Home / Profil

Jumat, 27 Agustus 2021 - 20:44 WIB

Maksimalkan Unit Usahanya, Bumdes Selo Makmur Mengasah Kreasi Ditengah Pandemi

022 Gito - Penulis

TV Desa – Wonogiri : Pandemi Covid 19 yang menggguncang dunia sampai saat ini belum berakhir. Dampak dari wabah tersebut sangat dasyat, tak terkecuali bagi BUMDes. Pengelola badan usaha yang ada di desa ini harus lebih kreatif supaya usahanya berjalan dan bertahan walaupun dilanda pandemi.

Sebagaiman diketahui bersama bahwa Badan Usaha Milik Desa atau yang sering disebut Bumdes memiliki peran penting dalam pengembangan perekonomian di desa. Selain memberikan keuntungan pada desa dalam bentuk PADes juga berperan dalam pemberdayaan masyarakat.

Menyikapi adanya wabah tersebut BUMDes Selo Makmur yang berada di desa Selorejo Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa tengah, terus bergerak dalam memajukan usahanya. Walaupun dimasa pandemi, Bumdes yang berdiri pada tanggal 15 Februari 2016 yang bermodalkan nol rupiah ini mengasah kreasinya dengan memaksimalkan setiap unit usahanya.

Unit usaha yang dimaksimalkan oleh Bumdes Selo Makmur salah satunya adalah unit  TTG atau Teknologi Tepat Guna dengan melayani jasa pembuatan plafon  rumah. Plafon yang dibuat oleh BUMDes ini sangat digemari oleh masyarakat dikarenakan bentuk dan modelnya sangat bagus, sebab model dan variasi bisa menyesuaikan dengan pemesan. Apalagi harganya pun bisa dijangkau oleh masyarakat.

Baca Juga |  Di Pecoro, Tanah Liat itu Mengeras

Menurut ketua Bumdes Selo Makmur, Murwoto, mengatakan bahwa salah satu unit Bumdes  yang bergerak di bidang jasa TTG  merespon kebutuhan masyarakat yang tidak lepas dari potensi  dan  kreatifitas warga untuk bisa mencari solusi dari segala keterbatasan akses teknologi yang mungkin belum bisa terjangkau karena kondisi pandemi yang berdampak pada minimnya  pendapatan masyarakat.

“Ini adalah salah satu solusi untuk menekan pengeluaran tetapi bisa tetap membangun dengan kwalitas yang tentunya tidak kalah dengan produk-produk yang sudah mempunyai nama besar” tandas Murwoto.

Lebih lanjut, menurut Bagian Teknisi unit TTG, Yos Rusmana, “Untuk model variasi kami menyesuaikan dengan pemesan. harga menyesuaikan dengan variasi dan tingkat kerumitan masing-masing pesanan. Kami berani bersaing, dengan harga yang terjangkau menghasilkan kwalitas yang memuaskan”

Baca Juga |  300 Juta "Diglontorkan" Untuk Penyertaan Modal BUMDes Desa Jubelan

Yos menambahkan bahawa didalam unit TTG ini tidak hanya melayani pembuatan plafon saja tetapi bentuk-bentuk TTG lain juga bisa dilayani, untuk pertanian seperti alat perontok padi,,utk umkm semacam spiner, untuk peternakan semacam alat perajang dan lain lain. Apabila ada pemesanan bisa menghubungi lagsung ke Bumdes Selo Makmur.

Berita ini 52 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Profil

Melalui Kerja sama UNIS Cakra Inti Indonesia, Kesempatan gelar Magister menanti

Profil

PMII Rayon Syariah Purwokerto Inisiasi Pesantren Konstitusi Sebagai Upaya Mengembalikan Jati Diri Indonesia Sebagai Negara Hukum

Profil

Desa Loa Duri Ulu, Sudah Miliki Tim Media Sendiri

Profil

Inayati Pejuang Literasi, Pulang Ke Desa Demi Membangun Budaya Baca

Profil

Bangun Kantor Baru, Desa Gunggungan Lor Tingkatkan Layanan

Profil

Wae Rebo, Desa Tercantik Dunia 2024 Versi Spectator Index

Profil

Digitalisasi Desa Wisata, Tumbuhkan Pariwisata Lampung

Profil

BUMDes Lumbung Argo Tirto, Desa Gunungronggo Target Bukukan Laba Positif 2024