Home / Kabar Desa

Minggu, 16 Juni 2024 - 12:17 WIB

Lurah Tuksono: Potensi Lokal, Kunci Keberhasilan BUM Desa

Aris Nurkholis - Penulis

Sambutan Lurah Tuksono, Zaenuri setelah pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Direktur terpilih BUM Desa Binangun Sejahtera Tuksono, Kamis (13/6/24)

Sambutan Lurah Tuksono, Zaenuri setelah pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Direktur terpilih BUM Desa Binangun Sejahtera Tuksono, Kamis (13/6/24)

TV Desa – Kulon Progo: Mengoptimalkan potensi lokal kalurahan menjadi salah satu kunci keberhasilan BUM Desa dalam menjalankan usahanya.

“Ada banyak potensi yang bisa dikelola oleh BUM Desa Binangun Sejahtera Tuksono, salah satu diantaranya potensi pengembangan wisata. Kalurahan Tuksono memiliki potensi wisata yang tidak kalah menariknya dengan kalurahan lainnya,” ujar Zaenuri, Lurah Tuksono Kapanewon Sentolo, saat menyampaikan sambutan pada pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Direktur baru BUM Desa Binangun Sejahtera Tuksono, Kamis (13/6/24).

Zaenuri juga menyebut adanya pembangunan balai budaya yang dapat menjadi daya dorong pertumbuhan ekonomi warga termasuk bagi BUM Desa.

“Selain balai budaya, Kalurahan Tuksono juga memiliki potensi wisata arung jeram, mengingat lokasi kalurahan tuksono berbatasan langsung dengan sungai progo. Ada juga kawasan bendung kamijoro yang menghubungkan antara Kabupaten Kulon Progo dengan Kabupaten Bantul juga menjadi daya tarik tersendiri. Termasuk potensi ekonomi masyarakat yaitu usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dengan beragam produk yang dihasilkan, salah satu diantara produk UMKM yang sudah terkenal yaitu kerajinan dari serat alam,” papar Zaenuri yang juga menjabat sebagai Penasihat BUM Desa Binangun Sejahtera Tuksono.

Baca Juga |  Capaian Pemutakhiran IDM Pringsewu Lampung

Selain jasa keuangan mikro, BUM Desa Binangun Sejahtera Tuksono telah memiliki beberapa jenis usaha yang dijalankan, yaitu kerjasama pengelolaan pertashop dan pengelolaan pasar desa.

“Langkah awal yang dapat dilakukan oleh Direktur baru diantaranya mengoptimalkan berbagai jenis usaha yang saat ini sudah berjalan. Dari ketiga jenis usaha yang saat ini dijalankan jika dioptimalkan dan dikembangkan juga akan mendapatkan hasil serta dapat memberikan kontribusi kepada pemerintah Kalurahan,” pesan Zaenuri Lurah Tuksono, secara khusus kepada Direktur BUM Desa Binangun Sejahtera Tuksono yang baru saja dilantiknya.

Baca Juga |  Gus Halim Ingin Realisasikan Bank Desa di Setiap Desa

Salwa Rahmadiyanti dilantik menjadi Direktur BUM Desa Binangun Sejahtera Tuksono untuk periode 2024-2029. Salwa panggilan akrabnya, setelah menjalani berbagai rangkaian seleksi calon direktur, menjadi satu-satunya nama yang direkomendasikan oleh pemerintah kalurahan untuk diajukan dalam musyawarah kalurahan.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 60 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Likwatang Gelar Turnamen Sepak Bola U-23 “Likwatang CUP”

Kabar Desa

Fun-fly Paralayang Dalam Rangka Ulang Tahun Desa Lomuli Hadirkan Atlet Rumania

Kabar Desa

Jalan Desa Tugusari Diperbaiki, Warga Gembira, Ekonomi Lancar!

Kabar Desa

Betung Genjot Kesejahteraan: Dana Desa Optimal Lewat Pendampingan

Kabar Desa

Jembatan Merah Putih Pembuka Isolasi Dusun Karangsari

Kabar Desa

Air Hujan Jadi Andalan Warga Muara Pantuan dengan Gama Rain Filter

Kabar Desa

KKNT IPB: Mengubah Resin Jadi Pundi-pundi Ekonomi Desa Tugubandung

Kabar Desa

Cisaat Masuk 50 Besar ADWI 2024, Siap Menjadi Desa Wisata Edukasi Berkelas Dunia