Home / Kabar Desa

Jumat, 17 September 2021 - 21:46 WIB

Musdessus Anak : Dari Desa, membangun Tunas-tunas Bangsa

Hasan Habibu - Penulis

TV Desa – Bantaeng : Dalam rangka pelaksanaan progres pembangunan tahunan khususnya di Desa, Pemerintah Desa Pattallassang, beserta BPD (Badan Permusyawaratan Desa), menyelenggarakan Musdes (Musyawarah Desa), Kamis 16/09/2021. Musdes Anak dan disabilitas salah satu dari beberapa rangkaian Musyawarah yang di laksanakan, untuk mendengar aspirasi anak dalam agenda penyusunan Rancangan Kegiatan Pemerintah desa (RKPDes) tahun anggaran selanjutnya.

Hadir beberapa anak utusan dari sekolah-sekolah, mulai dari SD hingga Menengah Atas, dengan total jumlah tiga puluh orang. Musyawarah di pandu oleh forum Anak Butta Toa Bantaeng, sebagai wadah pembinaan anak Indonesia.

Kepala Desa Subhan, SE MM, menyatakan dalam sambutannya, bahwa Musdes anak, untuk memberikan ruang bagi mereka, selain sebagai wadah mencurahkan harapan terhadap pemerintah, Musdes khusus anak merupakan zona edukasi dalam membentuk karakter anak dalam proses pertumbuhan. Sambutan lain berasal dari pendamping Lokal Desa (PLD), Hasan habibu, S.Pd mengatakan, anak dan penyandang disabilitas memiliki hak tertentu yang wajib di dengar oleh pemerintah, untuk mengetahui hal tersebut mereka di siapkan wadah untuk menyampaikan aspirasinya, walaupun dalam hal musdes anak dan disabilitas tidak di sebutkan secara spesipik sebagaimana di permendesa PDTT no 16/2019 tentang Musyawarah Desa, namun lebih mengarah sebagai terobosan Inovasi bagi Desa yang menyelenggarakan.

Turut hadir, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak, di wakili ibu Rusda, S.Sos, dalam uraiannya, Anak merupakan aset yang di siapkan untuk masa depan bangsa, hak mereka sama dengan yang lain, walaupun dalam bentuk berbeda, terkait pendidikan, tempat bermain dan kebutuhan lain yang bersipat mengedukasi, Pemerintah harus hadir dalam masa perkembangan ana dan memenuhi kebutuhan mereka, di antaranya pemberian gizi dan vitamin sebagai pelengkap nutrisi untuk membentuk anak cerdas indonesia.

Selanjutnya diskusi di lakukan, di pandu oleh Forum anak Butta Toa bantaeng, di awali dengan dongeng, bernyanyi, dan bercerita, tampak senyum dan keceriaan terpancar di raut muka para anak, walaupun masih ada di antaranya kelihatan nampak malu dan membisu, namun dengan keramahan yang di persembahkan oleh kakak pembina, mereka bisa menyusuaikan diri. lugu dan kepolosan anak berangsur menghiasi suasana yang di iringi canda dan tawa

Berita ini 84 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Usai Lebaran, BUMDes Dapat Tingkatkan Modal Lewat Investasi

Kabar Desa

Kemendes PDTT: Lebih dari 900 BUMDes Sudah Miliki Nomor Induk Berusaha

Kabar Desa

Kegiatan Posyandu Lansia Dusun Branjang Desa Sidokerto Kecamatan Mojowarno Wujudkan Masa Tua Lansia Yang Bahagia, Sehat, Mandiri Dan Berdayaguna

Kabar Desa

Desa Darsono, Rerata Panen Padi Organik 6 Ton Per-Hektar

Kabar Desa

Pemdes Pattiroang Realisasikan Jalan Tani Ma’lete

Kabar Desa

Dibangun Tahun 2023, TPT Desa Teba jawa Jebol Diterjang Banjir Bandang

Kabar Desa

Desa Loa Janan Ulu Fokuskan APBDes Pada Pembangunan Kantor Desa Baru

Kabar Desa

Bappenas Bersama Kementerian/Lembaga Segera Luncurkan Indeks Desa