Home / Kabar Desa

Jumat, 20 Agustus 2021 - 21:45 WIB

Pemanfaatan Lahan Kosong Melalui Program P2L

Risna Makarawo - Penulis

TVDesa – Boalemo : Kegiatan Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Bualo Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo  memanfaatkan lahan kosong melalui Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Jumat, (20/8/2021).

Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) ini sangat membantu ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk mengembangkan kreatifitas mereka.

Selain itu juga di era Globalisasi peran seorang wanita sangat penting turut serta secara langsung membantu  mencukupi kebutuhan hidup keluarga.

Kelompok Wanita Tani (KWT) melakukan kegiatan ini seminggu sekali bertempat di samping Kantor Desa ketuanya adalah istri dari Kepala Desa.

Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di lakukan melalui pemberdayaan kelompok masyarakat yaitu kegiatan budidaya berbagai jenis tanaman dengan memanfaatkan lahan kosong.

Moment ini dimanfaatkan oleh ibu-ibu yang ada di Desa Bualo untuk memperoleh pendapatan rumah tangga pertanian di pedesaan.

Baca Juga |  Modal DBM Eks PNPM 1 Miliar Ke BUMDESMA, Untuk Apa?

Seiring berjalannya waktu Desa Bualo akan terus berkembang dan berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan wanita harus di tingkatkan.

Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Yulin A. Otaya yang merupakan Ketua TP PKK Desa Bualo berharap bahwa pembinaan wanita tani yang ada di pedesaan perlu di tingkatkan.

Dirinya juga meminta kepada Kepala Desa Bualo Ramin K. Musa untuk lebih memperhatikan peran wanita tani, sehingga potensinya yang besar dapat dimanfaatkan.

Peningkatan kwalitas wanita tani sangat dibutuhkan untuk mengimbangi pesatnya laju pembangunan, karena perannya wanita tani sangat penting di tengah Pandemi Covid 19. Ungkap Yulin.

Ibu-ibu yang tergabung dalam kegiatan Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) ini sangat antusias dan mereka memiliki semangat yang tinggi untuk bekerja.

Baca Juga |  31 % PAD Kalurahan Srikayangan, Dari Bagi Hasil Usaha BUM Desa

Harapan satu-satunya yang mereka miliki dalam menghadapi pandemi covid 19 ini adalah kegiatan dalam mendukung program Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Karena itu bisa membantu mereka dalam mengatasi kebutuhan rumah tangga sehari-hari dengan memanfaatkan lahan kosong.

Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa juga selalu hadir dalam kegiatan Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk mendukung dan memberikan support.

 

 

 

Berita ini 88 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

PLN berhasil alirkan listrik ke Desa Ngancar di Mabar

Kabar Daerah

Pemkab Biak dukung penggunaan dana desa cegah stunting anak

Kabar Desa

Seorang Perangkat Desa di Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang sukses usaha Bakso Prasmanan

Kabar Desa

Bappenas Bersama Kementerian/Lembaga Segera Luncurkan Indeks Desa

Kabar Desa

Kades Segarajaya Gelar Open House Idul Fitri 1445 H

Kabar Desa

Menolak Punah, Warga Desa Adobala Rawat Tradisi Gemohing

Kabar Desa

Jalan Hotmix Desa Rampung, Warga Karangsewu Sujud Syukur

Kabar Desa

Pawai Obor Meriahkan Malam Takbiran Desa Sumber Rejeki