Home / Profil

Selasa, 14 Maret 2023 - 23:05 WIB

Panen Jagung Kelompok Tani Nurul Huda

BALQIN - Penulis

 

TVDesa – Labuhanbatu Selatan : Kelompok tani Nurul Huda Desa Asam Jawa Kecamatan Torgamba melaksanakan panen raya tanaman jagung. Pada kegiatan panen kali ini, kelompok tani tersebut melaksanakan panen jagung dengan luas areal tanam  10.000 meter persegi. Panen terlaksana dengan penuh suka cita dan dengan semangat kebersamaan. Pada Kesempatan ini turut hadir berbagai stakeholder yang berhubungan dengan ketahanan pangan.

Kelompok tani nurul huda pada kesempatan itu turut menyampaikan aspirasi mereka kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Di depan Bapak Kepala Dinas, Kelompok Tani menyampaikan keluhan tentang sulitnya para petani untuk mengakses permodalan dalam memulai usaha pertanian. Namun pada kesempatan itu, Kelompok tani menyampaikan kepada  Kepala Dinas yang sudah memberikan bantuan berupa Benih jagung. Adapun Kelompok tani menerima benih jagung tersebut melalui Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang turut membimbing para petani.

Pada acara tersebut turut hadir Koordinator PPL Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Torgamba Bapak Sugiyarto. Pada kesempatan ini, Beliau meyampaikan kepada seluruh kelompok tani yang ada di Desa Asam Jawa untuk terus semangat dalam bertani. Karena pada saat ini ketika kelompok tani semua giat dan semangat dalam bertani maka secara tidak langsung telah membantu Indonesia untuk selamat dari kerawanan pangan. Sehingga, Beliau berharap kelompok tani dapat berinovasi dalam bertani.

Baca Juga |  Kelir Putih Karang Taruna Plana Jaya, Desa Karangjambu Purbalingga

Karena  pemerintah telah banyak mempersiapkan berbagai bantuan untuk petani di seluruh Indonesia, namun sangat sedikit kelompok tani yang berperan aktif dalam melaksanakan program ketahanan pangan ini. Sehingga, kami sebagai PPL akan terus mendorong seluruh kelompok tani untuk turut dalam program ketahanan pangan yang terprogram dengan baik oleh Pemerintah pusat Imbuh Beliau.

Pemerintah Akan terus mendukung para petani

Dalam kegiatan ini, turut hadir  berbagai pihak antara lain Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kepala Desa Asam Jawa. Turut hadir juga Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Torgamba, Para Kelompok Tani Sekitar Desa Asam Jawa dan Pendamping Desa. Dalam Kesempatan ini Kepala Desa Asam Jawa sebagai pembina akan selalu memberikan dukungan kepada kelompok tani Nurul Huda. Dukungan tersebut bisa berupa bantuan benih dan sarana pendukung maupun dukungan moral.

Dalam kata sambutannya, Bapak Khoesbandie sebagai Pj Kepala Desa Asam Jawa berharap kepada seluruh kelompok tani untuk bersinergi. Selain itu, seluruh kelompok tani untuk selalu bergotong royong dan saling membantu antar sesama kelompok tani di Desa Asam Jawa.

Pada Kesempatan terakhir, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Selatan memberikan bimbingannya. Bapak Azaman Parapat ST dalam bimbingannya, perlunya kerjasama yang baik antara Kelompok Tani dan Pemerintah dalam melaksanakan program ketahanan pangan ini. Pemerintah tidak akan bisa bekerja tanpa adanya dukungan kelompok tani dan begitu sebaliknya. Pada kesempatan itu juga, Beliau meminta kepada seluruh kelompok tani untuk menyampaikan usulan program kepada dinas pertanian. Karena pada saat ini pemerintah sedang melakukan Musrenbang Kabupaten untuk program tahun 2024.

Baca Juga |  Menelisik Sirup Mawar dari Lereng Argopuro

Dalam kata sambutannya juga, beliau berpesan kepada seluruh kelompok tani untuk mengedepankan semangat gotong royong dalam melaksanakan kegiatan kelompok tani. Karena dengan adanya semangat kebersamaan dan gotong royong maka kesulitan kesulitan akan mudah teratasi.  Dalam penutupnya, beliau menjawab pertanyaan kelompok tani mengenai permodalan dengan mengajak kelompok tani untuk mendapatkan fasilitas KUR dari Bank SUMUT atau BRI. Melalui dinas pertanian akan memfasilitasi para petani untuk mendapatkan modal tanpa agunan dan dengan bunga yang rendah.

Kegiatan yang terlaksana dalam suasana santai dan penuh keakraban tersebut terhidang Kopi panas dan jagung bakar. Selanjutnya kegiatan terakhir adalah dengan melakukan panen jagung bersama seluruh undangan yang hadir.

Berita ini 65 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Profil

Habis Sampah dan Penghargaan di Randupitu, Terbitlah Wisata

Profil

Kades Randupitu: Sampah Diurus Ruwet, Nggak Diurus Ngruweti

Profil

Walinagari Batang Barus, Syafrianton Siap Bersinergi Bangun Nagari

Profil

Sutanto Petani Sukses Asal Pekon Sukaratu Inspirasi Generasi Muda Desa

Profil

Baru sehari Dibuka, Warung Gado-Gado Mba Asih Kalimanah Ludes Diserbu Warga, Ternyata Ini Sebabnya

Profil

Manggarai Timur Gelar Dua Festival Promosi Desa Wisata

Profil

Gunungan Durian Raksasa Desa Kronto, Tradisi Syukur Warga Desa Setempat

Profil

PMII Rayon Tarbiyah UIN SAIZU Tingkatkan Kepekaan Sosial Lewat Baksos