Home / Kabar Daerah

Selasa, 20 September 2022 - 23:56 WIB

Masa Pengenalan Akademik Mahasiswa Baru (SAPAMABA) 2022/2023 Universitas Muria Kudus

Olivia Maharani - Penulis

TV Desa – KUDUS :  Peran pemuda dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sudah tidak diragukan lagi. Bukan kali ini saja, sejak zaman Kemerdekaan, pemuda menjadi bagian terpenting.Kemajuan sebuah bangsa sering kali dikaitkan dengan peranan para pemudanya.

“Dan salah satu kekuatan inti pemuda adalah mahasiswa yang menjadi motor penggerak gerakan pemuda itu sendiri,” kata Kanit Keamanan Sat Intelkam Polres Kudus Iptu Subkhan saat mengawali materinya dalam kegiatan Masa Pengenalan Akademik Mahasiswa Baru (SAPAMABA) 2022/2023 Universitas Muria Kudus.

Di masa Pergerakan hingga Kemerdekaan, gerakan pemuda di Indonesia tidak lepas dimotori penggeraknya yaitu mahasiswa-mahasiswa. Menurutnya, organisasi mahasiswa seperti Boedi Oetomo, menjadi embrio perubahan besar Bangsa Indonesia.

Baca Juga |  Gubernur Mahyeldi Pimpin Penandatanganan Kerja Sama Pemprov dan Empat Kabupaten/Kota Terkait Pengelolaan Sampah*

“Ketika pemuda memiliki indicator sebagai generasi penerus, generasi pengganti dan generasi pembaharu, maka mahasiswa itu memiliki indicator inteletual yang tinggi,” ujarnya.

Mahasiswa menggunakan kecerdasannya untuk melakukan pekerjaan, berusaha bisa, menggagas, menyoal atau menjawab persoalan tentang berbagai gagasan yang ada.

Kombinasi indicator pemuda dan indicator mahasiswa yang diwujudkan kedalam bentuk nilai-nilai karakter, baik performance karakter maupun moral karakter secara konsisten akan menjadi kebiasaan, yang pada akhirnya akan menjadi karakter dan budaya dari mahasiswa itu sendiri.

Iptu Subkhan juga berpesan kepada peserta SAPAMABA untuk menjadi mahasiswa yang sukses dengan menjadi orang besar, salah satu indikasinya adalah setelah mendapatkan ilmu pengetahuan dari kampus ini akan mampu mampu membuat bangsa ini tersenyum, tersenyum atas karya dan kontribusi kita dalam mewujudkan impian dan harapan orang-orang yang ada disekitar kita.

Baca Juga |  Kapolres Kudus Bersama Team, Lakukan Pengecekan Gudang Logistik KPU

“Jangan jadi orang yang hidup untuk dirinya sendiri dengan ilmu yang dimiliki, karena yang seperti itu akan membuatmu hidup sebagai orang kerdil dan mati sebagai orang kerdil. Seberapa banyak ilmu yang dikusasi tidak akan menjadikan seorang intelek manakala belum tampak nyata jejak ilmu pada kaumnya,” pungkasnya.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 50 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Dana Desa Transparan: Bombana Sosialisasikan Pentingnya Pengawasan

Kabar Daerah

Perang Stunting di Mukomuko: Rp13 Miliar Dana Desa Siap Digunakan

Kabar Daerah

HUDA Sumbar Diharapkan Isi Kekurangan Penceramah

Kabar Daerah

Ngopi Literasi: Membaca dan Menulis Kunci Menuju Masa Depan Gemilang

Kabar Daerah

1.500 Pendamping Desa NTT Siap Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Pendamping Desa di NTT: Garda Terdepan Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Cegah Generasi Lemah, Gubernur Sumbar Minta Orang Tua Penuhi Tanggung Jawab

Kabar Daerah

Bersama Bawaslu, Forum Warga Bone Bolango Pantau Pemilu 2024