Home / Kabar Desa

Kamis, 11 Juli 2024 - 12:53 WIB

Musdes Manggisan 2024, Siapkan Program Desa 2025

@ADMIN 1 - Penulis

TVDesa – Jember : Musyawarah Desa (Musdes) Manggisan, Rabu (10/7/2024), menghasilkan rumusan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2025. Agenda tahunan ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Desa Manggisan Mohamad Holili, perangkat desa, BPD, TP.KK Desa, Babinkamtibmas, Babinsa, LPM Desa, Bidan Desa, Pendamping Desa, KPM, RT/RW, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna, dan Kelompok Tani.

Mohamad Holili dalam sambutannya menyampaikan bahwa RKPDes merupakan penjabaran dari RPJM Desa untuk periode satu tahun. RPJM Desa sendiri merupakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa yang memiliki periode 6 tahun. Dengan adanya penambahan masa jabatan Kepala Desa 2 tahun, maka RPJMDes diperpanjang dari 2019-2025 menjadi 2019-2027. Hal ini dilakukan agar usulan dari masyarakat dapat tercover secara merata.

“RKPDes menjadi dasar penyusunan dan penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) yang akan diusulkan Pemerintah Desa kepada Kabupaten melalui mekanisme perencanaan pembangunan daerah. Selain itu, infrastruktur yang sudah diajukan namun belum dilaksanakan akan dikerjakan di tahun 2025,” imbuhnya.

Baca Juga |  Motif Bambu dan Warna Alam Jadi Potret Batik Unik Desa Sumbermujur Lumajang

Kehadiran RT/RW sebagai perwakilan masyarakat di wilayahnya masing-masing, juga mendapatkan perhatian khusus dari perwakilan kecamatan.

“RT/RW sebagai perwakilan masyarakat diharapkan sudah memiliki usulan yang akan disampaikan. Dalam pembangunan RT/RW juga ikut berperan dalam pengawasan pembangunan infrastruktur agar dapat terlaksana dengan baik,” saran Suyono, perwakilan Kecamatan.

Senada dengan Suyono, Ketua BPD Abdul Gafur juga menekankan peran RT/RW dalam Musdes. Ia berharap Musdes ini dapat menghasilkan usulan terkait program pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia (contoh: Rembuk Stunting), dan adanya Tim Penyusun RKPDesa yang ikut andil juga.

“Dalam Musdes ini RT/RW merencanakan pengusulan terkait program pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia (Contoh : Rembuk Stunting), dan adanya Tim Penyusun RKPDesa yang ikut andil juga,” sarannya.

Baca Juga |  Dukung Program Desa Cantik, BPS Ngawi Ajak Koordinasi 4 Desa Ini

Setelah penyampaian sambutan, acara dilanjutkan dengan pemaparan RKPDes Tahun Anggaran 2025 oleh Sekretaris Desa Umar. Para peserta musdes bersama-sama mencermati poin-poin penting dalam RKPDesa. Sesi diskusi pun dibuka untuk mencapai satu pemahaman yang hakiki. Usulan-usulan yang belum terealisasi pada tahun ini akan diajukan kembali di tahun mendatang.

Musdes Manggisan 2024 diharapkan dapat menghasilkan program pembangunan desa yang tepat sasaran dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Dengan partisipasi aktif dari semua pihak, diharapkan pembangunan Desa Manggisan dapat berjalan dengan lancar dan mencapai tujuan yang diinginkan.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 11 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Jembatan Merah Putih Pembuka Isolasi Dusun Karangsari

Kabar Desa

Air Hujan Jadi Andalan Warga Muara Pantuan dengan Gama Rain Filter

Kabar Desa

KKNT IPB: Mengubah Resin Jadi Pundi-pundi Ekonomi Desa Tugubandung

Kabar Desa

Cisaat Masuk 50 Besar ADWI 2024, Siap Menjadi Desa Wisata Edukasi Berkelas Dunia

Kabar Desa

Pasar Simpang Tiga Bangkit Kembali Di Bawah Pengelolaan Desa

Kabar Desa

Kidung Buhun dan Semangat Gotong Royong Warnai Babarit Lembur Desa Cageur

Kabar Desa

Mainai Optimalkan Dana Desa Untuk Benih Jagung dan Pupuk Cair

Kabar Desa

Dana Desa Bawai: Jalan Mulus, MCK Baru, dan Kesejahteraan Meningkat