilaksanakan setiap tiga bulan sekali.

“Adanya kegiatan temu alumni bertujuan untuk bisa menyambungkan rasa solidaritas Alumni untuk  berpikir bersama bagaimana bisa memajukan pendidikan Pesantren dan mencerdaskan masyarakat  lewat jalur pendidikan Pesantren,” terang Gus Kholil Nawawi, Kordinator Alumni  PPMH, saat kegiatan temu alumni rutin tiga bulanan, 26/5/2024.

Pesantren yang sudah berdiri sekitar tahun 1980 an lewat tanan dingin KH  Nawawi Abdul Hasan tersebut, walaupun menggunakan dalam metode pembelajaran mengikuti metode ulama Salaf, sudah cukup banyak alumni yang dihasilkan.

Baca Juga |  Aceh Besar Salurkan Dana Desa Tercepat Tahun 2024

“Selain itu Alumni di harap untuk bisa membangun bangsa negara dan agama lewat kegiatan positif yang telah di peroleh lewat pendidikan di pesantren di masa lalu, sehingga ilmu yang di peroleh bisa bermanfaat kepada orang banyak,” harap Gus Kholil Nawawi, kepada team TVDesaNews yang berkesempatan hadir dalam acara tersebut dan bisa bertemu langsung dengan pengasuh, pengurus serta Alumni pondok pesantren Miftahul Hikmah.

Berada di daerah pinggiran di kabupaten  Malang sebelah selatan, para santri yang pernah belajar diharuskan untuk bisa menempatkan diri dalam segala aspek kehidupan, bermanfaat kepada masyarakat umum, dan tentu saja memanfaatkan seluruh ilmu yang telah didapat dari pondok pesantren.

“Santri harus bisa mendidik dan mencerdaskan masyarakat lewat apapun didasari dengan ilmu ilmu pesantren,” tandas KH Nawawi istna, kakak dari H Mahrus Ali Nawawi, Anggota DPRD kabupaten Malang dan sekaligus penerus pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Hikmah.

Baca Juga |  Operasi Pasar Murah (OPM), Desa Situsari Kecamatan Darma

Acara temu Alumni PPMH  di hadiri oleh keluarga besar pengasuh, pengurus dan Alumni pondok Pesantren Miftahul Hikmah.

Selain acara alumni tri bulanan juga kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dikemas lewat pembacaan sholawat Nariyyah bulanan secara berkeliling di setiap desa di kecamatan Sumbermanjing wetan dan kecamatan Dampit, juga kegiatan Majlis taklim mingguan untuk jamaah laki laki dan Majlis taklim Rabu an untuk jamaah  perempuan.

Sudah berpuluh tahun lamanya, pesantren melibatkan masyarakat umum melalui bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat. Kemanfaatan dari beragam kegiatan tersebut sangat berguna di kehidupan masyarakat, terlebih pada aspek kehidupan berbangsa dan bernegara disemua lini kehidupan.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 38 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Likwatang Gelar Turnamen Sepak Bola U-23 “Likwatang CUP”

Kabar Daerah

Presiden Dan Ibu Iriana Hadiri Peringatan Hari Kebaya Nasional

Kabar Daerah

Tumbang Mangkutup Wakili Kapuas Berlaga di Lomba Desa Tingkat Provinsi

Kabar Daerah

Kudus Kembangkan Desa Antikorupsi, Cegah Penyelewengan Dana Desa

Kabar Daerah

Presiden Dan Ibu Iriana Tinjau Pemberian Vaksin Polio Di Jayapura

Kabar Daerah

33 Kepala Desa di Sabu Raijua Emban Masa Jabatan 8 Tahun

Kabar Daerah

Perangi Stunting, TP-PKK dan DWP Buton Bersinergi di Desa Sampuabalo

Kabar Daerah

Tingkatkan Kapasitas, Aparatur Desa dan BPD Aru Tengah Siap Kembangkan Desa