Home / Kabar Desa

Jumat, 27 Agustus 2021 - 11:23 WIB

Optimalkan Pelayanan Warga, 17 Desa Ikut Pelatihan Jurnalistik Desa

009 Setiyo Haryono - Penulis

TV Desa – Purbalingga :.Sebagai upaya peningkatan keterbukaan informasi publik dan pelayanan masyarakat, Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Kaligondang Purbalingga, mengadakan pelatihan jurnalistik desa yang diikuti perangkat operator Sistem Informasi Desa (SID) di kecamatan Kaligondang.

Pelatihan yang diikuti sebagian perangkat baru, tidak hanya belajar mengenai pengisian konten informasi berita akan tetapi juga belajar tentang bagaimana mengetahui pemanfaatan teknologi informasi dalam penerapan Sistem Informasi Desa.

Ketua BKAD Kecamatan Kaligondang, Ayatno, mengatakan, seiring berkembangnya teknologi informasi, seorang perangkat desa sebagai pelayan masyarakat nantinya diwajibkan mampu memberikan pelayanan secara online yaitu melalui Sistem Informasi Desa.

“SID ini kan wadah untuk menyampaikan informasi yang basisnya teknologi, isinya informasi yang mutlak dibutuhkan” tegasnya saat membuka acara
di rumah makan Sawah Datar Berkah Sari desa Tejasari, yang merupakan Unit usaha BUMDes pada Kamis, 26 Agustus 2021.

Baca Juga |  Sukseskan Program Desa ASRI, Pemdes Ogotumubu Barat Tanam Sejumlah Pohon Produktif

Pelatihan yang dipandu oleh dua narasumber tersebut berlangsung cukup seru, pasalnya disetting dengan suasana santai dan penuh keakraban. Ditambah pelatihan berlangsung ditengah hamparan sawah yang asri

Setyo Haryono salah satu narasumber dari Pendamping Desa yang juga menjadi relawan jurnalis TV Desa menegaskan, bahwa kemampuan Jurnalistik bagi Desa merupakan satu kebutuhan di era Industri 4.0 (era informasi), sehingga kedepan setiap Desa harus mampu mengolah dan menyajikan informasi positif untuk kemajuan Desa dan bangsa. Tegasnya kepada peserta.

Selanjutnya, pemateri kedua Eko Budi Utomo dari Harian Banyumas Express mengatakan, meskipun nantinya dalam sistem informasi desa berisi pelayanan administrasi kepada masyarakat, konten informasi berita sangat perlu dimasukan dalam item website tersebut.

Baca Juga |  Ini Kantor Desa Tujuan Kunker Bupati Luwu Timur

“Seperti informasi potensi lokal desa, informasi pelayanan masyarakat, informasi pengembangan peternakan, pertanian dan segala informasi tentang desa yang bersangkutan, inikan bisa jadi bahan konten informasi. Dan itu dibutuhkan masyarakat” Tambahnya

Sebagai tindak lanjut pelatihan jurnalistik desa ini, para operator SID di kecamatan Kaligondang juga akan dilatih bagaimana mengoperasikan sistem informasi desa (SID) dengan mengundang narasumber Dinas Komunikasi dan Informatika Purbalingga, sebagai pelatihan lanjutan.
“Nanti temen-temen operator SID akan mendapatkan pelatihan lanjutan dari Dinkominfo kabupaten Purbalingga, untuk teknisnya kita bahas kemudian” terang ketua Panitia, Ismanto

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 55 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Likwatang Gelar Turnamen Sepak Bola U-23 “Likwatang CUP”

Kabar Desa

Fun-fly Paralayang Dalam Rangka Ulang Tahun Desa Lomuli Hadirkan Atlet Rumania

Kabar Desa

Jalan Desa Tugusari Diperbaiki, Warga Gembira, Ekonomi Lancar!

Kabar Desa

Betung Genjot Kesejahteraan: Dana Desa Optimal Lewat Pendampingan

Kabar Desa

Jembatan Merah Putih Pembuka Isolasi Dusun Karangsari

Kabar Desa

Air Hujan Jadi Andalan Warga Muara Pantuan dengan Gama Rain Filter

Kabar Desa

KKNT IPB: Mengubah Resin Jadi Pundi-pundi Ekonomi Desa Tugubandung

Kabar Desa

Cisaat Masuk 50 Besar ADWI 2024, Siap Menjadi Desa Wisata Edukasi Berkelas Dunia