Home / Kabar Pusat

Selasa, 4 Juni 2024 - 11:33 WIB

Mendes: Jumlah Desa Mandiri Tembus Sebelas Ribu, Lampaui Target RPJMN

@ADMIN 1 - Penulis

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar dalam Rapat Kerja Komisi V dengan Mendes PDTT di Kompleks Parlemen, Jakarta, sebagaimana dipantau melalui kanal YouTube TVR Parlemen, Selasa (4/6/2024).

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar dalam Rapat Kerja Komisi V dengan Mendes PDTT di Kompleks Parlemen, Jakarta, sebagaimana dipantau melalui kanal YouTube TVR Parlemen, Selasa (4/6/2024).

TVDesa – Jakarta : Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyampaikan jumlah desa mandiri di Indonesia dari tahun 2015 hingga saat ini telah mencapai 11.456 desa atau telah melampaui target RPJMN 2024.

“Desa mandiri 2015 itu 174, hari ini sudah 11.456 desa, jadi sudah melampaui target RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2024),” kata Gus Halim, sapaan akrab Abdul Halim Iskandar, dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi V dengan Mendes PDTT di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

Hal tersebut dia sampaikan untuk menanggapi pertanyaan Komisi V DPR RI terkait dengan data terkini jumlah desa mandiri di Tanah Air.

Baca Juga |  Kemendagri: Pemerintah Desa Dituntut Cermat Kelola Dana Desa

Diketahui, RPJMN Tahun 2024 menargetkan desa mandiri di Indonesia mencapai 5.000 desa. Dalam implementasinya, kata Gus Halim, sejak tahun 2015 jumlah desa mandiri mengalami kenaikan yang signifikan yakni dari 174 desa menjadi 11.456 desa atau bertambah 11.282 desa. Saat ini Kemendes PDTT terus mengupayakan menambah jumlah desa mandiri.

Sebelumnya Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (BPSDM PMDDT) Kemendes PDTT Luthfiyah Nurlaela telah menyampaikan bahwa salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk mewujudkan desa mandiri adalah menghadirkan pemberdayaan masyarakat desa.

Baca Juga |  Wamendes Paiman: Metaverse Jadi Terobosan Baru Kenalkan Wisata Desa ke Dunia

“Dalam rangka mewujudkan masyarakat desa yang sejahtera dan desa yang mandiri perlu dilakukan pemberdayaan masyarakat desa, daerah tertinggal, dan transmigrasi,” katanya.

Lebih lanjut dia menyampaikan pemberdayaan masyarakat desa itu dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas pemerintahan dan masyarakat desa. Peningkatan kualitas tersebut, kata dia, dapat dicapai melalui pelatihan, penyuluhan, dan pendampingan dari tenaga profesional kepada masyarakat desa, daerah tertinggal, dan transmigrasi.

Berita ini 4 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Pusat

Gus Halim : Inovasi Kader Digital Bakal Percepat Pembangunan Desa

Kabar Pusat

Kemendes PDTT Raih Penghargaan Kearsipan Kategori Sangat Memuaskan

Kabar Pusat

Konsep Model Bisnis Sosial Untuk Pengembangan Pariwisata Desa

Kabar Pusat

50 Desa Wisata Terbaik ADWI 2024 Diumumkan

Kabar Pusat

3 Desa Wisata Kabupaten Padang Pariaman Masuk 300 Besar ADWI 2024

Kabar Pusat

34 Desa Wisata di Sumatera Barat Lolos 500 Besar ADWI 2024

Kabar Pusat

Desa dengan Air Bersih Didorong Jadi Kesepakatan Global dalam WWF Bali

Kabar Pusat

Gus Halim Dampingi Presiden Jokowi Jamu Pemimpin dan Delegasi KTT WWF ke-10 di Bali