Home / Kabar Desa

Selasa, 25 Juni 2024 - 21:20 WIB

Monitoring dan Evaluasi Tata Kelola Pemerintahan Pekon di Pringsewu, Digelar

016 Arman - Penulis

TVDesa – Pringsewu : Aula Kantor Camat Banyumas menjadi saksi bisu semangat para pemangku kepentingan dalam memajukan desa di wilayahnya. Acara Monitoring dan Evaluasi (Monev) tata kelola pemerintahan Pekon di Kecamatan Banyumas, Kabupaten Pringsewu, Lampung, pada 24 Juni 2024, dihadiri oleh seluruh Kepala Pekon, Aparatur Pekon, TAPM, Pendamping Desa, dan Pendamping Lokal Desa.

Kasmini, SE., mewakili Kepala Dinas DPMP Kabupaten Pringsewu, didampingi Camat Banyumas, membuka acara dengan harapan besar terhadap seluruh Pekon di Kecamatan Banyumas. “Saya harap seluruh Pekon di sini mampu menerapkan dan memahami regulasi yang ada, serta menjalankan roda pemerintahan Pekon dengan baik,” tuturnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Dr. Can Khoirul Anwar, M. Pd.I., selaku Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Pringsewu Lampung, menyampaikan target ambisius dalam sambutannya. “Tahun depan, 2025, saya harap 11 Pekon di Kecamatan Banyumas mencapai status Mandiri,” tegasnya.

Baca Juga |  Malam Penganugrahan Lomba Film & Da'i Pringsewu

Khoirul optimis dengan potensi yang dimiliki beberapa Pekon di Banyumas. “Pekon Sukamulya, Sriwungu, dan beberapa pekon lainnya memiliki potensi besar untuk menjadi Pekon Mandiri,” ungkapnya.

Menurutnya, kunci untuk mencapai kemandirian Pekon terletak pada peningkatan kapasitas kader dan aparatur desa, serta pengembangan BUMDes yang aktif dan menghasilkan PAD Pekon. “BUMDes harus aktif dan terdaftar Badan Hukum, serta mengembangkan Unit Usahanya,” jelas Khoirul.

Selain itu, Khoirul menekankan pentingnya tiga aspek komposit dalam meningkatkan skor Indeks Desa Membangun (IDM):

  • Indeks Ketahanan Sosial (IKS): Diperlukan percepatan penurunan stunting, dengan menggerakkan Rumah Pekon Sehat (RPS) sebagai motor penggerak.
  • Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE): Fokus pada pengembangan BUMDes, termasuk keaktifan dan legalitasnya, serta perkembangan Unit Usahanya.
  • Indeks Ketahanan Lingkungan (IKL): Membuka jalan evakuasi, pengadaan alat pemadam kebakaran, dan alat penanggulangan bencana lainnya.
Baca Juga |  Pemerintah Desa Mallasoro Laksanakan Musrenbang

“Dengan meningkatkan ketiga aspek ini, Pekon di Kecamatan Banyumas dapat meningkatkan skor IDM dan mencapai status Desa Mandiri,” pungkas Khoirul.

Monev ini diharapkan menjadi acuan bagi Pekon-Pekon di Kecamatan Banyumas untuk terus meningkatkan kinerjanya dan mencapai kemandirian desa. Semangat kolaborasi dan sinergi antar pemangku kepentingan menjadi kunci utama dalam mewujudkan cita-cita mulia ini.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 13 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Perbaiki Saluran Irigasi dan Jalan Desa, Upaya Tamansari Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Kabar Desa

BUMDes Gampong Lamjabat Hadirkan Pupuk Kohe Sapi Fermentasi Ramah Lingkungan

Kabar Desa

Bantu Ternak Sapi ke BUMDes, Kades Batu Belubang Dorong Pengembangan Peternakan

Kabar Desa

Gombolharjo Gelar Rembug Stunting, Upaya Gencarkan Pencegahan dan Penurunan Stunting

Kabar Desa

BLT Dana Desa Bulan Ketujuh 2024 Cair di Desa Tengah Padang

Kabar Desa

Ini, Cara Desa Gambiran Gunakan Volley Untuk Promosikan Wilayah

Kabar Desa

Jenggawah Bersatu Maju: Musyawarah Antar Desa Membahas Pemanfaatan Potensi Desa

Kabar Desa

Air Bersih Mengucur di Sindangheula, Wujud Kolaborasi dan Kepedulian