Home / Kabar Desa

Rabu, 6 Oktober 2021 - 20:08 WIB

Masyarakat Kampung Pangkalan Sulampi, Berbondong-Bondong Memanjatkan Do’a Tolak Bala

M. Yamin - Penulis

TPPI Suro Makmur Aceh Singkil

TPPI Suro Makmur Aceh Singkil

TV Desa – Aceh Singkil : Masyarakat Kampung Pangkalan Sulampi Kecamatan Suro Makmur Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh, berbondong – bondong melaksanakan Do’a Tolak Bala.

Do’a Tolak Bala di lakukan secara bersama-sama dengan masyarakat Kampung Pangkalan Sulampi yang dipimpin oleh Imam Masjid Jamiurrahman Sahlir Boang Manalu dan Bilal Masjid Ramli yang akrab disapa imam kebel.

“Pelaksanaan Do’a Tolak Bala itu sendiri diperingati setiap tanggal 29 shafar atau bertepatan pada hari ini Rabu 6 Oktober 2021 di laksanakan di tepian perkebunan masyarakat”.

Tolak Bala ini adalah merupakan Do’a ketika ada penyakit pada jaman dahulu kala sehingga para orang tua dan para ulama di Aceh Sering melaksanakannya di pasir pantai, pasir di sungai dan atau pasir di tepian kebun di per Kampungan.

Baca Juga |  Pemerintah Ketangkuhan Lakukan Sosialisasi Vaksin Kepada Masyarakat

TPPI Suro Makmur Aceh Singkil

Do’a Tolak Bala di laksanakan secara bersama dan sebelum memanjatkan Do’a, Imam dan Bilal Masjid Jamiurrahman Kampung Pangkalan Sulampi terlebih dahulu melaksanakan shalat hajat, dengan harapan semua warga tetap dalam keadaan sehat walafiat dijauhkan dari segala penyakit terutama penyakit yang melanda Indonesia saat ini yaitu covid-19 dan semoga masyarakat Kampung Pangkalan Sulampi tetap dalam lindungan Allah SWT.

TPPI Suro Makmur Aceh Singkil

Memanjatkan Do’a Tolak Bala itu sendiri juga dibanjiri oleh anak – anak, kaum ibu dan juga tokoh masyarakat, tokoh agama, para ustad, tokoh pemuda di Kampung Pangkalan Sulampi.

Baca Juga |  Pekon Banyumas Gelar Rembuk Pekon Stunting

Masyarakat Kampung yang ikut dalam acara Do’a Tolak Bala tersebut, masing – masing membawa perlengkapan tikar tempat duduk, membawa nasi dan Snack lainnya.

Ada sedikit unik dalam acara tersebut, membawa makanan dari rumah sendiri dan makan sendiri. Namun saling berbagi kepada sesama masyarakat yang ikut dalam acara hajatan Do’a Tolak Bala tersebut.

Dengan satu tekat, berdo’a supaya segala macam bala jauh dari perkampungan Pangkalan Sulampi

Berita ini 187 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Usai Lebaran, BUMDes Dapat Tingkatkan Modal Lewat Investasi

Kabar Desa

Kemendes PDTT: Lebih dari 900 BUMDes Sudah Miliki Nomor Induk Berusaha

Kabar Desa

Kegiatan Posyandu Lansia Dusun Branjang Desa Sidokerto Kecamatan Mojowarno Wujudkan Masa Tua Lansia Yang Bahagia, Sehat, Mandiri Dan Berdayaguna

Kabar Desa

Desa Darsono, Rerata Panen Padi Organik 6 Ton Per-Hektar

Kabar Desa

Pemdes Pattiroang Realisasikan Jalan Tani Ma’lete

Kabar Desa

Dibangun Tahun 2023, TPT Desa Teba jawa Jebol Diterjang Banjir Bandang

Kabar Desa

Desa Loa Janan Ulu Fokuskan APBDes Pada Pembangunan Kantor Desa Baru

Kabar Desa

Bappenas Bersama Kementerian/Lembaga Segera Luncurkan Indeks Desa