Home / Kabar Desa

Rabu, 10 Juli 2024 - 10:30 WIB

Menuju Generasi Bebas Stunting, Desa Nakau Gencarkan Upaya Pencegahan

TVDesa News - Penulis

TVDesa – Bengkulu Tengah : Upaya pencegahan stunting di Desa Nakau, Kecamatan Talang Empat, terus digencarkan. Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bengkulu Tengah mengadakan kegiatan pembinaan Poktan (Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Lansia, Pik R uppka) dan Pendamping Keluarga Pencegahan Stunting, Pendamping Lokal Desa Desa Nakau.

Kegiatan yang dihadiri oleh Kades Nakau Elvi Febrianti, jajaran BPKB Kec Talang Empat, penyuluh KB, bidan desa Nakau, dan Penyuluh Kb Yopy Haryani, S.Pd. ini menandakan komitmen bersama dalam memerangi stunting dan mewujudkan generasi sehat dan cerdas di Desa Nakau.

Dalam sambutannya, Kades Elvi Febrianti menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan ini. Beliau meyakini bahwa kegiatan ini sangatlah penting untuk membekali Poktan dan Pendamping Keluarga dengan pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam upaya pencegahan stunting di desanya.

Baca Juga |  RKPDes Nakau 2024 Ditetapkan,Meskipun Pagu DD Belum Keluar

“Melalui kegiatan ini, saya harap Poktan dan Pendamping Keluarga dapat lebih memahami peran dan fungsinya dalam pencegahan stunting, sehingga dapat memberikan edukasi dan pendampingan yang lebih maksimal kepada keluarga di Desa Nakau,” ujar Elvi Febrianti.

Senada dengan Kades, Koordinator Penyuluh KB Kecamatan Talang Empat, Ir.Buyung Taswin S.Pd., menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas Poktan dan Pendamping Keluarga dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam upaya pencegahan stunting secara komprehensif.

“Dengan saling bersinergi dengan pemerintah desa dan lintas sektor, diharapkan Poktan dan Pendamping Keluarga dapat berperan aktif dalam pencegahan stunting di Desa Nakau, sehingga dapat menurunkan angka stunting di desa tersebut,” ungkap Buyung

Baca Juga |  Pemerintah Desa Nakau, Salurkan BLT DD Tahap Pertama 2023

Kegiatan ini dikemas dengan materi-materi yang relevan, seperti pencegahan stunting, peran Poktan dan Pendamping Keluarga, serta strategi edukasi dan pendampingan keluarga. Tak hanya itu, sesi diskusi dan sharing pengalaman juga dihadirkan untuk memperkaya wawasan dan memperkuat kolaborasi antar peserta.

Upaya pencegahan stunting di Desa Nakau ini merupakan langkah nyata dalam mewujudkan generasi penerus yang sehat, cerdas, dan bebas stunting. Dengan komitmen dan kerjasama dari semua pihak, diharapkan Desa Nakau dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam memerangi stunting dan mewujudkan Indonesia yang bebas stunting.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 38 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Warga Dusun Gading Desa Pandanwangi Kecamatan Diwek Jombang Adakan Kirab Gunungan Hasil Bumi Keliling Kampung Untuk Memeriahkan Sedekah Dusun

Kabar Desa

Kenduri Swarnabhumi: Ratusan Ibu di Batanghari Lestarikan Kuliner Tradisional Berengkes Ikan

Kabar Desa

Kembangkan Potensi Desa Cermee, Mahasiswa KKN UNEJ Dirikan Klinik UMKM

Kabar Desa

Kampung Pengawasan Partisipatif Desa Mekarjaya Pilih Kentongan Jadi Ikon

Kabar Desa

Desa Telaga Itar Berikan Beasiswa, Bangkitkan Semangat Belajar 45 Siswa Berprestasi!

Kabar Desa

Desa Wisata Golo Loni Raih Prestasi Nasional, Terhambat Jaringan Internet

Kabar Desa

Petani Jayaputra Beroleh Bantuan Pompa Air, Musim Kemarau Tak Lagi Jadi Kendala

Kabar Desa

Warga Dusun Bunut Bersorak Bahagia, Sumur Bor 110 Meter Atasi Krisis Air Bersih