Home / Kabar Desa

Sabtu, 8 Juni 2024 - 08:10 WIB

LPPM UNAND Berdayakan Masyarakat Kelompok Tani Sukma Jaya dengan Pupuk Organik Ciban

Ali Akbar - Penulis

Penyerahan Bantuan Pupuk Organik Ciban oleh Zaini, Ph.D (mewakili Ahmad Yezidra) kepada Poktan Sukma Jaya (mewakili Sudirman BJ) pada Jum'at (07/06) di Nagari Guguak Kuranji Hilir, Sungai Limau, Padang Pariaman.

Penyerahan Bantuan Pupuk Organik Ciban oleh Zaini, Ph.D (mewakili Ahmad Yezidra) kepada Poktan Sukma Jaya (mewakili Sudirman BJ) pada Jum'at (07/06) di Nagari Guguak Kuranji Hilir, Sungai Limau, Padang Pariaman.

TV Desa – Padang Pariaman : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas (UNAND) melalui program Pengabdian kepada Masyarakat, memberikan bantuan pupuk organik Ciban kepada Kelompok Tani (Poktan) Sukma Jaya.

Bantuan ini diserahkan oleh Dosen UNAND, Zaini, Ph.D (diwakilkan oleh Ahmad Yezidra selaku produsen pupuk) kepada Ketua Kelompok Tani Sukma Jaya, H. Ali Akbar pada Jum’at (07/06), sebanyak 1 ton. Poktan Sukma Jaya beralamat di Karan Paingan, Nagari Guguak Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

Tujuan utama program ini adalah untuk membantu meringankan biaya pemupukan bagi para petani dan mendorong mereka untuk beralih dari penggunaan pupuk kimia ke pupuk organik. Pupuk organik Ciban diyakini dapat meningkatkan kesuburan tanah dan menghasilkan panen yang lebih berkualitas.

Baca Juga |  Salur Dua Bulan BLT DD Sei Balai

Pupuk organik Ciban juga akan dimanfaatkan untuk pengelolaan Kebun IDeOrganik, sebuah kebun percontohan yang didirikan oleh Indra Dewi (IDe Dewi), salah satu pengurus pengelola Desa Wisata GURANJHIL. Kebun ini bertujuan untuk menjadi contoh bagi para petani lain dalam menerapkan praktik pertanian organik yang efektif dan berkelanjutan.

Diharapkan dengan program ini, para petani di Kelompok Tani Sukma Jaya dapat meningkatkan hasil panen mereka, mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia, dan menjaga kelestarian lingkungan.

Dosen Zaini, Ph.D menjelaskan kepada pewarta media tvdesanews.id melalui sambungan telepon pada Jum’at (07/06) sore, “Diharapkan adanya dampak dari Program Pemberdayaan ini yakni: meringankan biaya pemupukan bagi petani, mendorong petani untuk beralih ke pupuk organik, meningkatkan hasil panen, menjaga kelestarian lingkungan juga dapat meningkatkan pendapatan petani.”

Baca Juga |  Camat Idanotae Monitoring Pelaksanaan PKTD Dana Desa 2021

Sementara Ketua LPPM UNAND, Prof. Dr. Techn. Marzuki, M.Sc.Eng dalam kesempatan lain menaruh harapan dengan adanya Program Pengabdian kepada Masyarakat ini dapat menjadi contoh bagi program pemberdayaan masyarakat lainnya di daerah lain.

Dengan kerjasama antara pemerintah, akademisi, dan masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan menjaga kelestarian lingkungan.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 60 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Jalan Desa Tugusari Diperbaiki, Warga Gembira, Ekonomi Lancar!

Kabar Desa

Betung Genjot Kesejahteraan: Dana Desa Optimal Lewat Pendampingan

Kabar Desa

Jembatan Merah Putih Pembuka Isolasi Dusun Karangsari

Kabar Desa

Air Hujan Jadi Andalan Warga Muara Pantuan dengan Gama Rain Filter

Kabar Desa

KKNT IPB: Mengubah Resin Jadi Pundi-pundi Ekonomi Desa Tugubandung

Kabar Desa

Cisaat Masuk 50 Besar ADWI 2024, Siap Menjadi Desa Wisata Edukasi Berkelas Dunia

Kabar Desa

Pasar Simpang Tiga Bangkit Kembali Di Bawah Pengelolaan Desa

Kabar Desa

Kidung Buhun dan Semangat Gotong Royong Warnai Babarit Lembur Desa Cageur