Home / Kabar Desa

Rabu, 29 September 2021 - 20:41 WIB

Ngopi Bareng Ala Simojayan

#Dian Purnama Putra - Penulis

TV Desa – Malang : Gelar acara Ngopi Bareng pada setiap Dusun  yang di fasilitasi oleh Pemuda dan Pemudi Desa yang terlibat sebagai Tim Penyusun RKP Desa, dilaksanakan di Dusun Putukrejo Desa Simojayan Kecamatan Ampelgading, Senin 27/9/2021.

“Kegiatan ini kita lakukan agar Aspirasi untuk perencanaan pembangunan dan pemberdayaan Desa di tahun 2022 berbasis kebutuhan masyarakat bukan lagi kepentingan”, ujar Cak Holili, Kepala Desa Simojayan.

Giat ngopi Bareng tersebut  dihadiri oleh  warga dusun dari semua lapisan masyarakat dan perwakilan dari unsur perempuan hingga kalangan menengah ke bawah. Hal tersebut, seperti dilansir dari malangsatu, merupakan upaya desa Simojayan mewujudkan Desa Inklusif dalam perencanaan pembangunan, sehingga Ngopi Bareng dijadikan sebagai media menjaring aspirasi warga.

Baca Juga |  Inilah Desa Pertama di Aceh Tenggara Yang Membentuk Baitul Mal

Dalam kesempatan tersebut, Cak Holili (Kades) menyampaikan bahwa dengan digelarnya acara ngopi bareng ini, warga Simojayan mempunyai hak yang sama dan dengan mudah menyampaikan usulanya.

“Setelah usulan tersusun semua akan kita nilai dengan rumusan skala prioritas, program atau kegiatan yang berdampak bagi pertumbuhan ekonomi Masayarakat di Desa yang akan kita anggarkan di tahun 2022”, terangnya.

Sementara itu, Edi Eni W sebagai Pendamping Lokal Desa ( PLD ) Desa Simojayan mengatakan bahwa siklus pembangunan Desa yang pada bulan ini September 2021, waktunya Desa melakukan proses penyusunan RKP Desa.

“Salah satunya Desa Simojayan kita dorong agar lebih Inklusif, kita kemas dengan acara Ngopi Bareng melalui undangan terbuka bagi warga serta mengikutsertakan seluruh kalangan dengan posisi yang sama sebagai warga Desa dalam menyampaikan usulan dan masukan, sehingga dokumen RKP Desa menjadi berkualitas”, jelasnya.

Baca Juga |  Gebyar Desa 2022 Perdana Dari Wanajaya

Dia berharap dengan adanya kegiatan ngopi bareng ini, perencanaan dan pembangunan di Desa Simojayan akan semakin transparan dan lebih baik lagi.

Berita ini 201 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Biayai Kegiatan Warga, Kenokorejo Gunakan Reward PBB

Kabar Desa

Pemdes Pattiroang Bentuk Tim RKPDes anggaran 2025

Kabar Desa

LPPM UNAND Berdayakan Masyarakat Kelompok Tani Sukma Jaya dengan Pupuk Organik Ciban

Kabar Desa

Didaulat Jadi PPID Desa, Ini Manfaatnya Bagi Warga Desa Tukum

Kabar Desa

Sosialisasikan Bahaya Narkoba Bagi Anak, Pemdes JerukPurut Kolaborasi Sama BNN

Kabar Desa

HUT Ke-17 BUM Desa Binangun Danareja Mandiri Salurkan Bantuan Kepada Anak-anak Yatim

Kabar Desa

Peringati Hari Lahir Pancasila, Desa Wonosari Gelar Upacara dan Gelar Seni Budaya

Kabar Desa

Pemdes Sungai Ulak Salurkan Bansos Beras 10 Kg