Home / Kabar Desa

Selasa, 24 Agustus 2021 - 15:39 WIB

Mencegah Stunting dan Penyebaran Covid-19 Pemerintah Desa Bonto-Bontoa Menyelenggarakan MMD

Hasan Habibu - Penulis

TV Desa – Bantaeng : Selasa 24 Agustus 2021 pemerintah desa Bonto-bontoa bekerja sama dengan puskesmas moti menyelenggarakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD), dalam kesempatan ini PJ sanitarian PKM Moti Rustan, SKM mengatakan bahwa musyawarah di lakukan sebagai acuan dalam pelaksanaan musrenbang yang akan datang yaitu pengadaan air bersih layak komsumsi bagi masyarakat dalam pencegahan stunting, selain itu pembenahan sanitasi berbasis masyarakat (STBM) meliputi perbaikan jambang dan pembuangan air limbah, memberikan perhatian terkait hal ini salah satu jalan dalam mencegah terjadinya stunting di Desa, pemberian gizi bagi bayi dan ibu hamil serta memeriksa kehamilan secara rutin dan melakukan penimbangan bayi di posyandu.

Kegiatan ini akan di kawal oleh Babinsa dan BhabinKamtibmas serta para kader masyarakat Desa

Selanjutnya puskesmas moti berkomitmen melakukan vaksinasi kepada masyarakat hingga mencapai 80% tuntas tahun ini sehingga dia menyarankan partisipasi dari berbagai pihak untuk melancarkan kegiatan tersebut demi suksesnya cita-cita dan harapan pemerintah dalam menanggulangi bencana nonalam tersebut. Hal ini di lakukan dengan banyaknya warga yang teridentivikasi covid-19 di wilayah kecamatan Tompobulu khususnya. Terupdate selasa, 10 Agustus 2021 sebanyak 63 kasus dan berhasil sembuh sebanyak 52 kasus, satu di antaranya meninggal dan 10 kasus masih di nyatakan positif. Dengan kondisi seperti ini Rustan mengatakan covid-19 bisa teratasi jika masyarakat tetap disiplin dalam protokol kesehatan dan mengikuti 5M yakni Memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air bersih, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan Membatasi mobilitas interaksi dan jangan lupa 3T 1.Testing 2. Trasing dan 3. Treatment yaitu melakukan pengujian, pelacakan untuk di beri tindakan pengobatan dan perawatan bagi orang yang terpapar covid.

Di samping itu pemerintah desa Bonto-Bontoa bapak M. Ridwan dalam dialognya berkomitmen melakukan aksi pencegahan baik covid, stunting, kekurangan gizi bagi balita melalui dana desa, hal ini sesuai kehendak SDGs poin ke 3 DESA SEHAT DAN SEJAHTERA dengan kata lain berusaha agar pelayanan kessehatan mudah di akses oleh warga, bukan saja stunting dan covid tetapi penyakit lainnya yang rawan terjadi seperti TBC, malaria dan yang lain dengan membantu masyarakat menyiapkan BPJS kesehatan bagi keluarga kurang mampu tutup ridwan

Berita ini 106 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Batik Tulis Gemetar Jadi Perhatian Para Tim Penilai Lomba

Kabar Desa

Berhasil Kelola Sampah Desa Randupitu Panen Apresiasi Bergengsi

Kabar Desa

Warga Gampong Suka Damai, Saree, Terima 60 Sertifikat Tanah

Kabar Desa

Persiapan Input Pemutakhiran Data IDM 2024, Pemerintah Kecamatan Puger Gelar Sosialisasi dan Bimtek

Kabar Desa

Gegara Program Rutilahu, Warga Desa Baregbeg Sumringah

Kabar Desa

Lahan Terbatas, Muara Enggelam Adopsi Hidroponik

Kabar Desa

Audit Kasus Stunting Tondowulan, Upaya Temukan Rekomendasi Penanganan Stunting

Kabar Desa

Desa Panaikang Ditetapkan Sebagai Desa Cantik