Home / Kabar Desa

Rabu, 29 Maret 2023 - 21:55 WIB

Luar Biasa! Desa Wisata Guranjhil Dapat Berkah 500 Besar ADWI 2023

Ali Akbar - Penulis

Pemerintah Nagari Guguak Kuranji Hilir melakukan Foto Bersama dengan Tim Kemendes PDTT, DPMD Padang Pariaman beserta rombongan, Rabu (29/03). (Foto Dok.: IDe Dewi)

Pemerintah Nagari Guguak Kuranji Hilir melakukan Foto Bersama dengan Tim Kemendes PDTT, DPMD Padang Pariaman beserta rombongan, Rabu (29/03). (Foto Dok.: IDe Dewi)

TV Desa – Padang Pariaman : Setelah pengumuman masuk 500 besar ADWI 2023 besutan Kemenparekraf RI pada Sabtu (18/03) lalu, maka Desa Wisata Guranjhil dikunjungi Kemendes PDTT RI pada hari Rabu (29/03).

Kehadiran Tim Verifikasi Ditjen PDP – Direktorat Jendreral Pembangunan Desa dan Perdesaan Kemendes PDTT mulai dari pukul 10.00 – 13.00 WIB di Kantor Wali Nagari Guguak Kuranji Hilir Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat.

Rombongan yang datang terdiri dari Husni Muh. Nur dan Rully Irawan (Kemendes PDTT), Hendri Satria (Kepala DPMD Padang Pariaman) beserta TAPM P3MD, Yuliet (Pendamping Desa), Arlis (Camat Sungai Limau) beserta staf.

Kemendes PDTT Verifikasi Desa Wisata Guranjhil

Hendri Satria menjelaskan bahwa “Kita beruntung dikunjungi Tim Kemendes PDTT yang khusus datang ke Nagari Guguak Kuranji Hilir. Satu-satunya nagari se-Kabupaten Padang Pariaman mendapatkan Bantuan Dana untuk Pengembangan Desa Wisata. Hal ini tak lepas dari adanya peran Pokdarwis disini.”

Baca Juga |  Tim INEY Kemendesa Kunjungi Program Stunting Kabupaten Tabanan

Sementara Husni Muh. Nur mengungkapkan, “Hari ini kami khusus datang untuk menerima masukan dari Pemerintah Desa dimana titik lokasi yang sedianya untuk mendapatkan Bantuan Dana Pengembangan Obyek Wisata di Desa Wisata Guranjhil ini. Besaran Dananya adalah Rp.400 juta.”

“Dana tersebut masuk langsung ke rekening Pemerintahan Desa atau Nagari,” pungkas Husni.

Sebelum melakukan tinjauan ke lapangan,  Wali Nagari (M. Sahur) beserta niniak mamak nagari (Panungkek Harisjon Khalid), Ketua Bamus (Abd. Ganip), tokoh masyarakat (Al Azmi), Arlis (Camat Sungai Limau), Ketua Pokdarwis Paingan (H. Ali Akbar), Seksi Daya Tarik Wisata dan Kenangan Pokdarwis Paingan (IDe Dewi), Kepala Wilayah (Bambang Surio) dan pemuda (Martin) melakukan musyawarah untuk mufakat tentang wilayah mana yang akan dipilih. Disepakati wilayah pantai Karan berbatasan dengan pantai Kalampayan Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir sampai muara Batang Air Paingan Nagari Guguak Kuranji Hilir.

Baca Juga |  Sambut Era Ekonomi Digital, UNNES Latih Strategi Marketing UMKM di Kelurahan Kalisegoro

Pada saat yang bersamaan, hadir pula dari pihak Perguruan Tinggi Politeknik Negeri Padang sebagai mitra pendamping Pokdarwis Paingan, yakni: Rafidola Mareta Riesa dan Alfatah Haries.

Dalam kesempatan ini pula Wali Nagari M. Sahur berharap agar program dari Kemendes PDTT ini dapat terwujud.

Pertemuan berakhir pukul 13.00 WIB setelah meninjau titik lokasi yang akan dieksekusi untuk pengembangan Desa Wisata Guranjhil. Berhubung dalam suasana puasa, maka rombongan langsung meninggalkan lokasi menuju desa lainnya yang berada di Desa Padusunan Kota Pariaman.

Berita ini 215 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Didaulat Jadi PPID Desa, Ini Manfaatnya Bagi Warga Desa Tukum

Kabar Desa

Sosialisasikan Bahaya Narkoba Bagi Anak, Pemdes JerukPurut Kolaborasi Sama BNN

Kabar Desa

HUT Ke-17 BUM Desa Binangun Danareja Mandiri Salurkan Bantuan Kepada Anak-anak Yatim

Kabar Desa

Peringati Hari Lahir Pancasila, Desa Wonosari Gelar Upacara dan Gelar Seni Budaya

Kabar Desa

Pemdes Sungai Ulak Salurkan Bansos Beras 10 Kg

Kabar Desa

Gaya Randupitu Kelola Sampah, Tuai Pujian Anggota DPRD Kota Batu

Kabar Daerah

Pembersihan Gorong Aliran Sungai di Desa Lagan Bungin

Kabar Desa

Dukung Warganya Bisa Menulis, Nagari Kurai Taji Adakan Pelatihan Jurnalistik