Home / Kabar Desa

Jumat, 20 Agustus 2021 - 21:45 WIB

Pemanfaatan Lahan Kosong Melalui Program P2L

Risna Makarawo - Penulis

TVDesa – Boalemo : Kegiatan Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Bualo Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo  memanfaatkan lahan kosong melalui Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Jumat, (20/8/2021).

Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) ini sangat membantu ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk mengembangkan kreatifitas mereka.

Selain itu juga di era Globalisasi peran seorang wanita sangat penting turut serta secara langsung membantu  mencukupi kebutuhan hidup keluarga.

Kelompok Wanita Tani (KWT) melakukan kegiatan ini seminggu sekali bertempat di samping Kantor Desa ketuanya adalah istri dari Kepala Desa.

Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di lakukan melalui pemberdayaan kelompok masyarakat yaitu kegiatan budidaya berbagai jenis tanaman dengan memanfaatkan lahan kosong.

Moment ini dimanfaatkan oleh ibu-ibu yang ada di Desa Bualo untuk memperoleh pendapatan rumah tangga pertanian di pedesaan.

Baca Juga |  Kesempatan Kerja di Depan Mata, Kades Kepulungan Dorong Warga Upgrade Skill

Seiring berjalannya waktu Desa Bualo akan terus berkembang dan berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan wanita harus di tingkatkan.

Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Yulin A. Otaya yang merupakan Ketua TP PKK Desa Bualo berharap bahwa pembinaan wanita tani yang ada di pedesaan perlu di tingkatkan.

Dirinya juga meminta kepada Kepala Desa Bualo Ramin K. Musa untuk lebih memperhatikan peran wanita tani, sehingga potensinya yang besar dapat dimanfaatkan.

Peningkatan kwalitas wanita tani sangat dibutuhkan untuk mengimbangi pesatnya laju pembangunan, karena perannya wanita tani sangat penting di tengah Pandemi Covid 19. Ungkap Yulin.

Ibu-ibu yang tergabung dalam kegiatan Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) ini sangat antusias dan mereka memiliki semangat yang tinggi untuk bekerja.

Baca Juga |  Pimpin Apel, Camat Songgom Minta Masyarakat Waspadai Dampak El Nino

Harapan satu-satunya yang mereka miliki dalam menghadapi pandemi covid 19 ini adalah kegiatan dalam mendukung program Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Karena itu bisa membantu mereka dalam mengatasi kebutuhan rumah tangga sehari-hari dengan memanfaatkan lahan kosong.

Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa juga selalu hadir dalam kegiatan Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk mendukung dan memberikan support.

 

 

 

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 90 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Warga Dusun Gading Desa Pandanwangi Kecamatan Diwek Jombang Adakan Kirab Gunungan Hasil Bumi Keliling Kampung Untuk Memeriahkan Sedekah Dusun

Kabar Desa

Kenduri Swarnabhumi: Ratusan Ibu di Batanghari Lestarikan Kuliner Tradisional Berengkes Ikan

Kabar Desa

Kembangkan Potensi Desa Cermee, Mahasiswa KKN UNEJ Dirikan Klinik UMKM

Kabar Desa

Kampung Pengawasan Partisipatif Desa Mekarjaya Pilih Kentongan Jadi Ikon

Kabar Desa

Desa Telaga Itar Berikan Beasiswa, Bangkitkan Semangat Belajar 45 Siswa Berprestasi!

Kabar Desa

Desa Wisata Golo Loni Raih Prestasi Nasional, Terhambat Jaringan Internet

Kabar Desa

Petani Jayaputra Beroleh Bantuan Pompa Air, Musim Kemarau Tak Lagi Jadi Kendala

Kabar Desa

Warga Dusun Bunut Bersorak Bahagia, Sumur Bor 110 Meter Atasi Krisis Air Bersih