Home / Kabar Daerah

Minggu, 22 Agustus 2021 - 12:46 WIB

Pacu publikasi ilmiah dosen, UMPTB gelar workshop

Syahruddin - Penulis

TV Desa-Menggala : Menggala (21/8/2021). Dalam upaya meningkatkan publikasi ilmiah dosen, Universitas Megou Pak Tulang Bawang (UMPTB) menggelar kegiatan “Workshop Penulisan Buku Ajar, Referensi, dan Monograf”. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring dan luring ini diikuti oleh dosen-dosen UMPTB. Kegiatan workshop ini menghadirkan narasumber Dr. Abdurrahman dari Universitas Lampung dan dipandu Moderator Hersan, M.Pd. dosen FKIP UMPTB. Kegiatan ini diikuti dosen-dosen UMPTB yang berasal dari 7 Fakultas yaitu Fakultas Pertanian, FISIP, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, FMIPA, Fakultas Ekonomi, dan FKIP.

Lasijan, M.Pd.I. selaku Ketua Panitia dalam sambutan pembuka menyampaikan bahwa kegiatan workshop ini dilaksanakan sebagai upaya kampus dalam meningkatkan publikasi ilmiah para dosen di lingkungan UMPTB dalam bentuk publikasi ilmiah buku ajar, buku referensi, buku monograf maupun jurnal ilmiah. Lasijan menambahkan, bahwa penulisan karya ilmiah ini menjadi salah satu tugas pokok dosen dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi dan sebagai kebutuhan dosen dalam menungjang karirnya pada saat mengusulkan jabatan fungsional dosen dari Asisten Ahli sampai dengan Guru Besar. Oleh karenanya Lasijan berharap kegiatan workshop ini dapat memberikan ilmu dan pengetahuan kepada para dosen UMPTB untuk terus menulis dan berkarya untuk bangsa.

Dalam sambutannya, Rektor UMPTB Dr. Triono mengucapkan terima kasih kepada Dr. Abdurrahman selaku narasumber serta memberikan apresiasi kepada para dosen UMPTB yang mengikuti kegiatan workshop ini. Triono menjelaskan, bahwa publikasi ilmiah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari seorang dosen sebagai insan akademis dan pendidik dalam melaksanakan kegiatan tri dharma di perguruan tinggi, salah satu indikator penilaian kualitas seorang dosen adalah dari banyaknya karya ilmiah dan publikasi ilmiah yang dihasilkannya baik dalam bentuk buku ilmiah maupun jurnal ilmiah. Oleh karenanya, kegiatan workshop ini diharapkan dapat memberi motivasi dan memacu para dosen UMPTB untuk terus menulis dan berkarya dalam publikasi ilmiah. Prinsipnya “jangan takut untuk memulai menulis”, tandasnya.

Baca Juga |  FTBM Banyumas: Menulis Cerita Anak, Tak Perlu Berbelit, Tak Perlu Terlalu Panjang

Dijelaskan oleh Triono, dalam upaya meningkatkan mutu sumber daya manusia dosen di Universitas Megou Pak Tulang Bawang, pihak kampus dan Yayasan terus mendorong dan mendukung para dosen dan tendik untuk melanjutkan studi lanjut ke jenjang S2 dan S3 serta mengikuti kegiatan-kegiatan pertemuan ilmiah baik skala lokal, nasional, maupun internasional serta meningkatkan kerjasama dengan stakeholder dan instansi lain. Saat ini tercatat 4 orang dosen UMPTB sedang menempuh studi lanjut S3 di UNS, UNILA, dan UIN Raden Intan Lampung dan 8 tendik sedang melanjutkan studi S2. Triono berharap, kegiatan workshop ini menghasilkan luaran dalam bentuk karya-karya publikasi ilmiah karya dosen UMPTB. Beberapa kebijakan terkait dengan peningkatan mutu dosen UMPTB juga telah dijalankan seperti mendirikan Rumah Jurnal yang saat ini mengelola 8 Jurnal Ilmiah serta Klinik Publikasi Ilmiah untuk dosen-dosen UMPTB.

Triono juga menyampaikan, beberapa kegiatan lainnya yang telah dilaksanakan antara lain adalah Workshop Peningkatan Jenjang Karir Dosen, Workshop SPMI dan AMI, Webinar Sosialiasi Beasiswa LPDP bekerjasama dengan LPDP Kementerian Keuangan RI, dan direncanakan pada tanggal 10-11 November 2021 UMPTB bekerjasama dengan STIE Pasim Sukabumi dan Indonesian Operations Research Association (IORA) akan menyelenggarakan kegiatan Konferensi Internasional. Tutupnya

Baca Juga |  Kepala Desa se-Jatim Beroleh Apresiasi Gubernur Khofifah Gegara Ini

Dr. Abdurrahman atau biasa disapa Pak Abe, dalam paparan materinya mengupas tentang perbedaan buku ajar, buku referensi, buku monograf, dan jurnal ilmiah. Dr. Abe, juga memberikan trik mengenai bagaimana memulai menulis, mendaftarkan, dan menerbitkan karya ilmiah serta berbagi pengalaman pribadi dalam mengikuti hibah-hibah penelitian dan penulisan buku ajar. Tak hanya itu, Pak Abe yang juga menjadi reviewer jurnal nasional dan internasional juga memaparkan trik dalam publikasi ilmiah yang terpenting adalah kemauan untuk mulai menulis dengan menerapkan standar penulisan ilmiah serta mau terus belajar dan diskusi dengan orang lain. Lebih dari itu jadikan proses penulisan karya ilmiah ini sebagai bagian dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui buku dan publikasi ilmiah, karena ada kepuasan batin yang tidak terkira manakala bisa memberi manfaat untuk orang lain. Dalam workshop yang berlangsung interaktif dengan banyaknya pertanyaan dari peserta kepada narasumber, Kang Abe berpesan dan memotivasi para dosen dan seluruh sivitas akademika UMPTB agar memanfaatkan kesempatan anugerah ilmu dari Allah SWT dengan terus berkarya untuk membangun negeri, tutupnya.

Berita ini 26 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Buka Musrenbang Terintegrasi, Gubernur Mahyeldi Jabarkan Delapan Langkah Utama Mewujudkan Mimpi Besar Sumbar 2045*

Kabar Daerah

*Buka Musrenbang Terintegrasi, Gubernur Mahyeldi Jabarkan Delapan Langkah Utama Mewujudkan Mimpi Besar Sumbar 2045*

Kabar Daerah

Apresiasi Masyarakat Gunuang Malintang, Gubernur Mahyeldi Menilai Alek Bakajang Layak Masuk Daftar Kharisma Event Nusantara*

Kabar Daerah

Potensi Cuaca Ekstrem Dapat Mempengaruhi Inflasi, Gubernur Mahyeldi Berharap Seluruh Pihak Terus Tingkatkan Koordinasi*

Kabar Daerah

Dunia Ditengah Ancaman Krisis, Kabais TNI Nilai Sumbar Aman*

Kabar Daerah

PLN berhasil alirkan listrik ke Desa Ngancar di Mabar

Kabar Daerah

Pemkab Biak Dukung Penggunaan Dana Desa Cegah Stunting Anak

Kabar Daerah

Kepala BNPB Imbau Masyarakat Tetap Waspada saat Arus Balik Lebaran 2024