Home / Profil

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:49 WIB

Mengapa Warga Sikabu Ini Syukuri Usaha Ikan Laut Segarnya?

Wawan Hermawan - Penulis

TVDesa – Tanah Datar : Sudah hampir setengah tahun belakangan menggeluti usaha penjualan ikan segar, warga warga Jorong Sikabu Nagari Singgalang ini selalu laris karena sangat ditunggu pembeli.

“Kami sangat bersyukur, karena memang lebih mengutamakan kualitas ikan yang segar untuk pembeli. Ketika memang tidak ada kapal bagan yang menepi, saya memilih tidak mengambil dari stok yang ada di toke,” ungkap Dedi Mulyadi, 43, seorang warga Jorong Sikabu Nagari Singgalang, yang mendapatkan berkahnya pada usaha ikan laut segar.

Dedi berkomitmen untuk selalu menjaga kualitas lebih kurang 100 kilogram ikan yang dijual setiap harinya, dengan cara berkeliling menggunakan kendaraan bermotor dipasangi boks tersebut.

Baca Juga |  Cerita Dari desa Jeblog

“Hanya mengandalkan motor butut itu, Alhamdulillah setiap hari bisa menghabiskan 100 kilogram. Hanya untuk di Singgalang saja, semua yang bisa diangkut maksimal 120 kilogram selalu habis,” tutur Dedi.

Memilih tidak berjualan ketika tidak mendapatkan suplai ikan segar, Dedi mengaku tidak ingin masyarakat mengonsumsi ikan yang sudah terkena pengawet. Untuk memastikan kesegaran ikan jualannya, Dedi menggunakan coolbox yang diisi es dengan air laut.

“Rata-rata 500 kilogram dengan jenis ikan relatif sesuai tangkapan, bisa habis paling lama dalam sepekan. Ini juga hany seputaran nagari saja, karena keterbatasan kemampuan daya angkut dengan kendaraan yang ada,” sebutnya.

Baca Juga |  Kades Menriadi: Kapanpun Jam Berapapun Layani Warga Desa Talang Bulang

Terkait harga penjualan, Dedi juga memilih harga yang lebih rendah dari harga pasar untuk perkilonya. Karena hanya satu-satunya yang menjual ikan laut segar saat ini, kedatangan suplai ikan ke rumahnya selalu diburu warga sekitar sebelum sempat diangkut berkeliling.

“Kalau untuk masyarakat di Singgalang, rata-rata sudah mengetahui ikan laut yang kita bawa terjamin lebih murah dan segar. Selain tidak harus membeli jauh ke pasar, bisa dapat ikan segar yang rasanya lebih nikmat setelah dimasak untuk dimakan bersama keluarga,” pungkas Dedi.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 19 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Profil

Menjelajahi Desa Raksasa: Long Sule, Sang Juara Luas di Indonesia

Profil

Ibu PKK Jatijejer Sulap Minyak Jelantah Menjadi Lilin Aromaterapi Bernilai Ekonomis

Profil

Sedekah Bumi Desa Tangsi Duren: Padukan Rasa Syukur, Gotong Royong, dan Semangat Pelestarian Budaya

Profil

Desa Wisata Pentingsari: Dari Dusun Miskin Menjadi Desa Wisata

Profil

Desa Lok Batung: Bukti Nyata Kegigihan Menuju Bebas Stunting

Profil

Semangat Jimpitan Membangun Desa: Kisah Sukses Desa Gunung Makmur

Profil

Water Defender Ponggok: Juru Kunci Keberlangsungan Mata Air

Profil

Pacerakkang: Bukti Nyata Keindahan Kerukunan dan Toleransi