Home / Kabar Desa

Sabtu, 11 September 2021 - 19:27 WIB

Mahasiswi cantik dukung keterbukaan informasi publik di desa

017 Agus Prijadi - Penulis

TV Desa-Pati, IAIN Kudus melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Terintregasi Kompetensi (KKN-IK) di Desa Tlogomojo Kecamatan Batangan  Kabupaten Pati pada Senin (6/9/2021). Pelaksanaan KKN-IK akan dilaksanakan mulai tanggal 6 September 2021 sd 6 Oktober 2021. Dua mahasiswi cantik, Yuli Rohmawati dan Nurul Hidayah, tidak hanya mengundang perhatian warga Desa Tlogomojo Kecamatan Batangan. Yuli dan Nurul adalah dua orang mahasiswi IAIN Kudus yang ditugaskan untuk KKN-IK di desanya sendiri. Mereka berdua memang warga desa ini.

KKN-IK kali ini mengusung tema “Pemberdayaan Potensi Desa Berbasis Moderasi Beragama”. Maksud tema ini bahwa seluruh kegiatan KKN-IK diarahkan pada pemberdayaan dan pengembangan segenap potensi yang dimiliki oleh desa yang menjadi lokasi kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), mencakup potensi ekonomi, sosio-kultural, dan keagamaan. “kami akan membuat profil 13 UMKM yang ada di Desa Tlogomojo ini website desa” ungkap Yuli, salah seorang mahasiswi tersebut. Memberikan informasi update dan terbaru merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keterbukaan informasi publik di desa.

Baca Juga |  Desa Loa Janan Ulu Fokuskan APBDes Pada Pembangunan Kantor Desa Baru

Mereka berdua akan melengkapi kekurangan yang ada di website desa seperti membuat profil usaha UMKM, melengkapi profil lembaga-lembaga desa mulai dari karang taruna, BPD, PKK, LKMD, membuat grafis kependudukan dan sejarah desa sehingga semua informasi yang menjadi hak publik mulai pelan-pelan dibuka. Untuk semua itu mereka telah meminta izin dan berkoordinasi dengan kepala desa Bapak Khoirul Anwar, Ibu Sekdes Eny S dan pendamping desa kecamatan Batangan.

Baca Juga |  Pekon Tanjung Siom Salurkan BLT DD Juni Hingga Agustus

Untuk pembuatan profil UMKM direncanakan sebanyak 13 yang merupakan usaha-usaha yang ada di Desa Tlogomojo. Di profil tersebut juga akan menjelaskan produk-produk apa saja yang diproduksi dan ada kontak personnya. Diharapkan dengan mencantumkan produk, harga dan kontak bisa membantu pemasaran produk tersebut di website desa. Kalau produk dikenalkan dan diipasarkan di website desa akan membuat orang yang membaca percaya bahwa produk tersebut benar ada dan nyata karena dipasarkan di website resmi pemerintah desa.

 

 

Tema KKN IAIN
Penjelasan pendamping desa tentang website desa
Berita ini 79 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Didaulat Jadi PPID Desa, Ini Manfaatnya Bagi Warga Desa Tukum

Kabar Desa

Sosialisasikan Bahaya Narkoba Bagi Anak, Pemdes JerukPurut Kolaborasi Sama BNN

Kabar Desa

HUT Ke-17 BUM Desa Binangun Danareja Mandiri Salurkan Bantuan Kepada Anak-anak Yatim

Kabar Desa

Peringati Hari Lahir Pancasila, Desa Wonosari Gelar Upacara dan Gelar Seni Budaya

Kabar Desa

Pemdes Sungai Ulak Salurkan Bansos Beras 10 Kg

Kabar Desa

Gaya Randupitu Kelola Sampah, Tuai Pujian Anggota DPRD Kota Batu

Kabar Daerah

Pembersihan Gorong Aliran Sungai di Desa Lagan Bungin

Kabar Desa

Dukung Warganya Bisa Menulis, Nagari Kurai Taji Adakan Pelatihan Jurnalistik