Home / Kabar Desa

Sabtu, 8 Juli 2023 - 06:29 WIB

Meriahnya Upacara Tradisi Wu’u Nuran di Desa Balawelin Kecamatan Solor Barat Kabupaten Flotim

Asis Francis - Penulis

Salah satu bagian ritual adat Wu'uun Nuran di Desa Balawelin, Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flotim

Salah satu bagian ritual adat Wu'uun Nuran di Desa Balawelin, Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flotim

TVDesanews- Flores Timur – Kabupaten Flores Timur, Propinsi Nusa Tenggara Timur memiliki beragam tradisi budaya daerah yang merupakan bagian dari identitas yang melekat secara turun temurun.

Sebut saja, tradisi Wu’u Nuran, salah satu tradisi yang diselenggarakan lima tahun sekali di desa Balawelin Kecamatan Solor Barat.

Pada tahun 2023 ini, kembali digelar ritual adat Wu’u Nuran oleh masyarakat desa Balawelin, Kecamatan Solor Barat yang dimulai pada 4-7 Juli 2023.

Perayaan tradisi ini merupakan perayaan syukur atas hasil panen yang dilakukan masyarakat Balawelin dalam kurun waktu lima tahunan, yang didahului dengan ritual Proik Kerya beberapa waktu sebelumnya.

Warisan kebanggaan masyarakat di Pulau Solor ini, tetap terjaga dan bertahan hingga kini dan telah menjadi sebuah wahana pembuktian eksistensi diri.

Sebagai sebuah warisan yang selalu dijunjung tinggi dan sebagai karya intelektual dan batiniah, tradisi Wu’u Nuran digelar untuk menghormati kekuatan leluhur (Bapa kelake lera wulan dan Ema Kewae Tana Ekan ) yang menjadi representasi Tuhan Yang Maha Esa. Wujud syukur masyarakat desa Balawelin ini dilakukan tepat pasca panen hasil kebun musim 2023.

Baca Juga |  Umat Muslim di Lewolema Gelar Ibadah Sholat Idul Adha di Halaman Masjid Al-Jihad Desa Pepakgeka
Penjabat Bupati Flores Timur, Drs.Doris Alexander Rihi, M.Si dan Raja Larantuka Don Tinus DVG hadiri acara ritual adat Wu’u Nuran di desa Balawelin, Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flores Timur,NTT

Penjabat Bupati Flores Timur, Drs. Doris Alexander Rihi,M.Si, yang turut menghadiri acara akbar yang bernilai keadatan tersebut, mengungkapkan rasa bahagia karena adanya kebersamaan dalam suku Balawelin melalui ritual adat Wu’u Nuran dan menjadi salah satu kekuatan membangun Flores Timur.

Penjabat Bupati Flores Timur, bahkan menilai pertemuan dalam kebersamaan dalam ritual adat Wu’uun Nuran menjadi hal yang dibutuhkan dalam membangun Flores Timur, khususnya di Pulau Solor.
Doris Rihi pada kesempatan itu mengajak masyarakat desa Balawelin dengan sentakan yel-yel “Balawelin Subur, Balawelin Maju, Balawelin Jaya”.

Tradisi Wu’u Nuran ini, didahului dengan menghantarkan sejumlah hewan kurban dan hasil panen yang disebut Uma Gere pada 4 Juli 2023.

Sebagai puncak ritual, dilaksanakan perayaan ekaristi inkulturatif di Kapela Maria Reinha Balawelin, dilajutkan dengan pemotongan hewan kurban dan adat, perarakan nasi tumpeng dalam pawai adat oleh tiap komunitas adat balawelin ke rumah adat yang terjadi pada 6 Juli 2023, dan acara ditutup dengan tradisi menurunkan bendera atau Lepe Lian-Lulun Nama dan Lok Bendera.

Baca Juga |  BUMDes Sumber Arto Desa Kenteng Kembangkan Wisata Desa Melalui Capacity Building

Yang menarik dari perayaan syukur ini, hadir pula Tokoh Kerajaan Larantuka, Don Tinus DVG yang bersama masyarakat desa Balawelin mendaraskan syukur dalam tradisi Wu’u Nuran .

Raja Larantuka pada kesempatan tersebut, mengungkapkan bahwa perayaan syukur ini, bertepatan dengan 64 tahun sejak diserahkannya patung Reinha dari Kerajaan Larantuka kepada masyarakat Balawelin khsusnya di

Pulau Solor secara umum. Eksistensi spiritualitas ini kemudian berkembang menjadi sesuatu yang luar biasa bagi masyarakat Balawelin.

Raja Don Tinus DVG turut mengajak masyarakat Balawelin untuk sama-sama menjaga tradisi dan mewariskan adat budaya sehingga generasi berikutnya ikut melestarikan adat dan budaya, serta mempererat hubungan dan mempersatukan kita semua. Raja Don Tinus DVG mengapresiasi atas penghargaan dan upaya pelestarian warisan budaya Wu’u Nuran ini.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 30 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Tenongan : Tradisi Yang Masih Lestari Hingga Saat Ini

Kabar Desa

Empat Desa di Abang Laksanakan Nyepi Adat, Sekolah dan Toko Tutup

Kabar Desa

Cipakat Maju Menuju Desa Sadar Hukum: Wujudkan Masyarakat Patuh Hukum

Kabar Desa

Penanggal Rayakan Grebeg Ambengan: Syukur, Budaya, dan Semangat Desa

Kabar Desa

Semangat Gotong Royong Semarum Wujudkan Desa Bersih

Kabar Desa

Siap Hadapi Bencana, Desa Les Bidik Juara ADWI 2024

Kabar Desa

Gunungan Hasil Bumi Diarak, Semarak Sedekah Dusun Gading Jombang

Kabar Desa

Berengkes Ikan: Semangat Ibu Lestarikan Kuliner Khas Batanghari