Home / Kabar Daerah

Rabu, 12 Juni 2024 - 05:16 WIB

Ngabab Jadi Desa Terbaik Se Jatim Gegara Kampung Batik “Sebo”

@ADMIN 1 - Penulis

TVDesa – Malang : Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang mendapatkan penghargaan tingkat Provinsi Jawa Timur Predikat Terbaik I Kategori Desa Pelaksana Gotong Royong.

Beberapa inovasi kreatif menjadi pendukung prestasi desa tersebut. Lomba ini bertepatan dengan Puncak Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 52 Provinsi Jawa Timur.

Bupati Malang M Sanusi mengapresiasi hasil kerja keras warganya tersebut. Kemenangan ini karena hasil dari presentasi desa menunjukkan kondisi yang nyata di lapangan. ”Karena Desa Ngabab berhasil memenuhi indikator-indikator yang ditentukan oleh tim penilai dari Pemerintah Provinsi Jatim,” katanya.

Ada beberapa indikator yang berhasil dipenuhi Desa Ngabab. Antara lain, Indikator Kemasyarakatan; Indikator Ekonomi; Indikator Sosial budaya dan keagamaan; ⁠Indikator Kesehatan dan lingkungan. Selain itu, sektor unggulan juga menjadi nilai tersendiri dalam mendongkrak nilai peserta.

Baca Juga |  Gebrak Gotong Royong Desa Langkap : Pemerintah Desa Menerima Bantuan Mobil Layanan Masyarakat

Sedangkan potensi dan unggulan yang ada di Desa Ngabab antara lain Pengelolaan sampah terpadu, Pos pelayanan terpadu ILP dan jiwa. Beberapa Wisata edukasi berbasis pertanian dan peternakan, Kelompok kesenian. Kegiatan sosial Donor darah sebulan 2 kali dan pembangunan masjid berbasis swadaya masyarakat. ”Kampung Batik dengan ciri khas batik “Sebo” dengan motif sayur dan ternak,” imbuh Sanusi.

Sanusi berharap dengan keberhasilan desa Ngabab, desa lain turut bergerak untuk menjadi desa yang terus berkembang. Karena setiap desa di Kabupaten Malang pasti mempunyai potensi yang luar biasa dan menarik.

Baca Juga |  Gelar Festival Desa Wisata, Boyolali Promosikan Potensi Pariwisata

Desa Ngabab menyisihkan desa-desa yang menjadi pesaingnya. Predikat terbaik II diraih Desa Pajeng, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro. Terbaik III Desa Krandegan, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun. Terbaik IV Desa Gedeg, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto. Terbaik V Desa Petahunan, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang.

Sedangkan Kategori Kelurahan, terbaik I diraih Kelurahan Rembang, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, terbaik II Kelurahan Kapasari, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, dan terbaik III Kelurahan Manisrejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 9 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Likwatang Gelar Turnamen Sepak Bola U-23 “Likwatang CUP”

Kabar Daerah

Presiden Dan Ibu Iriana Hadiri Peringatan Hari Kebaya Nasional

Kabar Daerah

Tumbang Mangkutup Wakili Kapuas Berlaga di Lomba Desa Tingkat Provinsi

Kabar Daerah

Kudus Kembangkan Desa Antikorupsi, Cegah Penyelewengan Dana Desa

Kabar Daerah

Presiden Dan Ibu Iriana Tinjau Pemberian Vaksin Polio Di Jayapura

Kabar Daerah

33 Kepala Desa di Sabu Raijua Emban Masa Jabatan 8 Tahun

Kabar Daerah

Perangi Stunting, TP-PKK dan DWP Buton Bersinergi di Desa Sampuabalo

Kabar Daerah

Tingkatkan Kapasitas, Aparatur Desa dan BPD Aru Tengah Siap Kembangkan Desa