Home / Kabar Daerah

Senin, 16 Agustus 2021 - 11:40 WIB

Menangkal Covid 19 dengan Olahraga Bersepeda Menjelajahi Desa-desa untuk Merekat Jati Diri Bangsa

010 Fandi - Penulis

Foto : Touring Komunitas MTB Bho_Loez West Borneo

Foto : Touring Komunitas MTB Bho_Loez West Borneo

TV Desa News, Kota Pontianak Tampak terasa berbeda dengan perayaan HUT RI  ke 76 Tahun kali ini, karena Negara Indonesia masih dilanda pandemi Covid 19 yg sudah berjalan 2 tahun lebih, apalagi dengan diperpanjangnya masa PPKM sehingga membuat kegiatan yg sering dilakukan oleh masyarakat baik di Kota maupun di Desa untuk urusan perdagangan maupun peningkatan ekonomi lainnya menjadi terhambat dan beberapa kebutuhan Sembako mulai merangkak naik. Untuk menangkal serangan virus Covid 19 Ada beberapa cara yg disarankan yaitu adalah salah satunya dengan berolahraga. Beragam manfaat olahraga yang bisa Anda peroleh, mulai dari memelihara fungsi organ hingga meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga juga baik untuk kesehatan mental Anda.

Apa bisa dengan berolahraga dapat meningkatkan imunitas? Bisa banget loh, bro! Olahraga tuh bukan hanya buat menurunkan berat badan aja, dengan berolahraga kita dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan kemampuan untuk beradaptasi dengan penyakit dan sudah banyak banget jurnal dan penelitian yang menunjukkan dampak positif dari olah tubuh. Beberapa hal ini penting banget untuk jadi modal bertahan hidup dimasa pandemi. Terlalu lama dirumah dan nggak bergerak, kita jadi cenderung nyaman sama kegiatan-kegiatan yang sifatnya sedentary seperti duduk terlalu lama atau rebahan terlalu banyak. Ditambah lagi kalau asupan makanan kita nggak benar. Memang sih bisa terhindar dari virus, tapi kurang aktif bergerak justru bisa meningkatkan risiko penyakit kronis seperti obesitas, penyakit jantung, kanker, penyakit mental, diabetes, dan nyeri pada radang sendi.

Olahraga merupakan salah satu cara paling praktis dan sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi masih sering kali terabaikan. Padahal, dengan berolahraga dan aktif bergerak secara rutin, tubuh dapat lebih bugar dan kesehatan Anda pun akan tetap terjaga. Beberapa hal ini penting banget untuk jadi modal bertahan hidup dimasa pandemi. Hal ini juga sempat dibahas dalam “The Compelling Link Between Physical Activity and the Body’s Defense System” dan diterbitkan oleh Journal of Sport and Health Science. Terdapat temuan bahwa olahraga ternyata bisa meningkatkan imunitas, meningkatkan kesehatan mental, menurunkan risiko penyakit kronis, dan mengurangi peradangan pada organ vital dan seluruh tubuh.

Foto : Touring Komunitas MTB Bho_Loez West Borneo

Olahraga yang melibatkan sebuah resistansi atau beban dapat melatih otot-otot tertentu pada tubuh. Tujuan olahraga adalah melatih otot, baik itu untuk mengencangkan atau menguatkan, bahkan membesarkannya! Nah, salah satu yang paling dianjurkan untuk menambah imunitas adalah strength training. Mengapa? Ternyata olahraga ini dapat memompa darah dengan baik, sehingga sirkulasi darah makin lancar. Sirkulasi darah ini dapat membantu tubuh memproduksi hormon endorphinsuntuk melawan rasa stress. Ingat, salah satu yang bikin kekebalan tubuh turun adalah rasa stress berkepanjangan!.

Sejak pandemi, olahraga bersepeda jadi banyak banget peminatnya. Pantas banget kalau olahraga ini kita nobatkan jadi olahraga untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Olahraga ini cocok banget untuk pemula, karena cukup aman dari risiko cedera otot. Selain itu, olahraga ini bagus banget untuk melatih endurance dan meningkatkan stamina. Bersepeda beda dari olahraga lainnya karena bisa sekalian jadi ajang refreshing dan berjemur dari sinar matahari yang banyak mengadung vitamin D untuk asupan tubuh kita.

Kali ini kami dari komunitas MTB Bho_Loez West Borneo Kota Pontianak pada tanggal 14/8-2021 mengadakan gowes kemerdekaan untuk memperingati HUT RI ke 76 Tahun dengan melewati beberapa Desa-desa yg ada di Kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat dengan jarak kurang lebih 337 km yang dimulai dari rute Kecamatan Pemangkat, Kabupaten Sambas, Kecamatan Subah, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kecamatan Karangan, Kecamatan Sungai Pinyuh dan langsung finish Ke Kota Pontianak.

Foto : Touring Komunitas MTB Bho_Loez West Borneo

Dari sepanjang perjalanan mengayuh sepeda tampak jelas pembangunan jalan nasional dan jalan Kabupaten yg dilakukan oleh Pemerintah Indonesia sudah mulai terlihat seperti jalan yg kami lintasi sepanjang jalan sudah teraspal mulus yg sumber anggarannya menggunakan baik dari APBN, APBD Kabupaten dan APBD Provinsi, hanya ada beberapa rute jalan yang sudah mulai mengalami kerusakan dan berlubang dan belum diperbaiki serta ada juga jalan yang masih belum mengalami pelebaran seperti dimulai dari Kecamatan Subah, kecamatan Sanggau Ledo, Kecamatan Karangan dan sepanjang jalan ini sering sekali terjadi kecelakaan lalu lintas dengan berbagai sebab sehingga menimbulkan korban jiwa. Selain itu juga akses komunikasi seluler sangat susah disepanjang jalan ini kecuali di Ibu Kota Kecamatan dan Ibu Kota Kabupatennya.

Disepanjang jalan, banyak sekali potensi yang dimiliki oleh Desa-desa seperti luas lahan yang masih non produktif dan belum dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat. Andaikan saja baik dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten maupun Pemerintah Desa peduli dan dapat melihat peluang untuk kesejahteraan masyarakat di Desa maka masalah Urbanisasi, peluang pekerjaan maupun kebutuhan pangan di Negara kita pasti bisa teratasi.

Dikesempatan terakhir Komunitas MTB Bho_Loez West Borneo mengucapkan selamat merayakan HUT RI yang ke 76 Tahun bagi masyarakat yang ada di Perdesaan maupun diperkotaan, semoga momentum HUT RI ini kita semua dapat merefleksikan diri sebagai anak bangsa yang turut bersama-sama menggapai dari cita-cita kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan-pahlawan bangsa yang pada saat itu telah susah payah untuk meraih kemerdekaan ini.

Video : Touring Komunitas MTB Bho_Loez West Borneo

Berita ini 86 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Buka Musrenbang Terintegrasi, Gubernur Mahyeldi Jabarkan Delapan Langkah Utama Mewujudkan Mimpi Besar Sumbar 2045*

Kabar Daerah

*Buka Musrenbang Terintegrasi, Gubernur Mahyeldi Jabarkan Delapan Langkah Utama Mewujudkan Mimpi Besar Sumbar 2045*

Kabar Daerah

Apresiasi Masyarakat Gunuang Malintang, Gubernur Mahyeldi Menilai Alek Bakajang Layak Masuk Daftar Kharisma Event Nusantara*

Kabar Daerah

Potensi Cuaca Ekstrem Dapat Mempengaruhi Inflasi, Gubernur Mahyeldi Berharap Seluruh Pihak Terus Tingkatkan Koordinasi*

Kabar Daerah

Dunia Ditengah Ancaman Krisis, Kabais TNI Nilai Sumbar Aman*

Kabar Daerah

PLN berhasil alirkan listrik ke Desa Ngancar di Mabar

Kabar Daerah

Pemkab Biak Dukung Penggunaan Dana Desa Cegah Stunting Anak

Kabar Daerah

Kepala BNPB Imbau Masyarakat Tetap Waspada saat Arus Balik Lebaran 2024