Home / Kabar Desa

Rabu, 27 September 2023 - 15:12 WIB

Optimalkan Tata Kelola Keuangan Desa, Pemdes se-Karangjambu di Bimtek kan

009 Setiyo Haryono - Penulis

TVDesa-Purbalingga: Sebagai upaya pengelolaan sistem pemerintahan desa yang profesional, akuntabel dan transparan, 36 peserta utusan dari 6 desa di wilayah Kecamatan Karangjambu Purbalingga mendapatkan bimbingan teknis (bimtek) aparatur pemerintahan desa dari Kabupaten Purbalingga.

“Harapannya, aparatur pemerintah desa bisa lebih profesional dalam menjalankan tata kelola pemerintahan desa, termasuk pengelolaan Dana Desa mulai dari perencanaan hingga pelaporan, sehingga makin sedikit resiko yang dihadapi oleh desa,” jelas Puji Muhlisin, SH, Camat Karangjambu saat pembukaan bimtek yang diselenggarakan pada Rabu 27 September 2023 di rumah makan ayam goreng Mbok Sarun Siregol Karangjambu, .

Peserta bimtek yang berasal dari unsur kepala desa, BPD dan perangkat desa, dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah desa dan BPD dalam pengelolaan Pemerintahan Desa, Dana Desa, dan meningkatkan pemahaman hukum.

Baca Juga |  Transparansi Dipertanyakan: Warga Desa Karaban Desak Evaluasi Penggunaan Dana Desa

“Banyak kasus yang menjerat para aparatur pemerintah desa terkait pengelolaan Dana Desa, sehingga darurat untuk dilakukan pembinaan tata kelola keuangan desa,” jelas Krishadi Widyantoro, SH. MH, Kasi Perdata dan tata usaha Negara Kejaksaan Negeri Purbalingga, saat menyampaikan materi hukum.

Penyerahan simbolis X-Banner Layanan Hukum Mandiri dari Kejaksaan Purbalingga yang diwakili Negeri Krishadi Widyantoro SH.MH kepada Camat Karangjambu Puji Muhlisun

Sementara, pembicara dari Dinpermasdes menyampaikan bahwa permasalahan pengelolaan keuangan desa lebih disebabkan adanya kurang profesionalnya pihak pemdes.

“Sekarang ini masih banyak problem di desa. Masih sering dijumpai satu orang perangkat desa yang mengelola banyak kegiatan, sehingga beban kerja semakin berat, yang berpotensi adanya resiko terkait tata kelola keuangan desa,” terang Azizah dari Dinpermasdes.

Baca Juga |  Fogging di Desa Pendawa Lebaksiu, Cegah Peningkatan Kasus DBD
Azizah dari Dinpermasdes kabupaten Purbalingga sedang menyampaikan materi administrasi pengelolaan Keuangan Desa

Adapun titik kritis yang lain, bahwa masih ditemukan permasalahan di desa terkait Rencana Anggaran Biaya yang tidak dengan realisasi kegiatan, juga lemahnya proses Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) kegiatan infrastruktur desa, padahal unsur yang sangat krusial dalam pembangunan.

“Desa masih kurang serius dalam pengadaan barang dan jasa, karena masih banyak kasus ditemukan pembangunan infrastruktur tanpa didahului dengan tahapan PBJ” ungkap Alun Pramudiono dari Inspektorat kabupaten Purbalingga.

Penyampaian Materi Tata Kelola keuangan desa oleh Alun Pramudiono dari Inspektorat kabupaten Purbalingga
Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 67 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Petani Jayaputra Beroleh Bantuan Pompa Air, Musim Kemarau Tak Lagi Jadi Kendala

Kabar Desa

Warga Dusun Bunut Bersorak Bahagia, Sumur Bor 110 Meter Atasi Krisis Air Bersih

Kabar Desa

Karang Taruna Bonto Cinde Gelar Latihan Kajian Kontemporer Pengkaderan untuk Tingkatkan Kapasitas Pemuda

Kabar Desa

Lebih Dekat dengan Warga, Babinsa Palmatak Lakukan Komsos dan Gotong Royong

Kabar Desa

Jelang HUT RI ke-79 di Patalassang: Panitia Siapkan Sejumlah Perlombaan Seru!

Kabar Desa

Festival Bubur Suro: Paduan Budaya, Kuliner, dan Ekonomi Kreatif Desa Wisata Bandung

Kabar Desa

Tanam 1.000 Pohon di Desa Karangligar, Upaya Mahasiswa UBP Karawang untuk Cegah Banjir

Kabar Desa

IMP Nanggalo Gelar Gebyar Kader: Perkuat Peran Kader dalam Penurunan Stunting