Home / Kabar Daerah

Senin, 8 Juli 2024 - 19:26 WIB

Pameran Bareng Tiga Perupa bertajuk :“Karakte” Di Muséum Haji Widayat Magelang

Olivia Maharani - Penulis

TVDesa – MAGELANG : Museum Haji Widayat mempersembahkan pameran seni rupa bertajuk : “Karakter”. Pameran yang menampilkan karya seni rupa dari tiga seniman beken : Priyaris Munandar, Rismanto, dan Cipto Purnomo yang dibuka Dr. Suwarno Wisetrotomo, M.Hum ini digelar di Museum Haji Widayat Jalan Soekarno Hatta No.32 Sawitan Mungkid Magelang Jawa Tengah Indonesia, Minggu, (7/07/2024).

Pameran lukisan “Karakter” yang pembukaannya dimeraiahkan dengan pentas Barongsai Singa Mataram dan penampilan Band PG Music Project ini akan berlangsung dari 7 – 29 Juli 2024.

 

Pameran lukisan “Karakter” dibuka oleh Dr. Suwarno Wisetrotomo, M. Hum (Dok.)

Pameran “Karakter” menawarkan eksplorasi mendalam melalui seni rupa, menampilkan karya-karya yang memadukan estetika, pengetahuan, dan hikmah. Setiap seniman membawa perspektif unik mereka ke dalam tema ini, menciptakan karya yang kaya akan simbolisme dan makna.

Baca Juga |  Presiden Jokowi Resmi Buka PON XX Papua Tahun 2021

Perupa Priyaris Munandar menghadirkan karya-karya yang mencerminkan dinamika kekuasaan dan kompleksitas sosial, sementara Rismanto fokus pada hubungan spiritual manusia dengan alam.

Cipto Purnomo, di sisi lain, mengajak penikmat seni untuk memasuki dunia mitos dan refleksi diri melalui simbol-simbol yang kuat.

Kurator pameran Sudjud Dartanto mengatakan, Seni rupa selalu menjadi cermin multifaset dari jiwa manusia, memantulkan kekayaan sisi artistik, pengetahuan, dan hikmah yang terkandung dalam setiap ekspresi.

Sudjud menambahkan bahwa pameran ini tidak hanya menampilkan keindahan visual, tetapi juga mengundang penikmat untuk menggali lebih dalam makna di balik setiap karya.

Baca Juga |  UNAND Padang Kembangkan Potensi Desa dengan NDC

“Karakter sebagai tema pameran ini bukan sekadar topik, melainkan wajah dari setiap karya yang dipamerkan. Karakter adalah representasi rupa dari konsep, menyatukan elemen garis, warna, bidang, tekstur, komposisi, dan irama dalam sebuah imaji yang menyapa penikmatnya,” terang Sudjud.

Tiga perupa pameran bareng “Karakter” di Muséum Widayat, Magelang (Dok)

Pada gelaran pameran ini apresian bisa menikmati perjalanan visual dan intelektual yang disuguhkan dalam pameran “Karakter.” Temukan kedalaman dan kompleksitas karya seni dari Priyaris Munandar, Rismanto, dan Cipto Purnomo.

“Para penikmat bisa menyasikan bagaimana mereka menggunakan seni untuk menyampaikan pesan-pesan yang mendalam tentang kondisi sosial, spiritual, dan pribadi kita,” tandas Sudjud.

Heru Saputro

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 36 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Bantuan Pembangunan Saluran Pembuangan 1500 Meter Senangkan Petani Dusun Karanganyar

Kabar Daerah

Para Artis Ini Bawa Semangat Baru bagi Desa-Desa di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Kabar Daerah

UMKM Desa Plosokerep Naik Kelas dengan Digital Marketing dan Marketplace

Kabar Daerah

Limau Matubu Juarai Marikurubu Cup 2, Taufik Madjid: “Kita Punya Potensi Liga Desa di Maluku Utara!”

Kabar Daerah

Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Desa: Kapuas Luncurkan Sistem CMS

Kabar Daerah

Hidupkan Kembali Rumah Siti Nurbaya di Depok: Ruang Berkomunitas Budaya Minang

Kabar Daerah

Kepri Bersinar: 57 Desa/Kelurahan Bebas Narkoba

Kabar Daerah

30 Desa di Lembata, Jadi Ajang Mahasiswa Berdaya untuk Kedaulatan Pangan