Home / Siaran Pers

Rabu, 26 Juni 2024 - 14:27 WIB

Menuju Desa yang Lebih Baik: Sinergi Pemerintah dan Masyarakat melalui ToT P3PD

@ADMIN 1 - Penulis

TVDesa – Makassar : Dalam upaya meningkatkan kualitas tata kelola penyelenggaraan desa dan pelayanan dasar, Kementerian Dalam Negeri menyelenggarakan Training of Trainer (ToT) Penguatan Kecamatan di empat provinsi, yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara. Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di empat kota, yaitu Banjarmasin, Samarinda, Makassar, dan Manado.

Meningkatkan Kapasitas Aparatur untuk Desa yang Lebih Baik

Pembukaan ToT di Sulawesi Selatan dilakukan langsung oleh Plh. Direktur Jenderal Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Dr. Drs. Amran MT. Beliau menyampaikan komitmen pemerintah untuk meningkatkan efektivitas 17.000 desa di Indonesia melalui pelatihan yang terstruktur dan fokus pada pengembangan sumber daya manusia.

Tujuan utama ToT ini adalah untuk menyiapkan tenaga pelatih di tingkat kabupaten untuk Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) 1 D. Para pelatih ini nantinya akan memfasilitasi pelatihan bagi aparatur kecamatan dan fasilitator kecamatan di lokasi P3PD Sub Komponen 1D.

Baca Juga |  Soroti Soal Program BLT, Dirjen Bina Desa Ingatkan Ini!

Pelatihan untuk Meningkatkan Pelayanan Dasar di Desa

ToT ini diikuti oleh 120 peserta dari masing-masing provinsi, terdiri dari OPD Inspektorat, Badan Pembangunan dan Perencanaan Daerah, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat.

Selama pelatihan, para peserta akan mendapatkan berbagai materi penting seperti kepemimpinan, kemitraan, manajemen pelatihan, sinkronisasi perencanaan desa dan daerah, pembinaan dan pengawasan, pengelolaan rumah bersama kecamatan, pemanfaatan dashboard, serta praktik melatih dan evaluasi.

Dengan berfokus pada pengelolaan layanan dasar di desa dengan menciptakan belanja desa yang berkualitas, diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap P3PD sub komponen 1D. Program ini bertujuan untuk menyinergikan prakarsa masyarakat (bottom-up) dengan program/kegiatan yang ditetapkan pemerintah, sehingga tercipta keseimbangan antara permintaan dan penyediaan pelayanan dasar di pedesaan.

Baca Juga |  LaNyalla Ajak Kades Bangkitkan Ekonomi Warga Lewat Momen Ramadan

Sukses ToT untuk Desa yang Maju

Keberhasilan pelatihan ini diukur melalui tersedianya tenaga pelatih dari aparatur kabupaten yang akan memfasilitasi pelatihan bagi aparatur kecamatan. Dengan pelaksanaan ToT yang efektif, diharapkan para pelatih tidak hanya meneruskan pelatihan, tetapi juga mampu mendorong seluruh pemerintahan desa untuk bekerja lebih baik dan maju dalam memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 6 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Siaran Pers

Gus Halim Ajak Tokoh Adat Terlibat dalam Pengentasan Daerah Tertinggal

Siaran Pers

Kemendes PDTT: Dana Desa Pemenang TTGN Bakal Bertambah

Siaran Pers

Dirut LPDP Sebut SDGs Desa Jadi Panduan Pembangunan Komprehensif

Kabar Daerah

Penuh Haru! Momen Saat Tim KKN UIN SAIZU Membersamai Muslimat NU Santuni Yatim Piatu

Siaran Pers

Kemendes PDTT: Teknologi Tepat Guna Implementasi SDGs Desa Ke-9

Siaran Pers

TTGN Ke-25, Gus Halim: Kolaborasi Pemasaran Kunci Keberlanjutan Teknologi Tepat Guna

Siaran Pers

Kepala BKKBN Minta Kades Perhatikan Sanitasi yang Tidak Layak

Siaran Pers

Gus Halim: Ciri Khas Teknologi Tepat Guna Adalah Kearifan Lokal dan Berkelanjutan