Home / Kabar Desa

Jumat, 14 Oktober 2022 - 20:02 WIB

Hujan Interupsi, Warnai Musrenbangdes Suro Baru

M. Yamin - Penulis

TVDesa – Aceh Singkil: Musyawarah¬†Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Kampung Suro Baru telah di gelar, Jum’at 14 Oktober 2022.

Turut hadir dalam acara tersebut, Marfiansyah, Kasi PMD Kecmatan Suro Makmur, Amat Suhaimi, Babinsa Suro Baru, Marliansyah, Babinkamtibmas Suro Baru, Unsur Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Sulaiman Ibrahim, Pendamping Desa, M. Yamin, Pendamping Lokal Desa, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tomas, Pemuda dan sejumlah unsur lainnya.

Musrenbangdes itu sendiri dilaksanakan berdasarkan Surat KemendesPDTT dan Transmigrasi Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Pembangunan Dana Desa Tahun 2023.

Dalam cara tersebut berjalan dengan alot dan perdebatan yang hebat di acara Musyawarah yang di gelar di Balai Desa seharusnya dimuli pukul 10:00 molor menjadi Pukul 11:20 hingga di skor dilanjutkan kembali setelah Pukul 14:30 wib.

Baca Juga |  Pentingnya Peran Aktif Desa Siaga Di Masa Pandemi

Herman yang akrab dipanggil let, adalah salah seorang peserta musrenbangdes mempertanyakan jumlah peserta rapat, apakah acara ini sudah memenuhi syarat dan ketentuan Musrenbangdes, sebut Herman.

Kemudian salah seorang TPP (Sulaiman Ibrahim) menjawab, apabila sudah memenuhi unsur yang dipersyaratkan dari ketentuan Musyawarah baru boleh dilanjutkan, maka apabila belum memenuhi harus dipenuhi sesuai dengan Peraturan KemendesPDTT dan Transmigrasi Nomor 16 Tahun 2019 tentang Musyawarah Desa Pasal 10, ujarnya.

Kasi PMD Marfiansyah menambah, untuk penggunaan Dana Desa di tahun anggaran 2023, harus ada penambahan penyertaan modal BUMDes, karena BUMDes inilah nantinya yang dapat membantu usaha, menambah modal usaha masyarakat di Desa ketika nanti Dana Desa sudah berakhir, Jelasnya.

Baca Juga |  Kejar Percepatan, Desa Pertama Salurkan BLT-DD Hingga Agustus

Diakhir acara, Khairul Anwar (Sekdes) menyimpulkan prioritas pembangunan Kampung tahun 2023 diantaranya; Rehab gedung TPA, Pembangunan/ Rehab MCK, Operasional Becak Sekolah PAUD, perlengkapan olah raga, kebutuhan posyandu, penambahan giji anak stunting, penambahan giji balita, usila dan seragam kader dan kebutuhan kader kesehatan, dll.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 55 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Empat Desa di Abang Laksanakan Nyepi Adat, Sekolah dan Toko Tutup

Kabar Desa

Cipakat Maju Menuju Desa Sadar Hukum: Wujudkan Masyarakat Patuh Hukum

Kabar Desa

Penanggal Rayakan Grebeg Ambengan: Syukur, Budaya, dan Semangat Desa

Kabar Desa

Semangat Gotong Royong Semarum Wujudkan Desa Bersih

Kabar Desa

Siap Hadapi Bencana, Desa Les Bidik Juara ADWI 2024

Kabar Desa

Gunungan Hasil Bumi Diarak, Semarak Sedekah Dusun Gading Jombang

Kabar Desa

Berengkes Ikan: Semangat Ibu Lestarikan Kuliner Khas Batanghari

Kabar Desa

Kembangkan Potensi Desa Cermee, Mahasiswa KKN UNEJ Dirikan Klinik UMKM