Home / Kabar Daerah

Rabu, 11 Januari 2023 - 19:15 WIB

Makaryo Neng Desa, Upaya Trenggalek Dekatkan Layanan Pemerintahan

Yadi - Redaksi Jakarta - Penulis

Mas Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin Makaryo Neng Deso (Image Courtesy: Merdeka.com)

Mas Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin Makaryo Neng Deso (Image Courtesy: Merdeka.com)

TVDesa – Trenggalek : Sebagai upaya akselerasi pemerintah daerah Trenggalek dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Bupati Trenggalek, langsung mengawali dengan mengusung program ‘Makaryo Neng Deso‘, di Desa Karangrejo, Kecamatan Kampak.

“Mulai tahun 2023 ini, setiap Hari Rabu kita canangkan menjadi kegiatan Makaryo Neng Desa‘ (bekerja di desa). Seluruh OPD memang kita minta turun semuanya untuk menginventarisir masalah dan menyelesaikan masalah on the spot di situ,” ucap Mochamad Nur Arifin, Mas Bupati Trenggalek, Rabu (11/1/2024)

Bupati yang akrab disapa gus Ipin ini, juga mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukannya tersebut, juga dilakukan juga oleh seluruh OPD di kabupatem Trenggalek.

Baca Juga |  Sasar Desa Terpencil, Ini Dia Lokasi Pasar Murah Aceh Singkil

“Jadi seluruh OPD saat ini hampir tidak ada yang di kantor. 40% nya semua memberikan pelayanan di lapangan. Kemudian setiap Jumat-nya akan kita inventaris, biasanya di coffee morning dibahas mana saja yang bisa ditangani cepat, mana yang harus menggunakan anggaran,” terang Gus Ipin.

Menurut penjelasan Gus Ipin, seluruh masukan dari OPD yang turun ke lapangan tersebt, selanjutnya akan dibahas, termasuk sampai ke bagian penganggaran.

“(Penganggaran) Ini yang akan di inventarisir sehingga struktur anggaran kita ke depan sudah benar-benar berbasis kebutuhan masyarakat karena kita langsung melakukan tinjauan di lapangan,” papar Gus Ipin.

Upaya Gus Ipin di hari perdana pelaksanaan ‘Makaryo Neng Deso’ di Desa Karangrejo, langsung menuai hasil, berupa sejumlah keluhan dan sekaligus masukan.

Baca Juga |  Karang taruna Tunas Jati Karangjati Pandaan Gelar Aksi Sosial Erupsi Semeru

“Karena mereka di sini bertaninya ini hanya untuk mencukupi kebutuhan pokok makan sehari-hari, kita harapkan jangan memproduksi padi atau beras dengan biaya yang mahal. Kelas pupuk organiknya juga saya minta ke sini, mengajari petani di sini untuk bisa membuat pupuk dan pestisida organik sendiri sehingga biaya produksinya murah. Kemudian gabah dan beras yang dihasilkan juga sehat,” tandas Bupati muda Trenggalek ini.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 37 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Dana Desa Transparan: Bombana Sosialisasikan Pentingnya Pengawasan

Kabar Daerah

Perang Stunting di Mukomuko: Rp13 Miliar Dana Desa Siap Digunakan

Kabar Daerah

HUDA Sumbar Diharapkan Isi Kekurangan Penceramah

Kabar Daerah

Ngopi Literasi: Membaca Dan Menulis Sama Pentingnya

Kabar Daerah

1.500 Pendamping Desa NTT Siap Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Pendamping Desa di NTT: Garda Terdepan Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Cegah Generasi Lemah, Gubernur Sumbar Minta Orang Tua Penuhi Tanggung Jawab

Kabar Daerah

Bersama Bawaslu, Forum Warga Bone Bolango Pantau Pemilu 2024