Home / Kabar Daerah

Senin, 13 September 2021 - 10:33 WIB

Panen Padi Spesial Ala Mempawah

#Dian Purnama Putra - Penulis

TV Desa – Mempawah : Acara panen padi di Kelompok Tani Usaha Bersama Desa Kecurit di Kecamatan Toho Kabupaten Mempawah, Minggu (12/9/2021), terasa spesial.

Betapa tidak, kehadiran Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo, Wakil Gubernur Kalimantan barat, H. Ria Norsan, Bupati Mempawah, Hj. Erlina, Anggota DPR RI, Maria Lestari dan Yessi Mailiana, sepertinya cukup memberikan penanda, bahwa panen padi di desa Kecurit tersebut, memang tidak biasa.

Usut punya usut, ternyata tanaman padi yang baru saja dipanen merupakan kerjasama BPTP Kalimantan Barat dengan Pemerintah Kabupaten Mempawah yang dilaksanakan di salah satu kelompok penangkar benih, yaitu kelompok usaha bersama di Kecamatan Toho.

“Saya juga ingin menggunakan kesempatan yang membahagiakan ini untuk mengucapkan selamat kepada para petani khususnya poktan usaha bersama yang telah berhasil mengolah sawah sehingga sukses panen seperti sekarang ini,” ujar Bupati Erlina.

Baca Juga |  Desa Getas, Jadi Demplot Uji Bahan Alami Kementan

Bupati Erlina juga menyampaikan rasa syukurnya, karena setiap tahun para petani di Desa Kecurit Kecamatan Toho ini berhasil mengelola lahan pertaniannya dengan baik.

“Penerapan varietas unggul, teknologi dan inovasi sesuai dengan spesifik lokasi yang dilakukan BPTP Kalimantan Barat diharapkan mampu membantu petani dalam meningkatkan produksi pertanian sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani khususnya di Kabupaten Mempawah,” harap Bupati Erlina.

Sementara itu, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, dalam sesi wawancara media, bahwa ia mensupport kegiatan tersebut untuk menemukan berbagai potensi yang bisa diakselerasi lebih kuat.

Baca Juga |  Pergantian Pejabat Polres Kudus, Kapolres Pimpin Sertijab 2 Kapolsek dan Kasat Binmas

“Saya yakin lahan yg ada di Kabupaten Mempawah ini, adalah kabupaten yg memiliki bukit, gunung, bahkan air serta tanah yang subur, yang masih menanti upaya-upaya Pemerintah untuk mengakselerasi kepentingan-kepentingan yang ada disini dan menemukan sumber-sumber ekonomi,” ujar SYL.

Berita ini 121 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Pantau Posko Terpadu Lebaran di Lima Puluh Kota, Alat Berat Standby di Beberapa Titik

Kabar Daerah

HJK ke-183, Gubernur Mahyeldi Yakin Lima Puluh Kota Bisa Jadi Pusat Perekonomian di Utara Sumbar

Kabar Daerah

Kepala BNPB Imbau Masyarakat Tetap Waspada saat Arus Balik Lebaran 2024

Kabar Daerah

Kawasan Aia Angek Aman Dilalui Setelah Sedimen Tuntas Dibersihkan*

Kabar Daerah

Shalat Id Bersama Warga, Gubernur & Wagub Sumbar, Ucapkan Selamat Lebaran

Kabar Daerah

Gubernur, Kapolda, dan Forkopimda Sumbar Pantau Pos Pengamanan Idul Fithri

Kabar Daerah

Open House Gubernur Sumbar Terbuka untuk Umum, Masyarakat Silahkan Datang*

Kabar Daerah

Gubernur Sumbar : Terima Kasih Kemenhub, Telah Fasilitasi Mudik Gratis Ratusan Perantau Sumbar