Home / Profil

Rabu, 5 Juni 2024 - 12:55 WIB

Memperkuat Perempuan Akar Rumput: Sebuah Kisah Pelatihan di Sumatera Barat

Felmi Yetti - Penulis

TVDesa – Padang : Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Masyarakat (LP2M)-Sumbar, sebuah organisasi non-pemerintah di Sumatera Barat, memiliki visi mulia: perempuan Indonesia berdaulat dalam masyarakat yang kritis, inklusif, dan berkeadilan sosial. Untuk mewujudkannya, LP2M menjalankan berbagai program, termasuk Pelatihan bagi Pelatih (TOT) bagi perempuan-perempuan pengurus kelompok di desa-desa dampingan.

Program TOT ini diikuti 20 peserta dari 9 desa di 3 kabupaten: Padang Pariaman, Kepulauan Mentawai, dan Tanah Datar. Materi pelatihannya fokus pada pengorganisasian masyarakat, kepemimpinan perempuan, dan penguatan koperasi sebagai strategi pemupukan modal dan keberlanjutan kegiatan kelompok.

Lebih dari sekadar pelatihan, TOT ini menumbuhkan semangat dan motivasi para peserta. Filosofi “akar rumput” menjadi landasan gerakan penguatan perempuan. Akar rumput, melambangkan kekuatan dasar untuk beradaptasi dan menghadapi berbagai rintangan.

Baca Juga |  Warung-Warung Ikan Asap Tamansari: Menjanjikan Ekonomi dan Wisata Kuliner

Seperti rumput yang kokoh di tengah badai, perempuan pun didorong untuk memiliki jiwa tangguh dan kepemimpinan yang kuat. Filosofi ini mencerminkan ketangguhan perempuan dalam menghadapi berbagai situasi, termasuk dalam proses pengorganisasian masyarakat.

Kemampuan beradaptasi juga ditekankan. Rumput yang tumbuh di berbagai tempat, dari dataran tinggi hingga gurun pasir, menjadi inspirasi. Perempuan didorong untuk fleksibel dan mampu menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi dan tantangan.

Baca Juga |  BUMDes "Guyub Rukun" Pangempon Hasilkan 4,5 Ton Telur Perbulan

Semangat kebersamaan pun menjadi kunci. Seperti tunas rumput yang tumbuh bergerombol, perempuan didorong untuk saling bahu membahu dan mendukung satu sama lain. Kekuatan kolektif inilah yang akan mengantarkan mereka menuju keberhasilan.

Pelatihan LP2M-Sumbar ini menjadi bukti nyata pemberdayaan perempuan di akar rumput. Dengan semangat, motivasi, dan filosofi “akar rumput”, perempuan didorong untuk menjadi agen perubahan dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan inklusif.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 53 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Profil

Menjelajahi Desa Raksasa: Long Sule, Sang Juara Luas di Indonesia

Profil

Ibu PKK Jatijejer Sulap Minyak Jelantah Menjadi Lilin Aromaterapi Bernilai Ekonomis

Profil

Sedekah Bumi Desa Tangsi Duren: Padukan Rasa Syukur, Gotong Royong, dan Semangat Pelestarian Budaya

Profil

Desa Wisata Pentingsari: Dari Dusun Miskin Menjadi Desa Wisata

Profil

Desa Lok Batung: Bukti Nyata Kegigihan Menuju Bebas Stunting

Profil

Semangat Jimpitan Membangun Desa: Kisah Sukses Desa Gunung Makmur

Profil

Water Defender Ponggok: Juru Kunci Keberlangsungan Mata Air

Profil

Pacerakkang: Bukti Nyata Keindahan Kerukunan dan Toleransi